5 Kecelakaan Fatal yang Terjadi Pas Syuting, Ada yang Terpenggal Baling-Baling Helikopter

Senin, 25 Oktober 2021 | 10:42
Screenrant

Deadpool

HAI-Online.com - Dunia perfilman Amrik lagi heboh sama insiden kematian kru dalam film 'Rust'. Beberapa hari lalu, aktor Alec Baldwin tak sengaja menembak mati seorang kru saat melangsungkan shooting.

Orang-orang pun langsung pada inget, kalo kecelakaan di lokasi shooting bukan sekali ini aja terjadi. Bahkan, dalam sejarah perfilman Hollywood, kecelakan fatal dalam proses shooting udah sering terjadi.

Ini beberapa peristiwa lainnya.

The Crow

Brandon Lee, putra Bruce Lee, adalah bintang yang sedang naik daun sebelum salah satu kematian paling tragis dalam sejarah Hollywood.

Dalam adegan, karakter Lee masuk ke apartemen dan menemukan tunangannya dipukuli dan diperkosa, sebelum preman menembakkan pistol Smith & Wesson Model 629 .44 Magnum ke karakter Lee.

Baca Juga: Sebaik Apa Layanan Satpam BCA Sampai Jadi Trending Topic? Dirut Nggak Mau Bongkar Rahasianya

Dalam pengambilan gambar adegan sebelumnya, pistol properti yang merupakan revolver Smith & Wesson asli telah diisi dengan peluru tiruan yang dibuat dengan tidak benar.

Para kru gagal melepaskan bubuk mesiu dari selongsong peluru dan di beberapa titik, salah satu peluru ditembakkan. Tapi pistol itu tidak diperiksa dan dibersihkan dengan benar sebelum peluru itu ditembakkan oleh aktor yang berperan sebagai preman dan peluru .44 yang bersarang di dalam senjata itu dilepaskan dan mengenai perut Lee.

Setelah enam jam operasi darurat yang gagal, Lee meninggal karena luka-lukanya di New Hanover Regional Medical Center di Wilmington, North Carolina pada usia 28 tahun.

Baca Juga: Sinematografer Meninggal Setelah Ditembak Alec Baldwin di Lokasi Syuting 'Rust', Kini Sedang Diinterogasi

The Expandables 2

Dibintangi Sylvester Stallone, Bruce Willis, Arnold Schwarzenegger dan Jet Li, film ini memiliki adegan ledakan yang difilmkan di atas air di Bulgaria.

Seorang pemeran pengganti bernama Ken Lui terbunuh pada Oktober 2011 saat tampil di perahu karet di bendungan Ognyanovo. Warga asli Beijing berusia 26 tahun itu tidak selamat setelah menderita luka akibat ledakan di dekat kendaraan Stallone.

Pers Bulgaria pada saat itu melaporkan pemeran pengganti Stallone terluka parah selama ledakan yang menewaskan Kun Liu. Milenium film membantah laporan pemeran pengganti untuk Stallone dan Li telah terlibat dalam kecelakaan itu.

Orang tua Liu, Liu Zong Yu Liu dan Bai Yan Mei, mengajukan gugatan kematian pada tahun 2012 terhadap Millennium Films dan koordinator aksi film, setelah kematian putra mereka. Mereka akhirnya dianugerahi 195.000 dollar Hong Kong atau sekitar Rp 355 juta setelah perjuangan di pengadilan yang berlangsung selama empat tahun.

Deadpool 2

Pengendara sepeda motor akrobat kehilangan kendali atas sepedanya dan jatuh secara fatal di produksi sekuel Deadpool ini. Joi 'SJ' Harris sedang syuting adegan aksi di Shaw Tower di Vancouver, ketika dia kehilangan kendali dan menabrak kaca jendela.

Itu adalah pertunjukan pertama Harris sebagai stunt rider, meskipun dia adalah pengendara yang berpengalaman, dan merupakan pembalap jalanan profesional wanita Afrika-Amerika pertama.

Harris tidak mengenakan helm pada saat kecelakaan, karena karakternya, Domino, yang diperankan oleh Zazie Beetz, tidak memakai helm di tempat kejadian.

Baca Juga: Lawan Kanker Prostas 3 Tahun, Pemain Serial Friends, James Michael Tyler Meninggal Dunia

Resident Evil

Salah satu Resident Evil, kru Ricardo Cornelius tewas ketika sebuah mobil tanpa pengaman meluncur dari panggung berputar dan menabraknya. Ketika kecelakaan fatal terjadi pada Desember 2014, dia baru bekerja di Cape Town selama lima minggu.

Pria berusia 34 tahun itu membantu Hummer mengeluarkan tentara Amerika Serikat, yang diparkir di panggung berputar, ketika miring dan jatuh, menjepit Cornelius ke dinding.

Sempat dilarikan ke rumah sakit, sayangnya nyawa Cornelius tak terselamatkan. Dia meninggal beberapa jam kemudian.

Twilight Zone: The Movie

Tragedi terbesar dalam sejarah film terjadi pada tahun 1982, pembuatan film Twilight Zone: The Movie.

Saat itu, sebuah kecelakaan helikopter menewaskan aktor Vic Morrow dan dua anak di Santa Clarita, California.

Morrow dan anak-anak sedang syuting adegan yang melibatkan ledakan, setelah itu puing-puing dari aksi itu naik 100 kaki di udara dan merusak rotor helikopter, menurut The Associated Press.

Lima orang, termasuk sutradara John Landis, menghadapi tuduhan pembunuhan tidak disengaja tetapi akhirnya dibebaskan. (*)

Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "5 Kecelakaan Fatal yang Pernah Terjadi di Lokasi Syuting, Ada Putra Bruce Lee"

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya