Jaga Kreativitas Pelajar Selama Pandemi, Warga Sekolah IPEKA Balikpapan Bikin Perlombaan Seni Virtual

Jumat, 01 Oktober 2021 | 07:41

Jaga Kreativitas Pelajar Selama Pandemi, Warga Sekolah IPEKA Balikpapan Bikin Perlombaan Seni Virtual

HAI-Online.com– Siapa yang kangen bikin acara pertandingan akbar di sekolah yang endingnya menggelar pertunjukan atau pentas seni (pensi)?
Nah, setelah hampir dua tahun pandemi, acara semacam itu tadinya cuma ada di list "ketunda", namun belakangan ini beberapa sekolah mulai beradaptasi dengan keadaan.
Seperti yang dilakukan Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan, selama dua pekan mereka menggelar “Balikpapan IPEKA Cup (BIC) 2021” secara daring mulai 18 September 2021 hingga mendatang.
Baca Juga: Industri e-Commerce Lahirkan Banyak Profesi Baru bagi Anak Muda Aktif, Kreatif dan Melek Digital, Skill Bikin Konten Live Streaming Salah Satunya!
BIC 2021 adalah ajang perlombaan digital yang mempertandingkan cabang-cabang seni untuk murid jenjang SD hingga SMA atau berusia 9-18 tahun.
Ajamg ini terakhir kali pernah diadakan pada 2013 dan bersifat lokal atau onsite, namun pada 2021 BIC bertransformasi dalam format daring atau viertual.
Tak heran, gelaran kali ini diikuti peserta yang menjangkau seluruh jaringan sekolah IPEKA serta sekolah lainnya se-Indonesia.
“BIC adalah sebuah wadah yang dibuat untuk memfasilitasi para murid mengembangkan potensi yang dimiliki. Tidak hanya terbatas di bidang akademis, namun BIC mendorong para murid mengembangkan potensi dalam hal seni”, ujar Alfian Samudra, Koordinator Lokasi Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan dalam.siaran tertulis, Sabtu (1/10/2021).
BIC 2021 pun menjadi kegiatan kompetisi seni yang diselenggarakan pertama secara nasional oleh sekolah tersebut.

Peserta lomba seni virtual BIC 2021

Ada tujuan khusus mengapa BIC 2021 digelar pada masa pandemi Covid-19. Menurut Alfian, lamanya para murid yang sekolah dari rumah menyebabkan berkurangnya interaksi dan aktivitas terutama yang berkaitan dengan kreativitas.
Untuk itu, sekolah Kristen IPEKA Balikpapan berkomitmen menyediakan wadah bagi murid untuk mengasah kreativitas melalui BIC.
"Masa pandemi tidak boleh mengubur potensi yang dimiliki murid. Mereka harus terus berkreativitas, berkarya, dan mengembangkan potensinya apapun situasinya, baik di bidang akademis maupun seni," kata Alfian yang menyebut BIC kali inimengangkat tema 'Rise Up' yang memiliki arti bangkit.
Selain perlombaan, BIC 2021 juga menjadi ajang diperkenalkannya SMAK IPEKA Balikpapan yang mulai beroperasi pada tahun ini.
Baca Juga: Back to Offline School: Pelajar Bingung Akrab dengan Teman Baru di Sekolah PTM
"Harapannya melalui kegiatan ini, Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan dapat dikenal masyarakat sebagai tempat bagi para murid memperoleh pendidikan yang baik serta mengembangkan setiap potensi yang dimiliki," ulasnya.
Total terdapat enam cabang perlombaan di BIC 2021, diantaranya Storytelling, Solo Vocal, Poster Design, Podcast, Photography, dan Band performance.
Diikuti sekitar 218 murid dari 44 sekolah di 15 kota dan 12 provinsi di Indonesia, perlombaan BIC keseluruhanya hampir selrsai digelar secara virtual.
Ada banyak keseruan, kesulitan dan sekaligus tantangan menjalankan perlombaan virtual ini. Meski begitu sejak digelar Virtual Opening Ceremony BIC 2021 sampai dengan fibal pada pada 28 September kemarin, acara lomba seni ini berlangsung lancar.
“Selamat atas dilaksanakannya BIC 2021 ini. Kami melihat kegiatan ini sangat menarik dan lomba-lomba yg dihadirkan walaupun secara virtual, ini selaras dengan kegiatan kami yaitu Festival Lomba Seni murid Nasional (FLS2N). Kegiatan ini akan menjadi bekal untuk mengikuti FLS2N di tingkat kota serta nantinya di tingkat provinsi,” ujarKepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Muhaimin, M.Tsaat membuka BIC 2021.
Baca Juga: Ada Lomba Mural Unik di Jogja, Kalo Dihapus Aparat Bakal Dapet Nilai Lebih!
Kegiatan BIC 2021 berlangsung secara online mulai dari tahap pendaftaran, pelaksanaan hingga penjurian pada 18 hingga 28 September 2021.
Ajang ini memperebutkan total 25 juta rupiah bagi para pemenang yang akan diumumkan bersamaan dengan closing ceremony pada Minggu (2/10/2021) besok. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya