Asal Usul Nama Iwan Fals, Awalnya Dicetuskan Sama Tukang Bengkel di Kampung

Jumat, 05 November 2021 | 14:36
Musicas Studio's

Iwan Fals

HAI-Online.com - Virgiawan Liestanto atau yang lebih kerap disapa Iwan Fals mengungkapkan asal usul darimana ia mendapatkan nama unik tersebut. Seperti diketahui musisi legendaris itu sudah menggunakan nama tersebut sejak awal kariernya di dunia musik.

Iwan Fals mengatakan kalo nama itu ternyata dicetuskan oleh seorang sahabatnya bernama Engkus.

Sahabatnya itu merupakan pekerja bengkel motor di kampungnya dan sering nongkrong bareng dengannya.

Baca Juga: Iwan Fals Lepas Album ke-42 'Pun Aku' di Hari Ultahnya Ke-60

Ketika nongkrong sama si Engkus ini, Iwan Fals merasa begitu cocok karena memiliki selera musik yang sama.

"Kebetulan dia punya kegemaran yang sama dengan gue, dia senang musiknya Bob Dylan. Dia juga senang film zaman dulu Tomas Milian, film-film action lah, gue juga suka sama film itu," ungkap Iwan Fals dalam YouTube NOICE.

Pelantun Bento itu juga mengatakan kalo dari Engkus lah, ia mendapatkan banyak informasi tentang berbagai acara manggung.

Iwan Fals menyebut Engkus ini sangat berjasa, bukan cuma ngasih tau soal acara manggung tapi dengan sukarela kadang nganter ke lokasi acara. Menurutnya, Engkus ini dulu bisa dibilang sebagai manajernya dia juga.

Iwan Fals menuturkan sambil ngamen dari rumah ke rumah pada saat itu, ia juga tampil manggung di acara yang dikasih tau si Engkus itu.

Baca Juga: Tips dari Iwan Fals Buat Jadi 'Musisi Yang Baik' dan Punya Orisinalitas

Tetapi, sang sahabat bukannya memberi kesan positif untuk penampilan Iwan Fals, malahan bilang kalo suara Iwan Fals saat manggung dirasa fals.

Ia mengungkapkan pada saat itu suka ngarang-ngarang lagu atau menggabungkannya, apabila lagu yang dibawakannya sudah habis. Kemudian, tercetuslah sama si Engkus nama Fals tersebut.

"Akhirnya dia sebut tuh nama gue Fals gitu, dan gue setuju karena gue pikir wah bagus juga namanya. Ya kan kalo jelek memang jelek, mau diapain memang fals gitu, jadi pede aja nggak takut," ungkapnya.

Iwan Fals juga mengakui kalo ada orang yang menyebutnya sebagai Iwan Merdu waktu dulu. Hal itu dikarenakan ada Iwan yang lebih fals daripada dirinya. Bahkan, saking falsnya orang itu, Iwan Fals sampe merasa miris ketika melihat dia manggung.

Baca Juga: Erix Soekamti Ajak Musisi Rekaman Outdoor, Iwan Fals dan Fourtwnty Menikmati Bikin Lagu Dadakan di Alam

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya