Ini Solusi NIK atau KK Bermasalah saat Daftar Sekolah Kedinasan

Rabu, 14 April 2021 | 14:00
Menpan.go.id

8 Sekolah Kedinasan Dibuka April 2021, Cek Alur Pendaftarannya

HAI-Online.com – Pendaftaran sekolah kedinasanudah dibuka pada 9 April lalu hingga 30 April mendatang. Sebanyak 29 sekolah kedinasan dari delapan instansi akan menerima sebanyak 6.464 calon siswa/siswi/taruna/taruni.

"Sebanyak 6.464 alokasi siswa hasil persetujuan prinsip disediakan bagi calon pegawai negeri sipil jalur sekolah kedinasan tahun 2021," ungkap Menpan RB Tjahjo Kumolo dilansir dari laman Kemenpan RB.

Buat kalian yang berminat mendaftar ke sekolah kedinasan, beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan calon pelamar adalah:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Kartu Keluarga, ijazah/Surat Keterangan Lulus,
  3. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan sekolah kedinasan yang dilamar.
Baca Juga: Sekolah Kedinasan Kemenhub Buka 3.200 Formasi, Ini Syarat dan Informasinya

Sebelum melakukan pendaftaran ke sekolah kedinasan yang dituju, calon pelamar diwajibkan untuk membuat akun SSCASN DIKDIN di situs dikdin.bkn.go.id.

Saat membuat akun, calon pelamar akan diminta untuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Namun demikian, dalam proses persiapan data-data ini, ternyata banyak peserta yang merasa kebingungan karena ada kendala berupa ketidaksesuaian data antara NIK dan KK.

“NIK atau KK calon pelamar kerap kali nggak terdeteksi karena NIK atau KK nggak terdaftar,” ujar Plt. Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Teguh Widjinarko dilansir dari laman resmi kemenpan RB.

Teguh mengingatkan calon pelamar agar NIK atau nomor KK nggak menjadi hambatan saat akan mulai mendaftar sekolah kedinasan.

Oleh karena itu, apabila terdapat ketidaksesuaian data antara NIK dan Nomor KK/NIK Kepala Keluarga, calon pelamar dapat mengajukan perbaikan data ke Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat sesuai alamat KTP dan Disdukcapil Pusat untuk melakukan perbaikan data sesuai dengan dokumen resmi yang dimiliki.

Baca Juga: Ingin Daftar Sekolah Kedinasan? Jangan Lupa Siapkan 4 Dokumen Wajib Ini

Data kependudukan harus dipastikan sudah tersinkronisasi dengan server Dukcapil Pusat. Calon pelamar dapat menghubungi Direktorat Jenderal Dukcapil Pusat melalui email callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id.

“Kendala NIK dan KK yang belum terdaftar atau pertanyaan terkait juga bisa disampaikan melalui Layanan Helpdesk Ditjen Dukcapil di nomor telepon 1500537 atau melalui WhatsApp di nomor 08118005373,”jelas Teguh.

Jadwal penting pendaftaran sekolah kedinasan 2021

  • Pembuatan akun dan pendaftaran: 9-30 April 2021.
  • Dibuka serentak pada 9 April 2021 pukul 09.21 WIB.
  • Verifikasi administrasi dan pengumuman hasil: 10 April-Mei 2021.
  • CAT SKD: Minggu keempat Mei-akhir Juni 2021.
Seleksi lanjutan yang jadwalnya akan diinformasikan kemudian. Seleksi sekolah kedinasan diselenggarakan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Jadwal kegiatan seleksi sekolah kedinasan akan disesuaikan apabila terdapat perubahan kebijakan pemerintah terkait status pandemi Covid-19 sehingga nggak memungkinkan melaksanakan kegiatan tersebut. (*)

Baca Juga: 8 Sekolah Kedinasan Bakal Dibuka April 2021, Cek Alur Pendaftarannya

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya