Diajukan Jadi Warisan Budaya UNESCO, Tempe Bakal Go International

Kamis, 27 Mei 2021 | 12:30
Kompas.com

Tempe diajukan menjadi warisan budaya UNESCO.

HAI-Online.com – Salah satu makanan khas Indonesia, tempe bakalan go international, nih! Pasalnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengumumkan akan mendaftarkan tempe sebagai warisan kuliner budaya dunia UNESCO.

Sandiaga dalam Weekly Briefing Kemenparekraf di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (24/5/2021) menyebutkan upaya mengajukan tempe ke UNESCO bakal dilakukan di penghujung semester kedua 2021.

"Kami mendukung tempe dari ukuran saset sampai sebesar bata bisa ditetapkan sebagai warisan budaya dunia yang membutuhkan tahapan-tahapan," jelas Sandiaga.

Baca Juga: Murah, Bergizi Pula! Ini 5 Manfaat Tempe Kalo Dikonsumsi Tiap Hari

Ia berharap dengan predikat UNESCO, bisa meningkatkan pengembangan produk olahan tempe sebagai salah satu produk ekonomi kreatif kebanggan bangsa.

"Ingat tempe, ingat Indonesia, sehingga pariwisata Indonesia juga bisa terbawa," kata dia.

Sandiaga mengatakan Kemenparekraf belajar dari rendang, makanan Indonesia yang berkali-kali mendapat predikat sebagai makanan terenak di dunia versi CNN Internasional.

Hasilnya, rendang pun menjadi ikon dari makanan Indonesia di dunia internasional.

Karenanya, Kemenparekraf berencana akan memboyong tempe dalam kegiatan roadshow dalam promosi kuliner dan pariwisata internasional.

Kemenparekraf juga akan mengajak pengrajin dan pengusaha tempe, institusi pendidikan, peneliti, dan teknologi digital untuk memasarkan tempe.

Baca Juga: Jangan Nekat Kasih Makan Tempe ke Kucing! Bisa Picu Hipertiroid

"Tempe ini sudah menjadi makanan yang sangat dekat dengan kita," tutur Sandiaga.

Selain tempe, Kemenparekraf juga mempersiapkan dangdut untuk masuk warisan budaya tak benda UNESCO mewakili subsektor musik dalam ekonomi kreatif. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kabar Gembira, Tempe Diajukan Jadi Warisan Budaya UNESCO"

https://www.kompas.com/food/read/2021/05/24/185716675/kabar-gembira-tempe-diajukan-jadi-warisan-budaya-unesco

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya