Inilah 7 Tsunami Terbesar di Dunia, Sering Datang di Pertengahan dan Akhir Tahun

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:15
Pixabay/WikiImages

Ilustrasi dampak setelah tsunami

HAI-Online.com – Tsunami adalah bencana alam yang disebabkan oleh pergeseran lempeng, tanah longsor, erupsi gunung api, dan lain-lain.

Gelombang air laut yang tinggi ini bisa bergerak dengan sangat cepat dengan ketinggian gelombang hingga 30 meter.

Baca Juga: Selain Daunnya yang Berguna Buat Ikan Cupang, Ini Manfaat Lain Pohon Ketapang

Indonesia pun pernah mengalami tsunami, salah satu yang mungkin masih lekat di ingatan yaitu tsunami Aceh pada tahun 2004.

Saat itu, tsunami dahsyat terjadi setelah gempa dengan kekuatan 8,9 SR. Gelombang air laut itu seketika meluluh lantahkan rumah-rumah dan memakan korban jiwa yang sangat banyak.

Perlu lo ketahui juga bukan hanya tsunami yang terjadi di Aceh saja yang tercatat sebagai tsunami terbesar di dunia. Berikut ini ada beberapa peristiwa tsunami yang tercatat sebagai tsunami yang paling mematikan sepanjang sejarah.

Melansir Kompas.com, informasi dari Live Science, berikut ini adalah daftarnya:

1. Tsunami di Laut Mediterania

Tsunami ini terjadi pada 8.000 tahun yang lalu. Berawal dari gunung berapi menyebabkan longsoran di Sisilia yang menabrak laut dengan kecepatan 321 km per jam. Peristiwa itulah yang menyebabkan tsunami dahsyat hingga ke seluruh Laut Mediterania.

Nggak ada catatan sejarah mengenai peristiwa ini, hanya ada catatan geologis. Meski begitu, para ilmuwan menyebut ketinggian gelombangnya lebih dari bangunan 10 lantai.

2. Tsunami di Portugal

Gempa bumi dahsyat terjadi di Lisbon, Portugal, pada 1 November 1755. Efeknya gempa itu mengguncang sebagian besar wilayah Eropa dan disusul tsunami dahsyat serta kebakaran hebat. Peristiwa ini tercatat telah menewaskan lebih dari 60.000 orang.

3. Tsunami akibat letusan Krakatau

Letusan Gunung Krakatau juga pernah memicu tsunami dahyat dan termasuk salah satu tsunami terbesar di dunia.

Peristiwa itu terjadi pada 27 Agustus 1883 dan memakan korban sebanyak 36.000 orang di Jawa bagian barat dan Sumatera bagian Selatan.

Bahkan, kekuatan Tsunami ini terjadi mampu mendorong bongkahan karang seberat 600 ton ke tepi pantai.

Baca Juga: Ini Penjelasan Kenapa Badai di Dunia Punya Nama-Nama yang Unik

4. Tsunami di Jepang

Jepang memang terkenal dengan wilayah yang sering dilanda gempa. Tapi, tau nggak ternyata pada 15 Juni 1896, gelombang laut setinggi 30 meter yang dipicu oleh gempa bumi pernah menyapu wilayah pantai timur Jepang. Alhasil 27.000 orang meninggal akibat bencana tersebut.

5. Tsunami di Teluk Lituya

Tsunami di Teluk Lituya, Alaska, terjadi pada 9 Juli 1958. Tsunami ini disebabkan oleh tanah longsor yang dipicu gempa bumi berkekuatan 8,3. Karena wilayah tersebut terisolasi dan dalam pengaturan geologis yang unik, tsunami dahsyat itu nggak menyebabkan kerusakan di tempat lain.

6. Tsunami di Chili

Pada 22 Mei 1960, terjadi gempa bumi berkekuatan 8,6 di Chili yang diikuti oleh tsunami yang menghantam pantai Chili. Tsunami tersebut memiliki ketinggian mencapai 25 meter dan menewaskan sekitar 1.500 orang di Chili dan Hawaii.

7. Tsunami di Indonesia

Seperti diketahui pada 26 Desember 2004 gempa bumi dahsyat terjadi di Aceh, Indonesia lalu disusul oleh gelombang tsunami yang dengan cepat menyapu segalanya.

Akibat bencana tersebut sekitar 230.000 orang meninggal dunia (bukan hanya korban dari Indonesia). Peristiwa ini dikenal dengan nama tsunami Samudra Hindia.

Nah, itu tadi 7 tsunami terdahsyat yang pernah terjadi di dunia. Salah satunya ada tsunami Aceh yang terjadi pada 2004.

Baca Juga: Pesan Terakhir Dari Stephen Hawking Manusia Harus Cari Planet Baru Untuk Dihuni

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Tsunami Terbesar di Dunia"

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya