Inilah 5 Founder Startup Asal Indonesia Lulusan Teknik Komputer

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 14:15

Ilustrasi mahasiswa

HAI-Online.com - Perusahaan startup di Indonesia belakangan ini begitu berkembang. Startup merupakan perusahaan rintisan yang belum lama beroperasi, biasanya mereka berjalan menerapkan inovasi teknologi.

Baca Juga: WhatsApp Punya Fitur View Once untuk Foto dan Video Sekali Lihat, Begini Caranya

Berbicara soal startup, taukah kamu kalau ternyata dari banyaknya founder startup yang sukses di Indonesia, ternyata ada beberapa diantaranya lulusan dari Sarjana Teknik Komputer.

Melansir Kompas.com, informasi dari laman Iteba, Jumat (13/8/2021), ada lima founder startup Indonesia yang sukses dari lulusan Teknik Komputer. Cek di bawah ini para founder startup yang sukses di Indonesia dari lulusan Teknik Komputer.

1. Ferry Unardi (CEO & Co-Founder Traveloka)

Founder dari Traveloka ini menuntut ilmu pada jurusan Computer Science and Engineering di Purdue University, Amerika. Ferry kemudian mendirikan Traveloka setelah dia kembali ke Indonesia pada usia 23 tahun. Kini, Traveloka yang berdiri pada 2012 ini telah berkembang dan dikenal oleh banyak orang.

Bahkan, Traveloka menjadi aplikasi utama bagi para wisatawan yang ingin bepergian dengan melayani berbagai pesanan tiket pesawat, kereta api, bus, penyewaan mobil hingga hotel.

Diketahui kini Traveloka telah tersebar ke berbagai negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Baca Juga: Inilah Daftar, Spesifikasi dan Harga Laptop Chromebook yang Dibuat di Indonesia

2. Natali Ardianto (CEO & Co-Founder Indopasifik Teknologi Medika Indonesia)

Natali Ardianto merupakan lulusan Universitas Indonesia (UI) yang memulai bisnisnya di tahun 2008. Bekerja sama dengan beberapa rekannya, dia mendirikan Urbanesia.com, direktori online lifestyle pertama di Indonesia.

Setelah itu, Natali meninggalkan usaha tersebut. Lalu, pada tahun 2010, dia menciptakan Golfnesia bersama rekannya.

Namun, bisnis tersebut kembali ditinggalkannya. Kemudian, pada tahun 2011, dia bersama dengan rekan-rekannya mendirikan Tiket.com, perusahaan berbasis digital.

Tiket.com menyediakan pemesanan online tiket pesawat dan juga bisa melakukan pemesanan kereta api dan hotel.

Diketahui kini Natali mengembangkan bisnis lainnya di bidang kesehatan, yaitu Indopasifik Teknologi Medika Indonesia (ITMI) yang terdiri atas Jovee.id dan Lifepack.id.

3. Andreas Senjaya (CEO dan Co-Founder iGrow)

Andreas Senjaya merupakan alumni Fakultas Ilmu Komputer lulusan tahun 2012. Pada akhir tahun 2014, Andreas mendirikan perusahaan startup bernama iGrow, yakni sebuah platform online yang bertujuan untuk menghubungkan berbagai pihak dalam rantai pasokan pertanian.

Startup yang berlokasi di daerah Depok, Jawa Barat ini telah berhasil mempekerjakan sekitar lebih dari 2.200 petani di 1.197 hektar lahan dan memperoleh lebih dari 500 ton panen kacang tanah yang baik dan berkualitas.

Baca Juga: Fleets Dihapus, Tiktok Malah Mau Rilis Stories

4. Kevin Osmond (CEO & Co-Founder Printerous)

Pendiri startup yang satu ini merupakan lulusan dari jurusan Computer Science. Kevin sendiri telah membangun beberapa startup yang didirikan dengan rekannya, seperti Fimela, Bouncity, Tiket.com, Weekend Inc, hingga yang paling baru adalah Printerous yang didirikannya pada tahun 2012.

Printerous merupakan perusahaan startup yang bergerak di bidang layanan percetakan online seperti flyer, banner t-shirt, kartu nama, dan lain sebagainya.

5. Andrew Darwis (Founder & CCO Kaskus)

Yap, cowok ini merupakan pendiri Kaskus. Perusahaan startup ini didirikan oleh Andrew Darwis yang merupakan lulusan Master of Computer Science dari Seattle University. Bermula dengan mimpi yang besar, Andrew Darwis meneruskan kuliah di Amerika dengan biaya hidup sendiri.

Kemudian dia membuat sebuah website berbasis free software. Mulai dari situ ia bersama kedua temannya merancang sebuah portal yang berisi berita dan informasi mengenai Indonesia.

Dengan ketekunan usahanya, banyak yang sepakat bahwa Kaskus ini merupakan pelopor dari digital startup scene yang kini begitu sukses di Indonesia.

Nah, demikian 5 founder startup Indonesia yang berasal dari lulusan Teknik Komputer.

Sosok mereka bisa kamu jadikan panutan dalam menggapai mimpi, termasuk kamu yang ingin sekali berkecimpung di dunia startup. Bisa jadi kamu adalah founder startup besar di Indonesia selanjutnya. (*)

Baca Juga: Ngalahin Facebook, TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh di 2020

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mahasiswa, Ini 5 Founder Startup Lulusan Teknik Komputer"

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya