Ada Aturan Ketat di Festival Musik EXIT 2021 yang Digelar Serbia saat Masa Pandemi

Sabtu, 10 Juli 2021 | 16:05

Bukan tanpa sebab Serbia sudah bisa menggelar Festival Musik EXIT yang sempat tertunda setahun lalu karena terdampak pandemi Covid-19.

HAI-Online.com- Warga negara Serbia sedang menggelar Festival Musik EXIT 2021 meski masih dalam masa pandemi.
Meski tak terlihat satu pun pengunjung yang menggunakan masker atau menjaga jarak aman saat menonton konser, panitia telah memberlakukan aturan masuk yang ketatdi Benteng Petrovaradin pada saat gerbang mulai dibuka sejak Kamis (8/7) kemarin.
Bukan tanpa sebab Serbia sudah bisa menggelar Festival Musik EXIT yang sempat tertunda setahun lalu karena terdampak pandemi Covid-19.
Baca Juga: Seandainya Masih Hidup, Brian May Yakin Freddie Mercury Bakal Tetap Main dengan Queen
Festival ini mengundang puluhan musisi dan dihadiri oleh ribuan penonton yang masih akan melangsungkan acara hingga Minggu (11/7) besok.
Orang-orang yang masuk ke Festival tahunan ke-20 itu wajib menunjukkan bukti telah divaksinasi penuh untuk COVID-19 atau setidaknya memberikan PCR/antigen dengan hasil negatif.
Salah satu penyelenggara acara, United Festivals of Serbia membeberkan rangkaian acara Festival ini juga telah ikut mengampanyekan vaksinasi bagi kaum muda sehingga tidak sedikit dari pengunjung yang hadir adalah mereka yang telah ikut menyukseskan program herd immunity di negaranya.
Tidak lantas menjadikan festival ini sama persis dengan gelaran sebelumnya. Selama pandemi, EXIT Music Festival telah mengurangi kapasitas setengahnya yaitu dengan hanya menyediakan sekitar 20 panggung dari sebelumnya 40.
Baca Juga: Sehari Dirilis Lagu Permission to Dance Ciptaan Ed Sheeran untuk BTS Sukses Nomo 1 di iTunes dan YouTube Music
Yang menari juga, dalam catatan sejarahnya, festival yang didirikan pada tahun 2000 ini merupakan bagian dari gerakan mahasiswa yang memperjuangkan demokrasi dan kebebasan artistik di Serbia dan Balkan.
Wah, anak muda di sana kompak ya, nggak cuma soal menikmati musik tapi juga menyiasati keadaan. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya