Bikin Kangen dan Menggoda, Ini 10 Makanan Khas Saat Lebaran di Rumah

Kamis, 13 Mei 2021 | 10:00
Pixabay

Ketupat

HAI-Online.com - Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri merupakan hari raya bagi umat Islam. Seperti biasa ketika lebaran sehabis shalat Ied, tentu kita melakukan kegiatan lainnya seperti maaf-maafan antar keluarga maupun tetangga.

Baca Juga: Selama Ramadan, 3 Produk Ini Paling Laris Dibeli Smart Shopper Online

Nah, biasanya ada juga yang langsung makan dulu nih karena sudah nggak sabaran menyantap makanan khas yang telah dibikin.

Tentu makanan-makanan itu bisa dibilang sebagai makanan wajib dan dikangenin saat lebaran, seperti beberapa makanan di bawah ini.

Ketupat

Pixabay

Ketupat

Ketupat menjadi makanan khas lebaran yang paling sering ditemui. Makanan yang terbuat dari beras ini disediakan biasanya sebagai pengganti nasi. Selain itu, ketupat juga biasanya dimakan bersama dengan lauk lainnya seperti opor, semur maupun rendang.

Tentu bagi sebagian orang proses membuatnya juga yang paling dikangenin yaitu dengan memasukkan beras ke dalam lubang kecil. Pokoknya kalau ada ketupat banyak baik yang dijual di luar atau yang dibikin sendiri, kita bakal ngerasain yang namanya suasana Lebaran.

Rendang

Pixabay

Rendang

Rendang juga bisa dibilang sebagai makanan khas lebaran. Makanan kaya rempah yang terbuat dari daging sapi dan sudah dikenal dimana-mana ini menjadi makanan yang dikangenin saat lebaran.

Sudah pasti ketika sekali melahap makanan yang satu ini, bawaannya mau nambah terus.

Memang cocok sih ada saat lebaran, setelah berkeliling maaf-maafan langsung diisi tenaganya dengan rendang yang ditambah nasi.

Baca Juga: Tempat Wisata di Jakarta Tetap Buka Pas Libur Lebaran tapi Harus Reservasi

Opor Ayam

pixabay

Opor ayam

Biasanya nih bagi kebanyakan orang makan opor ayam tanpa nasi atau ketupat kurang afdol. Untuk itu, makanan ini menjadi teman sejati bagi ketupat dan nasi. Opor ayam dibuat dengan daging ayam yang di rebus dalam kuah santan dengan tambahan bumbu opor. Tentunya opor ayam jadi salah satu makanan yang dikangenin juga untuk disantap saat lebaran.

Baca Juga: Wih, Cowok Filipina Ini Ngoleksi 20.000 Mainan dari Resto Cepat Saji

Sambal Goreng Kentang

Sajian Sedap

Sambal Kentang

Nah, Sambal Goreng Kentang juga termasuk makanan yang sering dijumpai saat lebaran.

Biasanya kentang yang digoreng dadu ini akan dicampur juga dengan ati lalu dipadukan dengan bumbu sambal.

Tapi balik lagi sih sesuai selera keluarga biasanya mau pakai ati atau nggak, bahkan ada juga yang pakai petai.

Nah, yang pastinya makanan ini sering juga dijumpai di warung makan atau restoran.

Sayur Labu Siam

Sajian Sedap

Sayur Labu

Sayur labu siam merupakan makanan yang dibuat dari labu siam yang dimasak dengan tambahan bumbu. Sama seperti sambal goreng kentang, makanan ini juga sering banget dijumpai di warteg atau restoran. Sayur labu siam saat lebaran tentu juga sangat dikangenin keberadaannya.

Nastar

pixabay

Nastar

Kue yang satu ini tentu sudah nggak asing lagi dan bisa dibilang nastar ini pokoknya harus ada saat lebaran.

Nastar merupakan kue berbentuk bulat yang kebanyakan isinya terbuat dari nanas. Tetapi, ada juga kok yang isi dalamnya stroberi atau cokelat, tergantung sih ini disesuaikan selera.

Nah, nastar ini biasanya juga dijual dalam bentuk toples dan biasanya juga sebagai bingkisan lebaran. Sudah pasti saat lebaran, makanan ini paling dikangenin dan biasanya juga terletak di meja ruang tamu.

Kastengel

Kompas.com
Kompas.com

Kastengel

Sama seperti nastar, kastengel ini juga sering dijumpai saat Lebaran. Kastengel merupakan kue kering yang dibuat dari bahan tepung terigu, telur, margarin, dan keju. Kue ini berbentuk persegi panjang dan biasanya bagian atasnya ditaburi parutan keju.

Baca Juga: Unik! Brand Mainan Anak Luncurkan Smart Sajadah, Ini Beragam Fitur-nya

Putri Salju

Putri Salju

Putri sajlu juga menjadi salah satu kue yang wajib ada saat lebaran. Kue kering ini berbentuk bulan sabit dan diberi taburan gula halus. Ketika disantap, kue ini memiliki rasa gurih dan manis, pokoknya enak deh. Putri salju juga biasanya dijual dalam bentuk toples dan juga digunakan sebagai bingkisan lebaran.

Kacang Goreng

Pixabay

Ilustrasi kacang bawang

Kacang goreng juga jadi salah satu makanan khas Lebaran. Biasanya diletakkan dalam toples dan ada di atas meja ruang tamu. Biasanya kacang goreng juga ada bawang gorengnya yang bikin gurih dan tambah mantap ketika dimakan. Pokoknya kehadiran kacang goreng ini juga sangat dirindukan saat lebaran.

Astor

mixerroti.id

Stik astor

Nah, tentu bagi anak 90-an atau 2000-an awal astor menjadi makanan paling favorit saat Lebaran dan paling dicari. Makanan berbentuk stik ini biasanya terisi krim cokelat, tapi ada juga kok yang isinya stroberi, vanila dan lainnya. Namun, kehadiran astor kini biasanya dapat digantikan dengan wafer panjang atau cemilan cokelat lainnya.

Demikian tadi 10 makanan yang dikangenin saat lebaran. Tentu selain 10 makanan itu, masih banyak makanan lainnya yang pastinya nggak kalah dirindukan, misalnya seperti cokelat roka, semur, atau kurma.

Nah, kalau kalian gimana nih? 10 makanan tadi masuk ke daftar wajib yang mesti ada saat lebaran atau nggak nih? Atau ada makanan lainnya?

Baca Juga: Pendiri Vans, Paul Van Doren Meninggal Dunia di Usia 90 Tahun

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya