Dukung Aksi Pink Ribbon, Kemasan Khusus CHARM Bantu Perempuan Sadar Deteksi Dini Kanker Payudara

Rabu, 06 Oktober 2021 | 15:56

Dukung Aksi Pink Ribbon, Kemasan Khusus CHARM Bantu Perempuan Sadar Deteksi Dini Kanker Payudara

HAI-Online.com- Ide membuat kemasan bukan cuma sebagai pembungkus suatu produk. Jika dipikirkan secara kreatif, kemasan bisa juga difungsikan untuk dapat membantu orang lain.
Hal inovatif ini yang tengah dilakukanPT Uni-Charm Indonesia Tbk melalui produk CharmExtra Maxi Pink Ribbon Special Edition, di belakang kemasannya ada petunjuk bagaimana cara mendeteksi dini kanker payudara di rumah.
Sebagai merk pembalut no. 1 pilihan perempuan Indonesia, Charm turut andil dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan Indonesia dengan cara membahas dan menyadari ancaman ini.
Baca Juga: Ceritain Potlot Zaman Narkoba, Ivanka Slank: Banyak Orang Nggak Jelas Masuk, Transaksi Juga di Situ
Sebagaimana diketahui, kanker payudara masih menjadi ancaman bagi masyarakat Indonesia, baik cewek atau cowok, terutama sih perempuan Indonesia.
Nah, menurut data The Global Cancer Observatory tahun lalu, kanker payudara di Indonesia merupakan kanker paling banyak ditemukan pada perempuan dengan proporsi 30,8 persen dari total kasus kanker lainnya, yakni terdapat 65.858 kasus baru.
Sementara itu, kanker payudara di Indonesia menempati urutan kedua penyebab kematian
akibat kanker (9,6 persen). Salah satu penyebab tingginya angka kasus itu adalah masih rendahnya kesadaran masyarakat akan deteksi dini dan pemeriksaan kanker payudara secara klinis, dimana menurut riset Kemenkes di tahun 2016, tingkat penetrasi SADARI adalah 46,3 persen dan SADANIS 4,4 persen.
Oleh karena itu, dalam rangka sosialisasi pentingnya deteksi dini kanker payudara seperti yang direkomendasikan pemerintah Indonesia melalui SADARI dan SADANIS dengan pemeriksaan di Puskesmas dan Rumah Sakit, PT Uni-Charm Indonesia Tbk mendukung Aksi Pink Ribbon bekerja sama dengan YKPI (Yayasan Kanker Payudara Indonesia).
"Dalam rangka memenuhi tanggung jawab kami dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan Indonesia dan untuk meminimalkan angka kematian akibat kanker payudara, selama bulan Oktober, PT Uni-Charm Indonesia Tbk akan terus mendukung aktivitas Pink ribbon ini," ucapPresiden Direktur PT. Uni-Charm Indonesia Tbk, Yuji Ishii dalamvirtual conferencepada Rabu (6/10/2021).
Baca Juga: Mengenal 3 Fakta Unik Vagina, Salah Satunya Mirip Penis tapi Ukurannya Kecil

Inovasi kemasan charm

Sejalan dengan Bulan Kesadaran Kanker Payudara Sedunia yang ditetapkan pada bulan Oktober setiap tahunnya, CHARM juga menyumbangkan sebagian dari penjualan produk ini untuk mendukung YKPI.
Linda Agum Gumelar, Ketua dan pendiri YKPI yang turut hadir dalam acara peluncuran
Charm Extra Maxi Pink Ribbon ini sangat mengapresiasi kerjasama yang diambil oleh PT Uni-Charm Indonesia Tbk.
“Dukungan donasi kepada YKPI dari sebagian penjualan Charm Extra Maxi Pink Ribbon Special Pink Ribbon Special Edition ini akan dimanfaatkan oleh YKPI untuk mendukung program-program YKPI khususnya sosialisasi skrining dan deteksi dini kanker payudara sekaligus mengkampanyekan SADARI dengan tujuan menurunkan angka kejadian kanker payudara stadium lanjut sesuai dengan visi YKPI yaitu Indonesia Bebas Kanker Payudara
Stadium Lanjut,” katanya.
Selain itu Dr. Walta Gautama, Sp.B(K)Onk, sebagai Ahli Bedah Onkologi dan Ketua
Pengurus Pusat Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI) yang juga menjadi narasumber dalam acara peluncuran Charm Extra Maxi Pink Ribbon juga turut mengapresiasi kegiatan ini, Ia menjelaskan bahwa masih sekitar 70% pasien kanker payudara datang ke rumah sakit sudah dalam kondisi stadium lanjut.
Padahal jika kanker payudara terdeteksi lebih awal, akan ada lebih banyak pilihan perawatan dan kesempatan untuk bertahan hidup juga akan lebih besar, bisa mencapai 95 persen kesembuhan apabila terdeteksi pada stadium pertama.
Dengan begitu secara tidak langsung juga akan meningkatkan kualitas hidup pasien dan meminimalkan angka kematian akibat kanker payudara di Indonesia.
Baca Juga: 3 Profesi Penting yang Masih Sepi Peminat di Indonesia, Ada Profesi Aktuaris
“Oleh karena itu melakukan SADARI itu penting. Itu sendiri bisa dilakukan secara teratur setiap bulannya. Dilakukan pada hari ke 7- 10 setelah hari pertama menstruasi, atau tanggal tertentu untuk yang sudah menopause,” katanya.
Dengan total pengguna Charm Extra Maxi kurang lebih sebesar 28 juta pengguna di
seluruh Indonesia, diharapkan pesan yang terdapat pada Charm Extra Maxi Pink Ribbon Special Edition melalui desain tentang pentingnya meningkatkan kesadaran akan deteksi dini kanker payudara melalui SADARI (Periksa Payudara Sendiri) ini dapat tersampaikan dengan baik.
Cara melakukan SADARI dijelaskan di bagian belakang kemasan dengan ilustrasi untuk mendorong konsumen dapat melakukan pemeriksaan payudara sendiri dengan mudah di rumah meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19.
Produk dengan desain Pink Ribbon Special Edition ini akan tersedia mulai bulan Oktober 2021 di beberapa toko.
(*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya