5 Rekomendasi Film Bertema Timur Tengah yang Pernah Masuk Nominasi Oscar

Kamis, 01 April 2021 | 17:00
Youtube/ Sony Pictures Classics

5 Rekomendasi Film Bertema Timur Tengah yang Pernah Masuk Nominasi Oscar

HAI-Online.com - Bagi kalian pencinta film, selain film Hollywood boleh dicoba nih 5 rekomendasi film bertema Timur Tengah yang nggak kalah seru dan menarik untuk ditonton. Bahkan, sebagian film juga pernah mendapatkan penghargaan di ajang piala Oscar.

Baca Juga: Trailer Film Saw Terbaru 'Spiral: From the Book of Saw' Rilis, Dibintangi Samuel L. Jackson dan Chris Rock

Langsung aja cek nih, 5 rekomendasi film dari HAI bertema Timur Tengah yang pernah masuk nominasi ajang Oscar Awards.

1. The Salesman (2016)

Youtube/ Amazon Studios

The Salesman (2016)

The Salesman merupakan film asal Iran yang menceritakan tentang Emad (Shahab Hosseini) dan istrinya Rana (Taraneh Alidoosti) yang baru saja pindah ke apartemen baru atas rekomendasi Babak yang merupakan rekan sesama pemain teater. Mereka bersama mementaskan pertunjukan drama di teater berjudul “Death of a Salesman” karya Arthur Miller.

Namun, Rana dan Emad tidak diberitahu secara jelas mengenai perempuan yang sebelumnya tinggal di apartemen tersebut. Konflik mulai terjadi ketika seorang pria tak sengaja masuk ke apartemen mereka dan mendapati Rana sendirian di kamar mandi dan ada orang asing yang masuk ke dalam rumahnya.

Saat kejadian itulah Rana mengalami trauma. Melihat hal yang dialami oleh istrinya, Emad pun menggunakan segala cara untuk menemukan siapa orang yang telah menyelinap ke dalam apartemennya.

Jalan cerita yang menarik dan tak biasa membuat film ini berhasil memenangi kategori film asing terbaik Oscar 2017. Namun, di event penghargaan Oscar, sang sutradara Asghar Farhadi tak hadir.

Ketidakhadiran Farhadi merupakan bentuk protes nyata dari kebijakan Donald Trump saat itu yang melarang para imigran muslim dari negara Timur Tengah termasuk Iran untuk datang ke Amerika. Hal itu juga menjadi kecaman di pagelaran Oscar saat itu, kecaman terhadap kebijakan Trump salah satunya datang dari aktris ternama Meryl Streep.

2. Capernaum (2018)

Youtube/ Sony Pictures Classics

Capernaum (2018)

Film yang berasal dari Lebanon, mengambil latar belakang kehidupan masyarakat disana. Film ini menceritakan tentang Zain seorang anak berumur 12 tahun yang terancam dipenjara dengan hukuman 5 tahun karena melakukan tindak kriminal percobaan pembunuhan karena rasa pedulinya terhadap adiknya yaitu Sahar.

Zain juga menuntut orang tuanya karena telah mengabaikan hidupnya dan nggak mengurusinya. Sejak kejadian itu, dia kabur dari rumah dan bertemu dengan seorang imigran Ethiopia bernama Rahile. Zain pun tinggal bersama Rahile untuk sementara dan anaknya dititipkan kepadanya. Namun, suatu ketika Rahile tak kunjung pulang ke rumah, anaknya Yones pun harus ditinggalkan bersama Zain.

Film yang begitu menarik, disutradai oleh Nadine Labaki, film ini menggambarkan masalah yang banyak terjadi saat ini yaitu tentang imigran, kemiskinan, perang, kekerasan orang tua, penjualan manusia, pernikahan di bawah umur, hubungan gelap, hingga masalah ekonomi.

Wajar jika Capernaum menjadi nominator dalam kategori film asing terbaik Oscar 2019 dan berhasil memikat para juri di festival film Cannes. Selain itu, film ini juga berhasil menjadi film favorit penonton di festival film Miami, Saravejo, Melbourne, Norwegia, St, Louis, dan Mill Valley. Film yang cocok buat kalian tonton.

Baca Juga: 5 Film Indonesia Tahun 2000-an yang Bikin Nostalgia, Setuju Nggak Nih?

3. Incendies (2010)

Youtube/ Sony Pictures Classics

Incendies (2010)

Film karya Dennis Villeneuve ini mengisahkan kembar bersaudara Jeanne Marwan (Melissa Desormeaux) dan Simon Marwan (Maxim Gaudette) harus berpergian ke Timur Tengah untuk menemukan saudara dan ayah kandung mereka yang belum pernah mereka temui sama sekali.

Hal ini juga merupakan wasiat mendiang sang ibu Nawal Marwan (Lubna Azabal) yang mengharuskan mereka menemukan saudara dan ayah kandungnya. Film yang membuat kalian terheran-heran dan tercengang saat menontonnya.

Film ini berhasil masuk nominasi dalam kategori film asing terbaik Oscar 2011. Bergenre drama, mystery dan war menjadi film yang luar biasa dengan jalan cerita yang tak bisa ditebak. Wajar jika masuk dalam IMDb top 250 dan mendapat banyak pujian dari para kritikus film.

4. A Separation (2011)

Youtube/ Sony Pictures Classics

A Separation (2011)

Film asal Iran yang menceritakan tentang Simin (Leila Hatami) yang mengalami konflik dalam rumah tangga dengan suaminya Nader (Payman Maadi). Simin menganggap bahwa Nader hanya peduli dengan ayahnya yang mengidap penyakit Alzheimer. Tak sampai disitu, mereka pun masing-masing harus memperjuangkan hak asuh anak.

Rumah tangga mereka semakin rumit ketika harus berurusan dengan masalah yang berkaitan dengan pembantu rumah tangga mereka yang diduga melakukan kesalahan saat itu.

Bisa dibilang jika ini merupakan Marriage Story versi Iran, baik akting dari pada pemainnya dan jalan cerita yang menarik serta tak biasa, membuat penontonnya akan fokus mengikuti keseluruhan cerita. Wajar jika karya dari sutradara Asghar Farhadi ini meraih satu piala Oscar kategori film asing terbaik 2012.

Baca Juga: Kembali Main Film Action, Post Malone Baku Tembak dengan Jason Statham

5. Children of Heaven (1997)

Youtube/ Firouzan Films

Children of Heaven (1997)

Film Children of Heaven sudah nggak asing lagi bagi para pecinta film. Menceritakan tentang Ali (Amir Farrokh Hashemian) yang berasal dari keluarga miskin, suatu ketika nggak sengaja menghilangkan sepatu adiknya yaitu Zahra (Behare Seddiqi). Kemudian, Ali mencoba untuk menemukan sepatu Zahra, dilain sisi ia juga harus bergantian sepatu dengan Zahra untuk bersekolah.

Sampai pada akhirnya ia mencoba mencari cara untuk mendapatkan sepatu baru bagi adiknya dengan mengikuti lomba lari. Jalan cerita yang menarik dan kisah yang begitu menyentuh membuat film ini sangat spesial. Wajar jika berhasil masuk dalam nominasi film asing terbaik Oscar 1999.

Demikianlah 5 rekomendasi film dari HAI bertema Timur Tengah yang tiap filmnya memiliki jalan cerita yang berbeda dan menarik. Tentunya film di atas nggak kalah seru dari film Hollywood dan patut ditonton. Nantikan rekomendasi film lainnya dari HAI ya.

Baca Juga: Ini Deretan Nama Pemain Money Heist Versi Korea-Drama

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya