Skill Dewa Kipas Dinilai Rendah Saat Lawan GM Irene Sukandar Dibanding di Chess.com

Kamis, 25 Maret 2021 | 12:10
Youtube/Deddy Corbuzier

Skill Dewa Kipas Dinilai Rendah Saat Lawan GM Irene Sukandar Dibanding di Chess.com

HAI-Online.com - Pertandingan catur persahabatan Dewa Kipas lawan Grand Master (GM) Irene Sukandar memecahkan rekor lebih dari satu juta viewers.

Pertandingan ini digelar buntut dari kasus Dewa Kipas yang dituduh melakukan kecurangan di Chess.com pada awal Maret lalu saat melawan GothamChess atau Levy Rozman.

Baca Juga: Kemarin Kalah, Kali Ini Dewa Kipas Menang Lawan Dewa United Esports

Pertandingan Dewa Kipas lawan GM Irene Sukandar diselenggarakan oleh Deddy Corbuzier melalui channel YouTubenya, Senin (22/3/2021) sore, pukul 15.00 WIB.

Pertandingan tersebut dikomentari oleh GM Susanto Megaranto dan WIM Chelsie Monica dengan durasi satu jam 21 menit.

Pada pertandingan melawan GM Irene Sukandar, Dadang Subur alias Dewa Kipas nggak bisa mengulang permainan level tinggi seperti yang ia tunjukkan saat bermain online. Dia kalah telak 3-0 dari Sukandar dan membuat kesalahan yang cukup mendasar menurut Chess.com.

Melansir Chess.com, diperkirakan catatan kinerjanya dalam tiga permainan pertandingan ini berada pada Elo 1127. Sedangkan, peringkat kinerja saat online melebihi 3000 Elo, yang merupakan kinerja tertinggi yang dihitung sistem Fair Play Chess.com untuk permainan yang dimainkan oleh manusia. Elo adalah suatu metode untuk menghitung tingkat keterampilan (skill) relatif pemain pada permainan.

Meskipun penampilannya buruk, Dadang Subur berhasil mendapatkan sekitar $ 7.000 atau senilai Rp100 juta, sementara GM Irene Sukandar mendapat sekitar $ 14.000 atau senilai Rp200 juta.

Baca Juga: GothamChess Ungkapkan Bakal 'Baikan' Lagi sama Netizen Indonesia

Pertandingan tersebut nggak hanya diusulkan banyak warganet, tapi juga Federasi Catur Indonesia dan Sekjen Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Berikut ini tangkapan layar langkah akhir masing-masing pemain dalam pertandingan 3 game antara Dadang Subur melawan GM Irene Sukandar.

Game 1

Chess.com

Game 1, Dewa Kipas Lawan GM Irene Sukandar

Game 2

Chess.com

Game 2, Dewa Kipas Lawan GM Irene Sukandar

Game 3

Chess.com

Game 3, Dewa Kipas Lawan GM Irene Sukandar

Jika ingin mengetahui langkah kedua pemain, dan analisis dari Chess.com, bisa kunjungi disini.

Pertandingan Dewa Kipas lawan GM Irene Sukandar telah berakhir, berharap masyarakat Indonesia nggak melakukan hate speech kepada Dadang maupun Irene. Seperti kata Deddy Corbuzier, pertandingan persahabatan Dewa Kipas lawan GM Irene Sukandar ini semua dilakukan untuk catur Indonesia.

Baca Juga: Dewa Kipas Kalah Lawan GM Irene Sukandar, GothamChess: Nggak Jujur Kok Dibilang Berani

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya