Sering Berantem sama Pacar? Mungkin Kalian Punya 'Love Language' yang Beda, Pahami 5 Jenisnya !

Senin, 29 Januari 2024 | 14:17
Akshay Gupta/Pixahive

Ilustrasi berantem sama pacar. Kenapa orang cenderung suka membandingkan-bandingkan gebetan baru dengan cinta pertama mereka?

HAI-Online.com –Lamanya hubungan ternyata nggak menjamin kebahagiaan seseorang dengan pasangannya.

Terkadang,meski sudah menjalin hubungan sekian tahun lamanya, pasangan kamu mungkin tetap nggak tahu apa yang kamu sukai dan apa yang bisa membuat kamu bahagia.

Begitu pula sebaliknya, kamu juga merasa bingung bagaimana menyenangkan pasangan. Kalo udah begini, bisa jadi penyebab kamu merasa seperti ini karena kamu belum kenal love language diri sendiri dan pasangan.

Baca Juga: Pakar Hubungan: Kalo Udah Putus, Ya Jangan Kepoin Mantan Lagi!

Love language sendirisangat penting agar kamu bisa menyenangkan pasangan sesuai dengan kebutuhannya.

Bahkan pertengkaran pasangan kadang terjadi karena mereka memiliki love language yang berbeda dan nggak mau saling mengerti kebutuhan love language dari pasangannya.

MenurutNi Made Putri Ariyanti, M.Psi., Psikolog, konselor aplikasi konseling Riliv, love language adalah cara seseorang mengekspresikan rasa cintanya kepada orang lain.

"Selain itu, love language juga menggambarkan preferensi personal terkait bentuk perlakuan yang bisa membuat seseorang merasa dicintai oleh pasangannya," ujarnya dalam keterangan yang diterima HAI pada Selasa (21/9/2021).

Menurutnya,ada orang-orang yang merasa dicintai saat mendapatkan pujian atau. Namun ada juga yang merasa dicintai saat diberi hadiah.

"Ini semua tergantung love language,” tuturnya.

Baca Juga: Menurut Pakar, Dua Love Language Ini Paling Susah Cari Pasangan

Biar makin paham,simak nih, jenis-jenis love languageyang bisa kamu pelajari.

1. Word of affirmation

Jika kamu memiliki jenis love language yang pertama, kamu akan mengungkapkan rasa cinta dan juga merasa dicintai saat mendapatkan pujian, apresiasi, dan berbagai kalimat afirmasi lainnya yang mengekspresikan rasa cinta.

Karenanya,kamu akan merasa sangat bahagia saat mendengar pasangan mengatakan “Kamu cantik” atau “I love you” atau “Aku sayang kamu”.

2. Receiving gift

Apabila kamu termasuk orang yang memiliki love languageberupa receiving gift, kamu akan merasa dicintai saat pasangan memberikan hadiah.

Perasaan bahagia dan dicintai ini muncul bukan karena mahalnya hadiah yang diberikan, namun karena niat baik dan usaha pasangan untuk mencari dan membeli hadiah.

Selain senang menerima hadiah, kamu juga senang memberikan hadiah kepada pasangan.

Baca Juga: Pacar Lo Love Languagenya Receiving Gifts? Berikut Ide-Ide Hadiah yang Bisa Lo Coba

3. Physical touch

Berbeda dengan dua jenis love language sebelumnya, kamu yang memiliki love language physical touch akan merasa dicintai dan menunjukkan rasa cinta dengan melakukan skinship.

Misalnya kamu akan memeluk pasangan sebagai cara menunjukkan rasa sayang atau kamu berharap pasangan merangkul kamu saat merasa sedih.

4. Acts of service

Jika kamu memiliki love language berupa act of service, kamu lebih suka pasangan yang memberikan aksi nyata. Misalnya saat melihat kamu lelah, pasangan langsung peka dan berinisiatif membereskan rumah.

Menurut kamu, pujian atau kata-katayang mengibur nggak terlalu berarti karena kamu lebih suka aksi nyata. Makanya, kamu juga berusaha take an action saat pasangan membutuhkan kamu.

5. Quality time

Jenis love language terakhir adalah quality time. Kamu akan merasa sangat senang saat bisa menghabiskan waktu berdua bersama pasangan seperti menonton film bersama, melakukan hobi bersama, atau travelling bersama. (*)

Editor : optimization

Baca Lainnya