Inilah Perbedaan Kekuatan Mata Rinnegan, Byakugan dan Sharingan dalam Anime Naruto

Rabu, 11 Agustus 2021 | 13:00
Tribunnewswiki

Mata Sharingan Rinnegan Sasuke

HAI-Online.com - Buat kamu para pecinta anime Naruto atau Boruto mungkin nggak asing dengan teknik mata yang dimiliki beberapa karakter di dalamnya. Ada tiga mata yang paling populer di anime tersebut yaitu Byakugan, Sharingan, dan Rinnegan.

Baca Juga: Didominasi Klan Uchiha, Ini Dia Daftar 10 Karakter Naruto Terpopuler!

Nah, perlu kamu ketahui masing-masing mata tersebut ternyata memiliki kekuatan yang berbeda lho. Kalau kamu sering nonton atau mengikuti anime Naruto dan Boruto pasti nggak asing lagi dengan bentuk ketiga mata tersebut.

Baik mata Byakugan, Sharingan, dan Rinnegan nggak semua karakter atau klan memilikinya, melainkan hanya klan tertentu saja. Melansir naruto.fandom ada beberapa perbedaan ketiga mata tersebut dan kekuatannya, simak perbedannya di bawah ini ya.

1. Byakugan

en.memesrandom.com

Mata Byakugan

Mata Byakugan atau dalam animenya digambarkan sebagai mata putih. Mata ini dimiliki oleh klan Hyuga (klannya Hinata, Neji) dan klan Otsutsuki (Hamura, Kagura, Toneri Otsutsuki). Melansir naruto.fandom, Byakugan akan tersedia untuk penggunanya dari waktu kelahiran mereka dan tidak perlu dibangkitkan melalui cara apapun.

Saat Byakugan aktif, tampilan pupil mata menjadi lebih besar dan pembuluh darah muncul disekitar mata. Selain itu, para pengguna Byakugan dapat mengaktifkan dan menonaktifkannya sesuka hati.

Untuk kemampuannya, Byakugan memberikan penggunanya pandangan 360 derajat. Namun, kemampuan mata ini memiliki satu titik buta di bagian belakang leher. Dalam anime, Byakugan berfungsi memperbesar target yang kecil dan melihat jaringan panas tubuh (chakra) seseorang.

Mata ini memiliki tingkat yang lebih besar melihat chakra daripada mata Sharingan. Byakugan juga menentukan kapan genjutsu seorang lawan sedang digunakan dan membedakan mana kloningan yang nyata. Kalau kamu perhatikan kemampuan mata ini sangat berguna ketika Perang Dunia Shinobi berlangsung.

Meski pengelihatannya dapat menembus benda padat dan mengikuti gerakan cepat lawan, Byakugan juga bisa memiliki hambatan yang mungkin akan mengganggu pandangan pengguna Byakugan.

Ketika Byakugan dikombinasikan dengan chakra dari anggota klan Otsutsuki, mata ini berkembang menjadi Tenseigan, tapi jika melemah maka mata akan kembali menjadi Byakugan. Hal inilah yang dialami oleh Toneri Otsutsuki.

Baca Juga: Perbedaan Genjutsu Tsukuyomi dan Mugen Tsukuyomi di Anime Naruto

2. Sharingan

Pixabay

Mata Sharingan

Mata Sharingan ini dimiliki oleh klan Uchiha dan Otsutsuki. Kekuatan Sharingan ada hubungannya dengan kutukan kebencian yang dialami penggunanya. Mata Sharingan memiliki bentuk yang berbeda tiap penggunanya sesuai dengan tingkat kekuatan penggunanya. Perubahan bentuk itu bisa terjadi melalui penggunaan terus menerus dan pelatihan.

Adapun kemampuan yang dirasakan bagi seorang penggunanya yaitu kemampuan pandangan yang meningkat. Sebagai contoh, mereka bisa menyalin gerakan tangan lawan, memprediksi pergerakan seseorang dan menyalin teknik. Kalau kamu lihat kenapa Kakashi bisa disebut sebagai ninja peniru teknik lawan ya bisa dibilang karena dia memiliki kemampuan dari mata Sharingan.

Adapun tahap yang tertinggi dari teknik mata Sharingan yaitu Mangekyo Sharingan. Jenis mata ini berbeda dengan Sharingan biasa dan hanya bisa didapatkan oleh beberapa orang tertentu saja. Mata ini awalnya bangkit oleh trauma pengguna setelah menyaksikan kematian seseorang terdekat yang ia kasihi.

Secara historis klan Uchiha salah memahami kondisi yang membuat penggunanya perlu bertanggung jawab atas kematian seseorang. Untuk alasan itu mereka mengembangkan praktek membunuh teman terdekat mereka untuk mendapatkan Mangekyo Sharingan.

Mangekyo Sharingan mempertahankan semua kemampuan umum Sharingan biasa, seperti penggunaan genjutsu dan kemampuan untuk membedakan jenis chakra. Tetapi, kemampuan dari Mangekyo Sharingan berbeda-beda untuk tiap penggunanya. Contoh Itachi dan Sasuke yang memiliki Amaterasu.

Meski terbilang overpower, penggunaan mata Mangekyo Sharingan yang terlalu sering akan menguras banyak chakra, bahkan bisa memperburuk penglihatan hingga alami kebutaan.

3. Rinnegan

Greenscene

Mata Rinnegan

Bisa dibilang mata Rinnegan adalah mata yang paling mulia dari Byakugan dan Sharingan. Rinnegan pertama kali diwujudkan oleh Hagoromo Otsutsuki. Rinnegan dapat terbangun dengan menggabungkan chakra putra Hagoromo, Indra dan Asura, dalam rangka menciptakan chakra Hagoromo.

Namun, bukan hal yang mudah untuk membangkitkan mata Rinnegan. Bahkan, Naruto dan Sasuke yang disebutkan sebagai reinkarnasi Indra dan Ashura perlu diberikan chakra dari roh Hagoromo terlebih dahulu untuk membangitkannya.

Disebutkan Rinnegan adalah teknik mata yang paling kuat, dengan Tenseigan sebagai lawan terdekatnya. Pengguna Rinnegan memiliki kemampuan untuk melihat aliran chakra dan tenketsu dalam tubuh tapi tidak dapat mendeteksi melalui hambatan seperti bom asap.

Dengan mata Rinnegan, penggunanya dapat menguasai setiap jutsu serta transformasi alam kelima dan teknik enam jalan dengan mudah.?? Seorang pengguna rinnegan juga mampu mengirimkan chakra mereka dengan jarak jauh.

Rinnegan juga dapat melihat melalui genjutsu dan ketika dikombinasikan dengan semua chakra sembilan monster berekor dapat mematahkan genjutsu yang paling kuat yang pernah ada, Mugen Tsukuyomi.

Pertama kali Rinnegan dalam anime Naruto muncul ketika Pain hadir dan terlihat memiliki mata berwarna ungu. Kemudian, kemampuan Rinnegan tampak jelas ketika Madara menggunakannya dalam usahanya untuk membangkitkan Mugen Tsukoyomi.

Nah, itu tadi perbedaan mata Rinnegan, Byakugan dan Sharingan beserta kekuatannya masing-masing. Pasti yang sudah sering mengikuti anime Naruto atau Boruto udah nggak asing lagi sama teknik mata ini kan.

Baca Juga: Mengenal Shinjusu, Jurus Dewa Milik Otsutsuki God Shibai dalam Boruto!

Editor : Alvin Bahar