Kerap Dianggap Jahat, Justru Plankton di Laut Ini Penyumbang Oksigen Terbesar di Bumi

Minggu, 11 April 2021 | 15:02
Spongebob

Kerap Dianggap Jahat, Justru Plankton di Laut Ini Penyumbang Oksigen Terbesar di Bumi

HAI-Online.com- Selama ini kita percaya, pohon adalah salah satu penyumbang oksigen, dan itu benar. Akan tetapi sumbangannya itu sebesar 20 persen untuk bumi.

Lantas siapa yang menyuplai omsigen paling besar ke bumi, jawaban yang tepat bukanlah pohon, melainkan plankton.
Yap,makhluk kecil inilah yang menjadi penyumbang oksigen bagi kita yang bernafas normal_tanpa bantuan tabung dll ya.
Baca Juga: Mengakhiri Pacaran dengan Cara Ghosting, Psikolog Bilang Itu Kurang Ajar!
Meski di film Spongebob Squarepant tokoh Plankton diganbarkan jahat karena berupaya mencuri resep rahasia kraby patty, dalam dunia nyata,hewan kecil yang ada di lautan itu justru makhluk paling baik.
Plankton, selain biasanya menjadi makanan ikan besar seperti paus, ikan sedang, batu karang, dan hewan laut besar lainnya, ia yang tidak kasat mata itu berkontribusi pada planet kita ini.

Chris Bowler, seorang koordinator ilmiah Tara Oceans, mengatakan para peneliti menemukan bahwa plankton menghasulka oksigen yang berlimpah dalam setiap gerakny.
"Makhluk-makhluk itu menghasilkan oksigen yang kita hirup, membuang karbon dioksida dari atmosfer dan secara umum mempertahankan kondisi Bumi agar layak ditinggali manusia," ujarnya.

Bowler mengatakan hampir setengah dari oksigen yang kita hirup berasal dari diatom, atau ganggang mini (salah satu wujud plankton) yang berfotosintesis menempati lapisan semua perairan yang mendapat cahaya matahari.

Jadi, wujud plankton bukan hanya hewan, tapi juga ganggang dan bakteri yang tidak bisa dilihat tanpa bantuan mikroskop.

Nah, yang melakukan fotosintesis ini adalah ganggang-ganggang mini tadi. Jumlahnya sangatlah banyak, jika rantau makanan di lautvtidak hancur olehanusia. Karena itu, diperkirakan mereka menyumbang 80 persen oksigen untuk Bumi.

Baca Juga: Muncul Foto Aneh Kapal Melayang di Lepas Pantai, Ini Penjelasan Ilmiahnya

"Jadi pada dasarnya hal itu berarti bahwa setiap tarikan nafas ke lima, Kamu bakal menghirup oksigen yang dapat secara langsung dilacak kembali ke diatom," ujarnya.

"Jadi mereka itu sama pentingnya dengan hutan tropis dalam hal kontribusi global," tambahnya.

Direktur eksekutif ekspedisi, Romain Troublé mengatakan, penelitian tersebut jelas menunjukkan bahwa lautan adalah mesin iklim Bumi.

"Kita percaya bahwa lautan juga merupakan pendorong utama perubahan iklim, pengelola utama dalam penyimpanan karbon dioksida dan panas. Dan mesin ini bekerja karena laut ada dalam kondisi kesehatan yang baik," beber Romain.

Yuk, jagain kaut jangan dirusak dengan sampah atau eksploitasi yang berlebihan. Kalo.lautnya kosong, plankton mati semua, kita pun bakal menyusul, guys. Nggak mau kan cepet-cepet dikebumikan, makanya jagain sama-sama ya. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya