Nggak Cuma Manusia, Orangutan Kalimantan Pun Dites Covid-19

Selasa, 14 September 2021 | 09:10
Anil Prabhakar via Boredpanda

Orangutan yang mengulurkan tangan untuk memberi bantuan kepada penjaga hutan

HAI-Online.com – Nggak cuma manusia, sebanyak 30 orangutan Kalimantan pun dites Covid-19 di negara bagian Sabah, Malaysia.

Baca Juga: Chris Martin Rela Lepas Helm Stormtrooper untuk Dilelang demi Yayasan yang Bantu Remaja

Dengan protokol kesehatan yang sama, tes ini dilakukan dokter hewan dengan alat pelindung diri lengkap, menggunakan metode swab di hidung orangutan.

Mengutip AFP, berdasarkan tes antigenyang dilakukan pada Selasa (7/9/2021) lalu,ke-30orangutan tersebut dinyatakan negatif, sebagaimana diungkapkanpetugas setempat.

TesCovid-19 pada orangutan inimerupakan yang pertama di Malaysia,atas instruksi staf di pusat rehabilitasi dan taman margasatwa terinfeksi.

"Tes Covid-19 menjadi alat vital dalam membantu kami melewati pandemi ini, dan juga penting bagi populasi orangutan ini,” ujarSen Nathan, asisten direktur Departemen Satwa Liar Sabah.

Baca Juga: 5 Hewan yang Dikenal Setia sama Pasangannya, dari Angsa sampai Serigala

Ia menambahkan, "Penyakit ini terbukti sangat merugikan kesehatan mereka dan menghambat rehabilitasi mereka."

Meski dinyatakan negatif, para dokter hewan akan terus memantau orangutan dan tes corona akan dilakukan secara rutin.

Sabah di ujung timur laut Kalimantan sediri memiliki hutan yang luas dan dihuni hewan-hewan langka, tetapi kini menghadapi lonjakan kasus virus corona.

Orangutan Kalimantan sendiri diklasifikasikan "sangat terancam punah" oleh kelompok perlindungan International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Baca Juga: Nggak Cuma Manusia, 8 Singa di India Pun Terjangkit Covid-19

Menurut WWF, populasi mereka menurun lebih dari 50 persen selama 60 tahun terakhir, karena habitat hutan yang berkurang akibat penebangan dan pembukaan lahan untuk perkebunan dan pertanian.

Kabarkasus hewan terinfeksi Covid-19 sebenarnya telah merebak di beberapa negara, seperti yang terjadi pada akhir pekan lalu di kebun binatang di Atlanta, Amerika Serikat.

Pihak kebun binatang mengumumkan bahwa beberapa gorilanya positif Covid-19. Selain itu, hewan lain seperti kucing domestik, anjing, dan setidaknya satu ekor musang juga terinfeksi Covid-19. (*)

Baca Juga: Bisakah Hewan Peliharaan Termasuk Kucing Tertular Covid-19 Delta? Ini Penjelasannya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "30 Orangutan Kalimantan Dites Covid-19 di Malaysia"

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya