HAI-Online.com - Poster penyambutan mahasiswa baru jalur SBMPTN 2021 milik Universitas Indonesia menjadi topik pembicaraan di jagat maya, Selasa (15/6/2021).
Soalnya, nggak kayak poster-poster resmi kampus pada umumnya, poster ini menampilkan sejumlah mahasiswa berjaket kuning dengan latar belakang awan gemawan dan langit biru cerah.
Poster ini pun viral, dengan wargent beropini macem-macem mulai dibilang kayak poster sinetron sampai bahkan ilustrasi kematian.
Baca Juga: Dimas Djay Mau Pendidikan Kita Punya Kurikulum Sampah Biar Anak Muda Makin Sadar Lingkungan
"Ni ngajak ke kampus apa akhirat," sebut akun @duadlmension di Twitter.
"Masuk UI auto masuk surga," timpal akun @alpokatmentega.
"Sekelas UI masa gini designnya," sahut akun @txtdarigajelas.
Walau begitu, sejumlah warganet justru menganggapnya sebagai teknik pemasaran yang cerdas. Gimana nggak? Berkat desain yang nggak lazim ini, UI berhasil jadi topik perbincangan orang-orang.
Hasil riset dan pembahasan panjang
Rupanya desain poster itu memang sengaja dibuat kayak gitu.
Kepala Kantor Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI, Amelita Lusia mengatakan, diunggahnya poster ini sudah melalui perencanaan yang jauh lebih panjang dan matang ketimbang poster-poster terdahulu yang diunggah secara rutin ke kanal media sosial UI.
"Memang sudah kami rencanakan. (Poster) kami kelihatannya tidak serius, tapi kami mengerjakannya dengan serius. Kami bikin ini dengan riset dan rapat yang cukup panjang untuk membahas ini," kata Amelita kepada Kompas.com, Selasa.
Amel mengaku sudah mengetahui reaksi warganet atas poster ini, baik pendapat-pendapat yang pro maupun kontra, termasuk pendapat orang-orang yang berprofesi di bidang desain dan strategi media sosial.
"Apa pun masukan itu kami sangat berterima kasih. Artinya publik memang memperhatikan UI," lanjutnya.
Ia memandang wajar pro-kontra yang timbul akibat unggahan ini.
Ia mengakui, unggahan ini memang out of the box. Bahkan, baru pertama kali UI mengunggah konten semacam ini.
"Selama ini, postingan di medsosnya UI memang sudah ada pakemnya, sudah ada template, style-nya, kemudian style-nya bagi sebagian orang terlalu mainstream. Nah, ketika keluar (dari pakem) seperti ini, jadi ramai," ungkap Amelita.
"Justru, untuk hal yang dianggap bagi sebagian orang tidak serius, kami melakukannya dengan serius, dengan riset," tegasnya.
Baca Juga: Inilah 10 Provinsi yang Siswanya Paling Banyak Diterima Lewat SBMPTN 2021
Sesuai karakter khalayak jagat maya
Dengan kata lain, poster tersebut mungkin desainnya tak lazim, namun ini adalah strategi komunikasi belaka dari UI.
Ada sederet pertimbangan dalam meluncurkan poster dengan desain seperti ini, yang disebut Amelita baru pertama kali dilakukan oleh UI.
Salah satunya, target audience notabene mahasiswa-mahasiswi generasi Z yang terbiasa dengan kultur internet, semisal meme.
"Supaya lebih berkesan bagi mereka, penyambutannya meriah. Jadi memang, apakah direncanakan, iya, memang direncanakan lewat riset. Ini bisa dibedah lebih jauh memang, dari segi komunikasi humas barangkali seperti ini, dari marketing seperti ini," tutur Amelita.
"Ini out of the box, walaupun bagi sebagian orang mengagetkan. Kita mengetes juga, ternyata orang memperhatikan UI. Itu semua di tim kami memang sudah rapat. Mahasiswa sekarang memang berbeda cara mereka mengonsumsi konten," jelas dia.
Wih, terbukti ampuh ya? Jadi pengen kuliah marketing di UI nggak sih, eh~
Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "Garap Poster Out of The Box, UI Panen Perhatian Publik"