7 Lokasi Aneh yang Pernah Jadi Tempat Langsungkan Konser

Sabtu, 19 Juni 2021 | 15:46
YouTube

Rage Against The Machine

HAI-Online.com - Kalo kalian punya band, pernah nggak terpikir sebuah tempat manggung paling absurd di mana band kalian akan tampil?

Kalo angan-angan liar kayak gini pernah terbersit di pikiran lo, kayaknya nggak menutup kemungkinan buat suatu hari kejadian.

Nggak percaya? Dalam sejarahnya, terdapat sejumlah nama band yang pernah menjajal panggung atau arena gig antimainstream saat membawakan lagu-lagunya ke para penonton.

Baca Juga: Aturan Baru 2021, Bikin SIM A Harus Pakai Sertifikat dari Sekolah Mengemudi

Berikut HAI rangkum 7 panggung konser absurd yang pernah band-band tapaki.

1. Wall Street (Rage Against The Machine)

Salah satu aksi unik nan kontroversial yang pernah dilakukan band rock Rage Against The Machine adalah melangsungkan gig di Wall Street. Itu lho, jalan di kota New York, AS, yang dikenal sebagai salah satu pusat finansial terbesar di dunia.

Sebagai band yang rajin nge-kritik pemerintah, RATM pun mengabadikan aksinya ini dalam sebuah dokumenter dan musik video single 'Sleep Now in the Fire' pada Januari 1999.

2. Lapas Cipinang (Kelompok Penerbang Roket)

Band rock kebanggaan ibukota ini pernah mengadakan gig di Lapas Cipinang, Jakarta Timur pada 2014 lalu.

"Selain karena kami bertiga emang menyampaikan musik kita kepada para tahanan di penjara; saat itu kebetulan Lapas Cipinang – tempat konser tersebut dihelat – sedang dalam membangun pusat kegiatan bagi para tahanan," terang vokalis KPR, Coki kepada HAI, tentang gig antimainstream bandnya ini.

"Bak gayung bersambut, saat itu kami sedang gencar-gencarnya untuk mempromosikan ‘Mati Muda‘; sehingga sangat senang bagi kami untuk dapat menghibur para penghuni Lapas dengan musik yang kami punya," lanjutnya.

3. Akuarium (Mastodon)

Tau nggak lo, band metal Mastodon menggelar konser live pertamanya di tahun 2021 ini di sebuah Akuarium di Amerika Serikat.

Mastodon bekerja sama dengan DREAMSTAGE untuk mewujudukan set akustik unik ini. Buat yang ingin nonton, kabarnya lo bisa mencari info lebih jauh soal special show ini di situs www.dreamstage.live.

Baca Juga: Begini Penampakan Spesies Katak Baru yang Diberi Nama Led Zeppelin

4. Istana Kepresidenan Perancis (Ultra Vomit)

Presiden Perancis, Emmanuel Macron, bulan lalu membuat "sayembara" untuk siapapun membuat video menarik yang mempromosikan aksi jaga jarak sosial selama masa lockdown.

Dan benar saja, McFly dan Carlito - yang merupakan tokoh internet terkenal di Prancis memenangkan tantangan tersebut setelah video musik mereka melampaui target - yang saat ini ditonton lebih dari 15 juta kali.

Nggak main-main, Macron pun disuguhi penampilan band grindcore Ultra Vomit di Élysée Palace, setelah McFly & Carlito memenangkan tantangan tersebut.

5. Markas besar Apple (The Beatles)

Panggung terakhir The Beatles pada 30 Januari 1969 dilakukan di tempat unik, yakni sebuah rooftop.

Tapi bukan rooftop studio mereka sendiri, melainkan punya markas Apple. Pertunjukan itu sukses menarik perhatian orang-orang yang lalu lalang yang lewat dan menarik banyak orang.

17 lagu dibawakan oleh John Lennon cs. sampai polisi dateng dan ngebubarin gig tersebut.

6. Pompeii (Pink Floyd)

Band rock Inggris Pink Floyd tampil di amfiteater Romawi kuno yang kosong di Pompeii, Italia pada tahun 1971.

Cuplikan dari pertunjukan tersebut dirilis sebagai film konser yang disutradarai oleh Adrian Maben. Dalam gig ikonik ini, Pink Floyd turut membawakan lagu "Echoes" yang berdurasi 23 menit.

7. Konser dalam gelembung (The Flaming Lips)

CBS

The Flaming Lips manggung di dalem gelembung.

Konser adalah salah satu hal yang dikangenin selama karantina virus corona.

Segala alternatif dan peraturan agar konser tetap berjalan aman udah disusun, tapi mungkin cara The Flaming Lips ini boleh ditiru.

Saat manggung di “The Late Show With Stephen Colbert”, band nyentrik tersebut manggung dengan gelembung plastik yang menutupi mereka.

Bukan cuma bandnya, tapi penontonnya juga pake. (*)

Ada yang pengen bikin konser nyeleneh juga? Jadi musisi dulu aja bos! Pas banget nih, karena HAIbakalan menggelarMusiclash. Di ajang ini, kami mencariband, solo, atau duo muda berbakat.

Biar nggak ketinggalan info lebih lanjut tentang Musiclash Vol. 1 ini, pantengin terus akun media sosial HAI mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, sampai TikTok.Siapa tau beberapa tahun ke depan ada nama kalian kan di deretan nama kayak di artikel ini.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya