Lo Pengen Mengecilkan Perut yang Buncit? Coba Nih Simak 7 Tipsnya

Kamis, 22 Februari 2024 | 11:23

Ilustrasi Perut Buncit

HAI-Online.com - Mungkin beberapa anak muda pernah ngerasa 'Kok perut gue buncit banget ya sekarang', apalagi pas zaman pandemi gini yang harus melakukan apapun dari rumah, pastinya bikin kita banyak makan.

Bagi sebagian cowok punya perut buncit kadang jadi kesulitan sendiri, mulai dari rasa percaya diri yang menurun hingga masalah kesehatan.

Nah, buat lo yang punya perut buncit tapi nggak tau gimana cara ngecilinnya, tenang aja karena di artikel kali ini bakal dijelaskan tipsnya nih.

Melansir Kompas.com, informasi dari Healthline, 18 Agustus 2021, berikut ini tips untuk mengurangi lemak perut atau ngecilin perut yang buncit:

1. Kurangi minuman manis

Buat lo yang masih sering minum manis, mending coba kurangin deh dari sekarang. Perlu lo tau nih, terlalu banyak minum minuman manis seperti soda bakalan meningkatkan akumulasi lemak visceral dan lingkar pinggang yang lebih besar. Hal itu diungkapkan studi yang dipublikasikan di Pubmed pada 2016 dan beberapa penelitian serupa. Selain itu, minum manis juga bikin lo bisa kena diabetes, makanya kalo bisa kurangin deh.

2. Bergerak (Olahraga)

Lo bisa mencoba menggabungkan latihan fisik termasuk aktivitas aerobik berintensitas tinggi dan rendah, serta latihan ketahanan, yang semuanya telah terbukti membantu mengurangi lemak perut. Hal tersebut diungkapkan oleh penelitian yang dipublikasikan di NCBI pada 2013 dan beberapa penelitian serupa. Mungkin lo juga bisa mulai rutin berolahraga kayak jogging tiap pagi gitu supaya lemak yang ada di perut bisa mengecil seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Jalani Diet Sukses, Nggak Cuma Jagain Makanan tapi Olahraga Teratur Juga Dilakukan

3. Tingkatkan asupan serat

Orang yang mengikuti diet serat tinggi cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut daripada mereka yang nggak mengikutinya. Selain itu transisi ke diet serat tinggi bisa bantu lo menghilangkan kelebihan lemak perut. Hal tersebut diungkapkan oleh penelitian yang dipublikasikan di Pubmed pada 2012 dan beberapa penelitian serupa.

4. Kurangi makanan ultra-olahan

Makanan ultra-olahan tuh seperti makanan ringan, permen, makanan cepat saji, dan produk biji-bijian olahan. Katanya kalo sering makan ini bisa lingkar pinggang yang lebih besar makanya harus menguranginya. Itu tercantum dalam studi yang dipublikasikan di Biomed Central pada 2019.

5. Jangan kurang tidur

Nah, ini sih yang sulit kayaknya buat anak muda. Kurang tidur udah jadi hal lumrah entah itu karena pekerjaan ataupun memang senang begadang atau bisa karena hal lain. Kualitas tidur yang buruk dikaitkan dengan akumulasi lemak visceral (lemak perut).

Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 56.000 orang mengaitkan durasi tidur yang lebih pendek dengan lingkar pinggang yang lebih besar. Studi itu dipublikasikan di NCBI pada 2015.

Baca Juga: Bisa Tidur Nyenyak, Bahasa Inggris Masuk Angin Emang Bukan Enter Wind...

6. Tingkatkan asupan protein

Pola diet yang lebih tinggi protein dapat membantu mengurangi lemak perut. Berarti lo mesti konsumsi makanan yang tinggi protein nih. Hal itu seperti ditulis sebuah studi yang melibatkan 23.876 orang. Studi mengaitkan diet protein tinggi dengan lingkar pinggang yang lebih kecil. Studi itu dipublikasikan di Pubmed pada 2015.

7. Kurangi konsumsi karbohidrat

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa beberapa orang dengan terlalu banyak lemak perut dapat mengambil manfaat dari pengurangan asupan karbohidrat mereka. Nah, berarti kalo gini lo mesti kurangin tuh makanan yang mengandung banyak karbohidrat contohnya kayak nasi putih.

Sebuah studi yang dilakukan selama 15 minggu yang melibatkan 50 orang dewasa paruh baya dengan kelebihan berat badan atau obesitas menemukan bahwa mereka yang diberi diet rendah karbohidrat, tinggi lemak, dan dibatasi energi yang menyediakan 5 persen kalori dari karbohidrat kehilangan lebih banyak lemak perut, termasuk lemak visceral, dibandingkan mereka yang mengikuti diet rendah lemak. Studi itu dipublikasikan di NCBI pada 2021.

Nah, itu tadi 7 Tips mengecilkan perut yang buncit buat lo yang kepengen perutnya jadi mengecil. Ya semoga informasi tadi membantu lo ya.

Baca Juga: Susu Kental Manis Bukan untuk Diseduh, Begini Penjelasan BPOM

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Cara Mengecilkan Perut Buncit, Apa Saja?"

Editor : optimization

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya