Kenalan sama Fitur Lossless Audio dan Dolby Atmos di Apple Music yang Baru Rrilis  

Rabu, 09 Juni 2021 | 18:22
Apple

Fitur Spatial Audio dengan Dolby Atmos pada Apple Music.

HAI-Online.com – Apple Music dudah mengenalkan fitur baru beberapa pekan lalu yaitu Dolby Atmos dengan Spatial Audio dan Lossless Audio.

Dalam Keynote WWDC21, Apple resmi mengumumkan bahwa fitur tersebut akan rilis hari ini.

Mengutip laporan Makemac, fitur Dolby Atmos dengan Spatial Audio dan Lossless Audio kini sudah dapat digunakan oleh para pelanggan Apple Music.

Sesuai catatan di Apple Support, untuk menggunakan fitur inikalian harus sudah update ke iOS 14.6, macOS Big Sur 11.4 atau tvOS 14.6.

Selain itukalian juga harus sudah berlangganan Apple Music dan menggunakan perangkat yang mendukung.

Namun sayangnya fitur ini hanya tersedia eksklusif untuk aksesoris buatan Apple.

Untuk Dolby Atmos, hanya mendukung AirPods dan Beats yang menggunakan H1 dan W1 Chip. Sedangkan Spatial Audio khusus hanya pada perangkat AirPods Pro dan AirPods Max saja.

Baca Juga: 6 Pembaruan pada iOS 15 yang Baru Aja Dirilis lewat Apple WWDC 2021

Apa itu Dolby Atmos dan Lossless Audio?

Dolby Atmos sendiri adalah teknologi untuk menghadirkan pengalaman mendengarkan musik yang lebih impresif, seakan suara musik berputar di sekeliling pengguna.

Sedangkan Lossless Audio adalah musik tanpa kompresi yang memberikan kualitas paling maksimal, semirip mungkin dengan kualitas dari rekaman musik yang dilakukan oleh para musisi.

Pengaturan Lossless Audio dibagi menjadi 2 yaitu Lossless ALAC (up to 24-bit/ 48 kHz) atau High Resolution Lossless ALAC (up to 24-bit/ 192 kHz).

Khusus High Resolution Lossless ALAC, harus menggunakan aksesoris external digital-to-analog converter di Mac atau iPhone.

Ukuran dokumen Lossless Audio juga jauh lebih besar daripada standar High Quality biasa di Apple Music selama ini.

Baca Juga: Daftar Perangkat yang Dapet Update iOS 15, Termasuk iPhone 6s?

Setiap 3 menit musik dengan Lossless ALAC, berukuran sekitar 36MB dan High Resolution Lossless ALAC berukuran sekitar 145MB.

Apple sebelumnya juga sudah menjelaskan bahwa Apple Music Lossless Audio nggak mendukung untuk digunakan pada perangkat Bluetooth atau AirPods.

Hal ini disebabkan oleh transmisi Bluetooth yang nggak mendukung ukuran dokumen dan format kompres sebesar Lossless Audio.

Kalianbisa menikmati konten Apple Music dengan Lossless Audio lewat aksesoris headphone dengan koneksi kabel atau speaker. (*)

Baca Juga: Spotify Luncurkan Fitur Baru Only You, Begini Cara Pakainya!

Artikel ini telah tayang ini tayang di makemac.grid.id dengan judul “Apple Music dengan Dolby Atmos dan Lossless Audio Resmi Rilis!”

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya