9 Kampus Terbaik Indonesia Versi ‘THE Asia University Rankings’ 2021

Jumat, 04 Juni 2021 | 13:40
KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi salah satu kampus terbaik berdasarkan pemeringkatan THE World University Rankings 2021.

HAI-Online.com – Times Higher Education (THE) Asia University Rankings 2021 baru-baru ini merilis perguruan tinggi terbaik di tingkat Asia, termasuk Indonesia.

Buat menentukan pemeringkatan ini, THE melihat data dari 551 universitas di 30 wilayah, sebagaimana dilansir dari laman Times Higher Education, Jumat (4/6/2021).

Menariknya, THE World University Rankings merupakan satu-satunya tabel kinerja global yang menilai perguruan tinggi berdasarkan riset intensif pada semua misi para perguruan tinggi.

Hal tersebut tersebut mencakup pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional untuk memberikan perbandingan yang paling komprehensif dan seimbang.

Baca Juga: Inilah 10 Politeknik Terbaik di Indonesia Versi Kemendikbud Ristek

Setidaknya ada 13 indikator kinerja yang digunakan THE Asia University Rankings 2021.

Semua indikator itu sama yang digunakan THE World University Rankings, dipercaya oleh mahasiswa, akademisi, pemimpin universitas, industri, dan pemerintah.

Sementara indikator penilaian THE Asia University Rangkings 2021 dikelompokkan menjadi lima bidang, yaitu teaching, research, citations, international outlook, dan industry income.

Dari hasil pemeringkatan yang dilakukan THE Asia University Rangkings 2021, ada 9 nama perguruan tinggi terbaik di Indonesia, salah satunya dari swasta.

Buat kalian yang penasaran mana aja, simak nih daftar lengkapnya.

Baca Juga: Mau Kuliah D3 Gratis? Ada Beasiswa Penuh dari LNG Academy Nih!

  1. Universitas Indonesia (UI).
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB).
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM).
  4. Institut Pertanian Bogor (IPB).
  5. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).
  6. Universitas Brawijaya (UB).
  7. Universitas Diponegoro (Undip).
  8. Universitas Padjajaran (Unpad).
  9. Telkom University.
Nah, jadi itulah 9 perguruan tinggi terbaik Indonesia versi THE Asia University Rankings 2021. Ada salah satu yang jadi kampus inceran kalian, atau malah lagi kuliah di salah satu di atas? (*)

Baca Juga: 6 Kampus Indonesia dengan Lulusan Siap Kerja Terbaik Tahun 2020

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya