Menumpuk Masker Medis itu Sesat, Begini Cara Memakai Masker Dobel yang Betul!

Minggu, 30 Mei 2021 | 19:25

Menumpuk Masker secara komvinasi, masker Medis lalu kain itu baru betul.

HAI-Online.com- Pemakaian masker masih menjadi usaha nomor satu dalam menangkal penyebaran Covid-19.
Mencegah lonjakan kasus positif corona pascalebaran, penggunaan masker dan protokol kesehatan terus diperketat.
Sebagian orang malah mulai memakai masker secara dobel meski penggunaannya tidak didukung pengetahuan yang benar soal itu. Salah satunya adalah merangkap masker medis, padahal langkah itu tidak tepat dan malahmengganggu fungsi masker sebenarnya
Baca Juga: Survei: Bali Provinsi Terdisiplin Pake Masker, Aceh Paling 'Bandel'
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito meluruskan, masker medis sebaiknya tidak digunakan secara ganda.

Pasalnya, menggunakan masker medis secara dobel malah tidak bisa meningkatkan kemampuan penyaringan. Terutama, jika mulut dan hidung tetap tidak tertutup dengan baik.

Namun jika ada yang mau memakai masker dobel dan meningkatkan kemampuan filtrasi virus pada dua makser yang digunakan bersama, penanggung Jawab Klinik Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antaradr. Maria Ulfa menyarankan kombinasi masker kain dan medis.

Dalam persentase, ada efektivitas masker yang meningkat bahkan jika pengguna memakainya secara tunggal.

Menurut dr. Maria, jika seseorang memakai satu masker medis dengan cara diikat ujung karet pengaitnya sebelum menempel ke telinga, efektivitas makser akan meningkat menjadi 77 persen.

Baca Juga: Hidup Mahasiswa Jadi Tenang Kalo Uang Kiriman Ortu Diatur Pake Cara Jitu Ini!
"Nah kalo dobel (masker medis dulu) dengan masker kain efektivitasnya meningkat jadi 85,4 persen," kata Maria dalam acara virtual Ranger Talk: "Mewaspadai Lonjakan Kasus Positif Covid-19 Pascalebaran" di Jakarta, Sabtu (29/5/2021) kemarin.Pernyataan dr. Maria juga didukung dasarpenelitian yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC), pemakaian masker ganda dengan cara masker kain di atas masker medis, secara substansial dapat mengurangi paparan Covid-19 terhadap pemakai masker.
Maria mengatakan perlu untukupgradepenggunaan masker dengan cara memakai terlebih dahulu masker medis, kemudian melapisinya dengan pemakaian masker kain di luar.
"Di bagian dalam masker bedah, dan di bagian luarnya masker bahan," tuturnya.
Menurut dia, perlu diperhatikan bahwa tidak diperbolehkan untuk memakai dua masker bedah bersamaan, yakni di bagian luar dan dalam, dan juga tidak diperkenankan memakai masker kain ganda. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya