4 Alasan Kucing Suka Sembunyi di Tempat Gelap, Salah Satunya karena Stres

Jumat, 01 Oktober 2021 | 18:10
lovethecapybara

kelakuan kucing oren

HAI-Online.com – Meski kadang dikenal sebagai hewan yang cuek, ternyata sebenernya kucing itu bisa takut dannyari tempat persembunyian.

Para pecinta kucing pasti pernah melihathewan menggemaskanini bersembunyi di dalam kardus atau di kolong tempat tidur yang gelap dan pengap.

Kebiasaan kucing bersembunyi ini sebenarnya kebiasaan yang menurun secara genetik, dilakukan oleh nenek moyang kucing domestik yaitu kucing-kucing liar yang hidup di alam bebas.

Baca Juga: Industri e-Commerce Lahirkan Banyak Profesi Baru bagi Anak Muda Aktif, Kreatif dan Melek Digital, Skill Bikin Konten Live Streaming Salah Satunya!

Ada beberapa alasan mengapa kucing bersembunyi. Jika kita sudah mengetahui penyebabnya, kita bisa membuat kucing keluar dari ruang persembunyiannya untuk meringkuk nyaman di sisi kita.

Nah merangkum dariberbagai sumber, ini beberapa alasan mengapa kucing suka bersembunyi di tempat gelap:

1. Takut

Alasan utama kucing bersembunyi adalah karena kucing tengah ketakutan. Dilansir dari Seniorcatwellness, kucing memiliki anxiety dan paranoid seperti yang dimiliki oleh manusia.

Ada beberapa hal yang menjadi sumber ketakutan kucing sehingga ia lari dan memilih bersembunyi, bisa takut karena kucing lain, anjing, atau manusia asing. Kucing bersembunyi di tempat gelap agar tubuhnya nggak terlihat musuhnya.

Dan di tempat gelap itulah, indera penglihatan kucing tetap bisa bekerja dengan maksimal hingga ia bisa mengintai musuhnya secara seksama.

Baca Juga: 3 Alasan Kucing Hobi Banget Berjemur, Salah Satunya buat 'Me Time'!

2. Lagimain

lovethecapybara

Kelakuan kucing oren

Kucing juga bisa bersembunyi ketika bermain. Sama seperti manusia, kucing bersembunyi untuk mengincar lawan bermainnya, yaitu kucing lain atau manusia.

Naluri kucing bersembunyi ini adalah sifat alami kucing. Ia akan mengendap di bawah kasur, untuk kemudian menubruk kaki kamu yang tengah berjalan di dekatnya.

3. Stres

Perubahan tatanan atau lingkungan di dalam rumah, bunyi bising dari tukang bangunan yang sedang merenovasi rumah, semua ini akan membuat kucing stres.

Akibatnya, kucing akan memilih bersembunyi di tempat gelap agar dirinya merasa aman.

Baca Juga: UI Gelar Ospek Virtual, Kucing Kampus Juga Diajak Jadi Panitia

4. Sakit

the conversation

Serem, kucing ternyata menjadi pembawa virus SARS-CoV-2 menurut sebuah hasil studi terbaru di Amerika Serikat.

Kucing yang sakit parah juga akan bersembunyi di tempat gelap. Kebiasaan kucing ini dilakukan untuk menyembunyikan sakitnya dari perhatian manusia dan musuh-musuhnya.

Sehingga ketika tubuhnya sakit dan mereka tengah mencoba menyembuhkan diri, mereka nggak diserang oleh musuh-musuhnya.

Cara mengatasi kucing yang suka bersembunyi kamu bisa mengatasi kebiasaan kucing yang suka bersembunyi dengan langkah-langkah berikut:

Kondisikan rumah kamu selalu nyaman bagi kucing

Bersihkan atau singkirkan benda-benda baru yang menjadi sumber ketakutan kucing. Jangan terlalu sering memindah perabotan rumah agar kucing nggak harus beradaptasi berkali-kali.

Ketika barang di dalam rumah sering ditata ulang, kucing harus melakukan adaptasi karena merasa berada di lingkungan yang berbeda.

Beri kucing tempat bersembunyi yang aman

Jika kucing kamu selalu bersembunyi ketika ketakutan, ada baiknya sediakan kardus atau ruangan khusus yang aman bagi kucing untuk bersembunyi.

Dilansir dari Pet MD, dengan menyediakan tempat khusus ini, kucing nggak akan mencari tempat persembunyian lain yang mungkin akan susah kamu jangkau.

Baca Juga: Daftar 5 Ras Kucing Paling Pintar di Dunia, Bisa Ngapain Aja, Ya?

Perhatiin kondisi kucing

Selalu perhatiinkondisi kucing kamu dan cari tahu apa penyebab mereka sering bersembunyi. Jikaternyatakucingmulagi sakit, segera cari tahu apa penyebab penyakitnya dan bawa ke pusat kesehatan hewan.

Penanganan yang dilakukan secara dini, bisamenjauhkankucing dari penyakit sehingga ia berhenti bersembunyi di tempat gelap. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Alasan Mengapa Kucing Suka Bersembunyi di Tempat Gelap"

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya