Inilah 7 Jurusan Kuliah Sepi Peminat dengan Peluang Kerja Cerah

Senin, 08 November 2021 | 11:50
ugm.ac.id

Kehutanan jadi salah satu jurusan yang relatif sepi peminat yang punya prospek cerah.

HAI-Online.com – Buat lo calon mahasiswa yang berminat buat lanjut kuliah ke perguruan tinggi, memilih jurusan jadi hal wajib lo pertimbangkan matang-matang sebelum mendaftar. Sebab jurusan yang lo pilih bakal berpengaruh ke prospek karier lo di masa depan, guys.

Kita tahu ada beberapa jurusan populer seperti kedokteran, komunikasi, ekonomi, maupun teknik yang jadi favorit calon mahasiswa. Padahal, masih banyak jurusan dengan prospek kerja luas tapi masih jarang diminati, lho!

Nah meski jurusan sepi peminat, kebanyakan dari lulusan jurusan-jurusan tersebut sebenarnya justru punya peluang kerja besar dan digaji tinggi.

Merangkum laman Ruangguru, ada 7 jurusan kuliah sepi peminat dengan peluang kerja besar. Yuk kita simak apa aja!

Baca Juga: Mau Lanjut Kuliah? Ada Beasiswa Full D4-S1 dari PT. Mahaghora buat Lulusan SMA-SMK Nih

  1. Jurusan Astronomi
Jurusan Astronomi termasuk jurusan yangnggak begitu banyak peminat karena dianggap sulit dan banyak yang belum mengetahui prospek kerjanya.

Di jurusan ini lo akan mengamati benda-benda langit, antara lain bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi. Lo juga akan belajar fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi.

Setelah lulus dari jurusan ini lo bisa bekerja di lembaga yang menjanjikan seperti LAPAN, BMKG, observatorium, NASA atau bahkan astronot dengan gaji yang tinggi.

ITB merupakan satu-satunya universitas dengan jurusan astronomi di Asia Tenggara.

  1. Jurusan Kehutanan
Indonesia adalah negara tropis dengan hutan yang membentang luas.Nggak sedikit instansi konservasi hutan yang membutuhkan tenaga dan pengetahuan dari lulusan jurusan Kehutanan untuk mengelola kawasan hutan.

Di jurusan ini longgak hanya belajar tentang hutan saja, tetapi lo akan belajar cara pengelolaan hutan serta segala hal yang ada di hutan, seperti pengelolaan ekosistem hutan, pemanfaatan dan perlindungan hasil hutan, hingga produktivitas hutan.

Dengan pengetahuan ini, lo bisa bekerja di berbagai bidang yang menjanjikan, mulai dari konsultan, peneliti, wirausahawan, atau pegawai di lembaga kehutanan nasional hingga internasional.

Baca Juga: Inilah 10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2022

  1. Jurusan Ilmu Perpustakaan
Banyak yang mengira kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan hanya akan mempelajari tentang buku.Padahal, jurusan ini akan mengajarkan lo banyak hal, mulai dari bidang arsip, pengorganisasian, pengawetan, dan penyebarluasan sumber informasi di sebuah perpustakaan.

Selain ilmu sosial, lo juga akan belajar hukum dan teknik yang berkaitan dengan cara mengelola atau menyebarkan informasi.

Prospek kerja setelah lo lulus dari jurusan ini juga sangat luas karena hampir seluruh instansi membutuhkan ahli di bidang kepustakaan dan kearsipan. Lo bisa berkarier sebagai pustakawan, programmer, sekretaris, administrasi arsip, hingga document controller.

Universitas dengan jurusan ilmu perpustakaan antara lain UI, UGM, UNS, Undip, Unair, dan UIN.

  1. Jurusan Oseanografi
Jurusan Oseanografi termasuk jurusan yang punya peluang kerja menjanjikan, lho. Oseanografi merupakan cabang dari ilmu kelautan yang mempelajari tentang berbagai aspek kelautan, seperti organisme laut dan dinamika ekosistem, arus samudra, gelombang, geologi dasar laut, dan sebagainya.

Sebagai negara dengan mayoritas perairan, Indonesia sedang menguatkan sektor maritimnya. Jadi ilmu ini sangat dibutuhkan dan relevan dengan misi tersebut.

Itulah mengapa, lulusan dari jurusan ini banyak dicari dan gaji yang ditawarkan juga cukup tinggi.

Lo bisa bekerja menjadi oceanographer, coastal modeler, metocean engineer, offshore navigator, oceanographic surveyor, hingga peneliti di lembaga swasta atau pemerintahan. Universitas dengan jurusan Oseanografi di Indonesia adalah UNDIP dan ITB.

  1. Jurusan Filsafat
Selanjutnya, ada jurusan dengan julukan the mother of sciences, jurusan Filsafat. Studi filsafat memang terlihat rumit karena memerlukan logika berpikir dan logika bahasa, sehingga jurusan ini memiliki sedikit peminat.

Namun, di jurusan ini lo bisa mempelajari banyak hal. Mulai dari perilaku dan fenomena manusia, serta cara bersikap kritis untuk menyelesaikan masalah.

Setelah lulus dari jurusan ini lo bisa menjadi pengajar, penasihat penelitian, content writer, konselor, penasihat negara, atau bekerja di industri kreatif seperti Dian Sastrowardoyo.

Universitas negeri dengan jurusan filsafat adalah UI dan UGM.

Baca Juga: Jadi Wisudawan ITB dengan IPK Tertinggi, Ini Strategi Belajar yang Diterapin Jan Meyer Pas Kuliah

  1. Jurusan Arkeologi
Arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kebudayaan (manusia) masa lalu dan sekarang melalui sebuah kajian sistematis berdasarkan data benda-benda yang ditinggalkan.

Selama kuliah, lo akan sering studi lapangan ke tempat-tempat seru yang jarang dikunjungi orang lain. Lo akan belajar dan menganalisa berbagai barang peninggalan purbakala, peristiwa masa lampau, hingga artefak.

Para lulusan arkeologi bisa bekerja sebagai peneliti, ahli benda-benda bersejarah, atau bahkan lo mempunyai peluang untuk direkrut oleh para ilmuwan dari luar negeri.

Universitas dengan jurusan arkeologi di Indonesia antara lain UI, UGM, Unhas, Udayana, Universitas Jambi, dan Universitas Halu Oleo.

  1. Jurusan Antropologi Sosial
Jurusan Antropologi Sosial mempelajari hubungan antara masyarakat dalam suatu kelompok dan budaya etnis, mulai dari perilakunya, budaya, dan keanekaragamannya.

Jurusan ini cocok untuk lo yang suka dengan budaya dan hubungan antar manusia.

Lulusan dari jurusan ini banyak dicari lembaga dan instansi negara di bidang ilmu budaya.

lo bisa bekerja sebagai peneliti, antropolog, pengajar, wartawan PNS, konsultan, budayawan, HRD, dan masih banyak lagi. Beberapa universitas yang membuka jurusan ini antara lain UI, UGM, Unair, Unpad, Undip dan Universitas Brawijaya.

Jadi itulah 7 jurusanyang relatif sepi peminat tetapi prospeknya cukup menarik buat karier lo di masa depan yang bisa jadi pertimbangan lo sebelum mendaftar ke perguruan tinggi. (*)

Baca Juga: Prospeknya Nggak Cuma Jadi Dokter Hewan! Inilah Seluk Beluk Jurusan Kedokteran Hewan

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya