6 Pembaruan pada iOS 15 yang Baru Aja Dirilis lewat Apple WWDC 2021

Selasa, 08 Juni 2021 | 16:10
Apple.com

iOS 15 memebawa sejumlah fitur baru.

HAI-Online.com – Apple akhirnya memperkenalkan versi terbaru iOS yang udah ditunggu-tunggu penggunanya, yakni iOS 15 pada hari pertama gelaran Konferensi Developer Seluruh Dunia Apple (WWDC) pada Senin (7/6/2021).

Penerus iOS 14 ini pun membawa sejumlah pembaruan dan fitur baru, mulai dari FaceTime, Messages, Notifikasi hingga Maps.

1. Pembaruan FaceTime

Pembaruan ini memungkinkan pengguna non-iOS gabung dalam sebuah panggilan video FaceTime. Seperti yang udah kita tahu, sebelumnya FaceTime hanya bisa dinikmati oleh sesama pengguna produk Apple.

Pengguna iOS cukup membagikan link yang nantinya bisa diakses oleh pengguna non-iOS.

Baca Juga: Romantisnya Suami Istri Berusia 70-an Rayakan Umur Senja dengan Bersepeda dari Aceh ke Lampung

Apple.com

Pengguna non-iOS kini bisa join FaceTime!

Nah pengguna non-iOS yang udah dapet undangan bisa gabung FaceTime menggunakan browser mereka. Mirip fitur di Zoom, deh!

FaceTime juga dibekali dengan sejumlah fitur lainnya untuk menunjang kegiatan video telekonferensi, di antaranya seperti dukungan spatial audio untuk kualitas suara mumpuni, grid view, hingga portrait mode yang bisa memburamkan latar belakang video.

Ada pula fitur SharePlay yang memungkinkan pengguna mendengarkan atau menonton beragam konten melalui berbagai aplikasi pihak ketiga, seperti Disney+, Hulu, HBO Max, TikTok, NBA, Twitch, dan lain sebagainya langsung dari FaceTime.

Baca Juga: Google Rilis Android 12, Tampil Lebih Fresh dengan 'Material You'

2. Messages

Applejuga memperbarui aplikasi Messages di iOS 15. Pengguna iOS 15 akan lebih mudah berkirim konten ke pengguna lainnya, seperti News hingga Photos melalui fitur Shared Stacks.

3. Notifikasi

Apple.com

Notifikasi jadi lebih rapi lewat fitur Notification Summary.

Sistem notifikasi juga ikut mendapatkan update. Kini, rangkuman notifikasi yang masuk ke ponsel bisa diterima pengguna kapanpun mereka mau.

Terus, apabila fitur Do Not DIsturb (DND) aktif, maka pengguna lainnya akan bisa melihat status di aplikasi Messages bahwa pengguna tersebut tidak ingin diganggu atau sedang sibuk.

Pengguna juga bisa mengubah status "Focus" untuk menyatakan bahwa mereka tengah melakukan sebuah kegiatan, misalnya bekerja, membaca, atau berolahraga. Nantinya, Focus bakal menyesuaikan notifikasi dan tampilan home screen sesuai dengan kegiatan yang sedang dilakukan.

4.Live text

Apple.com

Live Text untuk scan teks lewat foto.

Lewatfitur a la Google Lens ini, pengguna bisa menerjemahkan teks yang ada di dalam bidikan kamera menggunakan teknologi AI.

Aplikasi Photos juga kini bisabikinin kalianvideo highlight melalui fitur memories, mirip pada Google Photos. Selain itu, kalian sekarang juga bisamelakukan pencarian foto lewat Spotlight.

5. Menyimpan kartu identitas

Selain Photos, Apple juga menghadirkan sejumlah fitur baru di aplikasi Wallet.

Kini, aplikasi Wallet bisa digunakan untuk menyimpan kunci rumah, kantor, hingga hotel yang berbasis kartu.

Ada juga fitur Identify cards untuk memindai berbagai kartu identitas yang bisa disimpan di aplikasi Wallet. Apple mengatakan bahwa fitur tersebut bakal hadir tahun ini dan diklaim telah dibekali dengan sistem enkripsi yang aman.

Baca Juga: Apple Music Berikan Royalti Dua Kali Lipat dari Spotify per Streaming

6. Pembaruan Maps dan Weather

Apple.com

Tampilan Apple Maps yang diperbaharui.

Pada update ini, aplikasi Apple Maps juga mendapatkan pembaruan dengan tampilan yang lebih segar dan detail lokasi, bangunan, dan berbagai tempat lainnya yang ikut diperkaya.

Ada pula fitur Nearby Transit yang memungkinkan pengguna iOS 15 bernavigasi dengan mudah menggunakan kendaraan umum.

Sedangkan untuk Aplikasi Weather di iOS 15, kini hadir lebih interaktif.

Tampilan utamanya kini akan mengikuti cuaca pengguna di lokasi di mana mereka berada. Jika hujan, misalnya, maka tampilan akan berubah menjadi gelap dengan ilustrasi hujan.

Selain kelima pembaruan di atas, iOS 15 juga membawa banyak lagi update mulai dari firut security, health, hingga opsi penyimpanan cloud mereka.

Baca Juga: Ini Daftar Daerah dan HP yang Bisa Gunakan Jaringan 5G Telkomsel

Sama seperti iOS 14, berbagai fitur baru di iOS 15 akan tersedia bagi pengguna iPhone 6s ke atas. Versi pratinjau (preview) iOS 15 untuk para pengembang sudah mulai tersedia di situs web developer.apple.com.

Mengutip laman resmi Apple, iOS 15 versi public beta bakal bisa dijajal para pengguna umum mulai bulan depan. Sementara untuk versi stabilnyaakan kemungkinan akan dirilis menjelang akhir tahun ini.(*)

Editor : Al Sobry

Sumber : Apple.com

Baca Lainnya