Komposer Musik ‘Dragon Ball’ Shunsuke Kikuchi Meninggal di Usia 89 

Sabtu, 01 Mei 2021 | 09:25
Overlook Events/Twitter

Komposer anime Shunsuke Kikuchi meninggal dunia di usia 89 tahun.

HAI-Online.com – Shunsuke Kikuchi, komposer untuk sejumlah serial anime populer—salah satunya ‘Dragon Ball’ meninggal dunia pada hari Sabtu (24/4/2021) lalu di fasilitas medis di Tokyo di usia 89 tahun, sebagaimana dilaporkan Oricon News.

Dikabarkan, sebelumnya Kikuchi tengah menjalani perawatan medis untuk pneumonia aspirasional.

Kikuchi sendiri memulai karir menulisnya pada tahun 1960-an, dan film pertama yang dia garap adalah ‘The Eighth Enemy’ (1961).

Dia terus membuat musik dan lagu tema untuk beberapa serial anime dan drama TV yang berjalan hingga tahun 2010-an.

Baca Juga: Sutradara Naruto dan BECK Osamu Kobayashi Meninggal Dunia, Sempat Ungkapkan Masih Ingin Terus Berkarya

Menurut Variety, ia diketahui terlibat dalam komposisi musik untuk anime ‘Dragon Ball’ (1986) produksi Toei Animation (1986) yang membuatnya dikenal seluruh dunia. termasuk sekuel ‘Dragon Ball Z’ (1989).

Di samping anime Dragon Ball, nama Kikuchi pun masuk dalam kredit komposisi lainnya termasuk ‘The Unfettered Shogun’ (Abarengō Shōgun), ‘Doraemon’, ‘Masked Rider’ (Kamen Rider), ‘Tiger Mask’, ‘Gaiking’, ‘Tōshō Daimos’, ‘Dr . Slump’ dan puluhan lainnya.

Kikuchi akhirnya memutuskan pensiun pada 2017 karena sakit.

Overlook Events, sebuah perusahaan produksi yang menyelenggarakan konser yang menampilkan musik "Dragon Ball" dan komposer seperti John Williams dan Ennio Morricone, memberikan penghormatan kepada Kikuchi di Twitter.

“Pekerjaan dan konser kami didedikasikan untuknya sejak awal,” tulis perusahaan itu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Anime Seru yang Wajib Ditonton Versi Fatin Shidqia

Semasa hidupnya, Kikuchi sempat mendapat nominasi untuk Japan Academy Award atas karya musiknya pada tahun 1983, ‘The Gate of Youth’ dan ‘To Trap a Kidnapper’.

Selain itu, ia juga menerima penghargaan prestasi di Tokyo Anime Awards pada 2013 dan Japan Record Award seumur hidup untuk dedikasi luar biasanya pada 2015. (*)

Baca Juga: Attack On Titan Umumkan Season Finale Part 2 yang Bakal Rilis 2022

Editor : Al Sobry

Sumber : Variety

Baca Lainnya