Sebelum Skincare-an? Cowok Butuh Paham Jenis Kulit Wajah Dulu

Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:29
Siobeauty

Perawatan wajah cowok di rumah aja

HAI-Online.com – Merawat kulit wajah itu nggak cuma buat kaum hawa lho. Cowok pun wajib tahu cara-cara merawat kesehatan kulit mereka.

Saat ini bahkan udah banyak produk skincare buat cowok yang beredar di pasaran. Selain biar glowing, skincare routine itu penting buat investasi jangka panjang biar muka lo tetap terjaga di usia lanjut.

Eits, tapi sebelumnya lo udah paham belum sama jenis kulit wajah lo sendiri? Sebab, mengetahui jenis kulit sendiri itu adalah hal dasar sebelum lo memulai skincare routine, sob.

Baca Juga: Ratusan Ribu Remaja Terjerat Pinjaman Online, Peminjam Biasanya Kena Tipu Permainan Pinjol

Tentunya lo nggak mau, kan, salah pilih produk karena nggak memahami jenis kulit wajah lo sendiri?

Jadi, setiap orang itu punya jenis kulit wajah yang berbeda dan itu bisa berubah seiring bertambahnya usia.

Selain itu, melansir Alodokter, kulit wajah juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain, seperti faktor genetik, penyakit tertentu, dan faktor lingkungan, misalnya paparan sinar matahari, debu, dan polusi berkepanjangan.

Kebiasaan tertentu juga bisa berdampak pada berubahnya jenis kulit, seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Baca Juga: Rapi di Wajah, Wangi di Badan, Ini Dia 4 Tips Cowok buat Grooming Harian di Rumah

Struktur dan jenis kulit wajah yang dimiliki seseorang ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Kandungan air pada kulit yang akan memengaruhi elastisitas kulit
  • Kandungan minyak yang memengaruhi kelembutan dan nutrisi kulit
  • Tingkat sensitivitas kulit terhadap zat atau bahan tertentu
Berdasarkan ketiga faktor di atas, jenis kulit wajah dapat dibagi menjadi 5 kategori, yakni kulit wajah normal, kering, berminyak, sensitif dan kombinasi.

Setiap jenis kulit wajah tersebut punya ciri-ciri yang bisa lo pelajari. Sehingga nantinya lo bisa mengetahui jenis kulit wajah yang lo punya.

Simak nih penjelasan masing-masing jenis kulit wajah, merangkum Alodokter pada Kamis (21/10/2021).

  1. Kulit wajah normal
Jenis kulit ini cenderung memiliki keseimbangan antara jumlah kandungan air dan minyak, sehingga nggak terlalu kering tapi juga nggak terlalu berminyak.

Jenis kulit wajah seperti ini biasanya jarang memiliki masalah kulit, nggak terlalu sensitif, terlihat bercahaya, dan pori-pori pun hampir nggak terlihat. Jenis kulit normal juga lebih mudah dirawat.

  1. Kulit wajah kering
Kulit wajah kering umumnya terjadi akibat rendahnya tingkat kelembapan pada lapisan kulit terluar. Hal ini mengakibatkan kulit kering mudah pecah-pecah dan mengalami keretakan pada permukaan kulit.

Pemilik kulit wajah kering biasanya memiliki pori-pori kulit yang hampir nggak terlihat, permukaan luar kulit terlihat kasar dan kusam, serta kulit kurang elastis. Jenis kulit ini juga lebih mudah memerah, gatal, bersisik, dan meradang.

Kulit kering bisa disebabkan oleh faktor genetik, usia, perubahan hormon, cuaca dingin, paparan sinar matahari, mandi air panas terlalu lama, efek samping obat-obatan, atau bahan yang terkandung dalam produk sabun, kosmetik, dan pembersih.

Baca Juga: Selain Merokok, Hindari 5 Hal Ini Kalo Nggak Mau Wajah Lo Keliatan Tua

  1. Kulit wajah berminyak
Jenis kulit wajah berminyak cenderung licin dan mengkilap karena produksi minyak atau sebum yang berlebih. Sebum dihasilkan secara alami oleh kelenjar minyak atau kelenjar sebaceous di bawah permukaan kulit.

Meski sebum berfungsi untuk melindungi dan melembapkan kulit, namun kelebihan sebum akan menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak, pori-pori tersumbat, dan membuat kulit rentan mengalami jerawat. Tingginya produksi sebum dapat dipengaruhi oleh faktor genetik, perubahan hormon, atau stres.

Jenis kulit wajah berminyak cenderung memiliki pori-pori besar, terlihat berkilau namun kusam, dan biasanya disertai komedo, jerawat, serta noda hitam.

  1. Kulit wajah sensitif
Jenis kulit sensitif umumnya sangat peka dan mudah sekali mengalami alergi atau iritasi dan ruam sebagai reaksi terhadap faktor tertentu, seperti lingkungan, makanan, atau penggunaan produk kosmetik.

Kulit wajah sensitif mudah terkelupas, gatal, kering, kemerahan, dan terasa perih (breakout) ketika terjadi kontak dengan berbagai hal yang dapat memicu munculnya gejala kulit sensitif.

  1. Kulit wajah kombinasi
Jenis kulit wajah kombinasi adalah perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering. Seseorang dengan jenis kulit wajah ini memiliki kulit berminyak di zona T, yaitu area dagu, hidung, dan dahi, serta kulit kering di area pipi.

Jenis kulit wajah ini dapat dipengaruhi oleh faktor genetik dan peningkatan hormon selama masa pubertas.

Nah, jadi lo bisa mengamati masing-masing jenis kulit wajah di atas buat mengidentifikasitipe yang lo punya. Hal ini penting sebagai pedoman lo memilih produk perawatan kulit wajah atau skincare nantinya biar sesuai dengan kebutuhan kuliat lo sendiri. (*)

Baca Juga: Apa yang Harus Dirawat tapi Biar Hilang? Yap Jerawat, Begini Cara Tepat Pakai Skin Care di Kulit Berjerawat

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya