Ada Bocah 10 Tahun Ikut Tewas dalam Kericuhan Konser Travis Scott di Astroworld 2021

Minggu, 07 November 2021 | 07:56

Ada Bocah 10 Tahun Ikut Tewas dalam Kericuhan Konser Travis Scott di Astroworld 2021

HAI-Online.com- Travis Scott mungkin adalah salah satuskinpaling populer di Fortnite. Nggak heran, konsernya menjadi sangat ditunggu di antara para pengisi acara lain di Festival Musik Astroworld 2021 pada Jumat (5/11) lalu.
Nggak heran juga, di antara banyak penggemar Travis Scott, para bocah dan remaja gamers ingin melihat langsung penampilannya.
Sayangnya, dalam serangkaian peristiwa yang tidak menguntungkan kemarin, seorang anak berusia 10 tahun baru-baru ini ikut mengalami cedera selama tur Astroworld 2021 digelar.
Baca Juga: Ricuh, Festival Musik Astroworld di Amerika Tewaskan 8 Penonton yang Membludak di Hari Pertama
Seperti dikabarkan KompasTV, Minggu (7/11) pagi, delapan orang, termasuk bocah ikut tewas dalam konserTravis Scott di Festival Musik Astroworld Jumat malam lalu.
Salah seorang penonton konser itu menuturkan, tragedi ricuh itu mulai terjadi saat Travis Scott naik ke panggung.

Travis Scott

Para penggemarrapperitu merangsek ke mulut panggung dan mendesak satu sama lain hingga banyak penonton terhimpit dan tak bisa bernapas

Banyak diantaranya tak bisa menggerakan tubuh mereka, pingsan dan terinjak.Beberapa jam setelah tragedi itu, diketahui setidaknya ada delapan orang tewas dalam kericuhan itu.

Nick Johnson, seorang pelajar SMA yang ikut menonton konser itu menyebut, Travis Scott sejatinyaterlihat sadar ada kerumunan yang berdesak-desakan.

Pada video yang beredar di media sosial, Scott terlihat berusaha menghentikan konser pada satu titik dan meminta bantuan untuk seseorang di antara penonton

"Keamanan, seseorang (plis) bantu dengan sangat cepat," ujar Travis Scott.

Soal masalah lonjakan massa di tempat konser, melansirAssociated Press, para ahli yang mempelajari kematian dari tragedi yang sering terjadi akibat terlalu banyak orang memadati ruang sempit.

G. Keith Still, profesor tamu ilmu kerumunan di Universitas Suffolk Inggris bilang, peristiwa-peristiwa tewasnya penonton konser bisa terjadi salah satunya akibat desain konser yang tak bisa mengantisipasi jumlah massa.

Profesor Still juga menyoroti buruknya sistem manajemen massa di mana banyak penyelenggara acara nggak mengantisipasi dengan punya prosedur dalam situasi berbahaya.

Sebelumnya, sebuah insiden maut terjadi diFestival Musik Astroworld di Houston, Amerika Serikat pada hari pertama konser di mulai.

Setidaknya 8 orang dikabarkan tewas dan belasan penonton lainnya dilaporkan mengalami luka-luka akibat kericuhan yang terjadi diacara pembukaan festival musik yang mendatangkan Travis Scott pada Jumat (5/11/2021) malam lalu.

Baca Juga: Nyesel Banyak Lagu Dewa 19 yang Kurang Bagus, Ahmad Dhani: Makanya Gue Daur Ulang untuk Disempurnakan

Jumlah penonton yang membludak hingga diperkirakan mencapai 50.000 pengunjung itu menjadi penyebab chaos-nya acara pembukaan.

Sebagian penonton terinjak karena kerumunan pengunjung yang antusias melihat penampilan penyanyi rap Travis Scott itu.

Usai peristiwa tersebut,Samuel Pena, selakuKepala Pemadan Kebakaran Houston yang menangani kejadian tersebutmengatakan insiden ricuh itu dimulai setelah pukul 9 malam selama festival musik berlangsung.

"Kerumunan (massa) mulai memadat sampai merangsek ke depan panggung dan bikin sejumlah kepanikan yang gaduh. Orang-orang pun berjatuhan, pada pingsan dan itu yang bikin tambah panik lagi,” kata Pena dalam konferensi pers yang digelar pada pagi harinya di luar lokasi NRG Park, Sabtu (6/11) kemarin.

Nggak lama setelah ricuh, pertunjukan itu pun resmi dibatalkan.Pihak berwenang membawa 17 orang ke rumah sakit. Dari jumlah tersebut, 11 orang dalam kondisi mengalami serangan jantung dan syok, 8 orang dinyatakan tewas.

Tak hanya itu, dari lima puluh ribuan pengunjung, banyak juga dari mereka yang mendapat perawatan medis di lokasi kejafian yang ditangani tim pemadam kebakaran, yaitu sekitar 300 orang dicek kondisi kesehatannya sepanjang malam tersebut. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya