Voice Of Baceprot, dan 5 Band Metal Indonesia Yang Pernah Jajal Panggung Wacken Open Air

Selasa, 29 Juni 2021 | 12:28
Wikimedia Commons

Wacken Open Air 2015

HAI-Online.com - Band metal asal Indonesia, Voice Of Baceprot, bakal tampil di festival Wacken Open Air 2020 di Jerman yang dijadwalkan berlangsung tahun depan.

Kabar tersebut diumumkan pertama kali lalu di laman Instagram Wacken Open Air pada Sabtu (26/6).

Tercantum di poster perhelatan 'W:O:A 2022' nama Voice Of Baceprot (VoB) bersama sejumlah headliners mulai dari Slipknot, Judas Priest, hingga Till Lidemann (Rammstein).

"Aku kaget pas tau berita ini," kata Euis Siti Aisah, drummer VoB. "Nggak tau mesti bilang apa. Aku cuma bersyukur untuk setiap impian yang aku tuliskan dan ucapkan bisa terwujud. Oleh karena itu, jangan pernah takut untuk bermimpi!" lanjutnya dalam keterangn pers, mengutip dari NME Asia.

Untuk diketahui, VoB merupakan satu dari jajaran nama band metal asal Indonesia yang pernah menjajal panggung festival akbar metalheads dunia ini (Wacken Open Air, red.).

Berikut 5 band cadas tanah air yang tercatat pernah manggung di Wacken Open Air, mendahului langkah trio cewek asal Garut ini.

1. Burgerkill

Manggung di festival Wacken Open Air seolah menjadi tradisi di kalangan band metal Indonesia sejak tahun 2015 lalu. Tepatnya saat Burgerkill diundang untuk pertama kalinya buat manggung festival tersebut.

Momen bersejarah Burgerkill di festival manggung di W:O:A 2015 diabadikan oleh band asal Bandung tersebut melalui konten vlog-nya di YouTube BKTV dan demajors.

2. Beside

Penampilan perdana Burgerkill di W:O:A 2015 tampak membuka jalan buat band-band metal Indonesia ikut menjajal panggung tersebut.

Di tahun 2017, hadir kompetisi W:O:A Metal Battle Indonesia (WMBI) yang memberi tiket otomatis bagi satu band Indonesia untuk bisa merasakan keseruan manggung di W:O:A.

Adalah Beside yang terpilih berangkat ke Wacken setelah bersaing dengan 238 band Indonesia lainnya.

Perjalanan mereka juga di sana terekam dalam dokumentasi DVD bertajuk Beside: A Journey To Wacken Metal Battle 2017.

3. Down For Life

Di tahun berikutnya, WMBI membawa nama Down For Life. Yap, band metal asal Solo itu berhasil terpilih dari sekitar 322 band lainnya yang jadi kandidat buat diberangkatkan ke Wacken Open Air 2018.

Baca Juga: Ungkap Keinginan Collab Bareng Navicula Hingga System Of A Down, Voice Of Baceprot: Serj Tankian Punya Cengkok Khas

4. Jasad

Mengikuti jejak Burgerkill, Jasad juga diundang khusus untuk tampil di salah satu panggung W:O:A.

Hal ini terjadi lantaran Man (vokalis Jasad) secara kebetulan juga ditunjuk untuk jadi salah satu juri pada ajang W:O:A Metal Battle internasional di sana.

Sehingga di tahun 2018, ada line-up dua band metal Indonesia yang manggung di W:O:A, Jasad dan Down For Life.

5. Taring

Tradisi ini tampak berlanjut di tahun 2019, dengan Taring yang dikirim ke W:O:A 2019 setelah menang di ajang WBMI tahun tersebut.

Nah, tahun depan giliran VOB nih yang mewakili skena metal tanah air di festival Wacken Open Air. Semoga acaranya lancar yaa! Amin. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya