Inilah 5 Kandidat Peraih Ballon d’Or 2021, dari Messi hingga Chiellini!

Selasa, 13 Juli 2021 | 20:23
Instagram/leomessi

Lionel Messi kembali jadi kandidat kuat peraih Ballon d'Or 2021.

HAI-Online.com – Musim 2020-2021 telah usai, bersamaan dengan berakhirnya dua turnamen internasional, Euro 2020 dan Copa America 2021.

Kini, pembicaraan beralih ke Ballon d'Or. Penghargaan sepak bola individu itu sempat ditiadakan pada 2020 akibat pandemi Covid-19.

Setelah sempat absen pada tahun lalu akibat pandemi Covid-19, penghargaan Ballon d’Or bakal kembali hadir pada tahun ini, seiring bergulirnya kembali kompetisi-kompetisi sepak bola di seluruh dunia.

Baca Juga: Kalahkan Polandia, Deep Dive Dubai Pecahkan Rekor Jadi Kolam Renang Terdalam di Dunia

Penghargaan pesepakbola terbaik sedunia yang diprakarsai majalah France Football ini sendiri baru akan diumumkan pada Desember mendatang.

Namun begitu, kandidat peraih Ballon d’Or 2021 udah banyak bermunculan. Menurut media Spanyol Marca, ada lima kandidat terkuat peraih penghargaan tersebut.

Meski sejumlah nama lama seperti Lionel Messi masih mengisi kandidat terkuat, secara mengejutkan Cristiano Ronaldo nggak masuk dalam list tersebut.

Nah buat kalian yang penasaran siapa aja kandidatnya, yuk kita intip sama-sama.

1. Lionel Messi

@CopaAmerica/Twitter

Lionel Messi (tengah) mesti menunggu 15 tahun buat dapetin trofi pertamanya bersama timnas senior Argentina.

Nama satu ini sudah nggak perlu dipertanyakan lagi. Sepanjang 2020-2021, Lionel Messi sudah berjasa untuk klubnya, Barcelona, dan juga timnas Argentina.

Messi mengantarkan Barcelona meraih Copa del Rey. Dia juga menjadi top skor Liga Spanyol dengan 25 gol yang ditorehkannya.

Bersama timnas Argentina, La Pulga baru saja mengangkat trofi Copa America 2021. Gelar itu merupakan yang pertama bagi Albiceleste sejak 1993. Lionel Messi juga memborong gelar pribadi pribadi Copa America 2021.

Dia menjadi top skor turnamen, pemberi assist terbanyak, dan memenangi gelar pemain terbaik.

Messi menjadi top skor dengan torehan empat gol bersama dengan penyerang Kolombia Luis Diaz. Namun Messi lebih unggul dari Diaz dengan menyumbang lima assist di turnamen ini, terbanyak di satu edisi Copa America sepanjang sejarah.

Baca Juga: Ada Aturan Ketat di Festival Musik EXIT 2021 yang Digelar Serbia saat Masa Pandemi

2. Jorginho

EMPICS Sport
John Walton

Chelsea's Jorginho

Gelandang berusia 29 tahun ini baru saja meraih gelar ganda di Eropa. Bersama Chelsea, Jorginho menjuarai Liga Champions 2020-2021.

Pemain berdarah Brasil itu juga baru saja mengantarkan timnas Italia juara Euro 2020, yang merupakan gelar kedua Gli Azzurri setelah 1968.

3. Harry Kane

instagram.com/spursofficial/
instagram.com/spursofficial/

Harry Kane

Jika ajatimnas Inggris juara Euro 2020, mungkin Harry Kane menjadi yang paling favorit untuk meraih gelar Ballon d'Or.

Sayangnya, Inggris harus kandas di partai final dari Italia. Sementara, Kane mengakhiri Piala Eropa 2020 dengan mencetak total empat gol, hanya tertinggal dari top skor turnamen, Cristiano Ronaldo (5 gol).

Namun sepanjang 2020-2021 Harry Kane telah menunjukkan kualitasnya sebagai nomor 9 mematikan.

Dia mencetak total 33 gol. Sebanyak 23 gol di antaranya dibukukan Kane di Premier League yang menjadikan dirinya sebagai top skor kompetisi.

Baca Juga: Dekatkan Tenis dan Teknologi, Oppo Bundling Find X3 Pro 5G Bertema Wimbledon Special Edition

4. Robert Lewandowski

Instagram / _rl9

Robert Lewandowski

Lewandowski tampil tajam musim lalu. Bomber Bayern Muenchen mencetak total 41 gol di Bundesliga, yang merupakan rekor dalam satu musim kompetisi.

Produktivitasnya juga berhasil mengantarkan Bayern juara Liga Jerman 2020-2021 dan menjuarai Piala Dunia Antarklub.

5. Giorgio Chiellini

Instagram / giorgiochiellini

Giorgio Chiellini

Ballon d'Or mungkin trofi yang sulit didapat Chiellini. Namun, penampilan bek Juventus itu di Euro bersama timnas Italia, layak mendapatkan pengakuan serius.

Bek veteran 36 tahun itu membangun tembok di samping Leonardo Bonucci dan di depan Gianluigi Donnarumma. Italia nggak mungkin menjuarai Euro 2020 tanpa dia.

Sebagai informasi, nggak ada bek yang meraih Ballon d'Or sejak terakhir kali Fabio Cannavaro memenanginya pada 2006 usai mengantarkan Italia juara dunia pada tahun tersebut. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Kandidat Peraih Ballon d'Or 2021: Lionel Messi Ada, Cristiano Ronaldo..."

Editor : Al Sobry

Sumber : Marca

Baca Lainnya