1. Tidak MemakaiSendal Hotelke Luar Kamar
Banyak orang ketika menginapdi hotel lupa membawa sendalnya sendiri dalam tas packingnya. Karena memakai sepatu terlalu melelahkan, simpelnya saatmau beraktivitas di sekitar hotelbahkan keluar jauhan dikit, biasanya kitamenggunakan sandal kamar.
Tahukah kamu, ternyata ada aturan tidak tertulis bahwa menggunakan sandal hotelke luar kamar itu dianggap tidak sopan, lho apalagi jika sedang di luar negeri.
Pasalnya, sandal hoteldirancang tipis dengan bahan lembut yang cocoknya dipake untuk lantai karpet atau menghalau dingin ubin di kamar, bukan untuk beraktivitas.
Walau bule di Bali kerap juga melakukan ketidaksopanan yang sama, sebaiknya jangan dicontoh, gunakanlah sandal atau sepatu milik kamu sendiri kalo mau ke luar kamar.
2. Bersikap Sopan ke Staf Hotel
Staf hotel khususnya bagianfront desk, conciergeatau juga penerima tamu, biasanyapaling banyak menemui beragam tamu.
Bersikaplah profesional dan tetap ramah kepada staf hotel, seletih apapun Kamu ketika sampai dan haruscheck inke hotel.
Tajukah kamu, bocoran dari seorang staffrontdeskdari Boston University’s School of Hospitality Administration bilang, "Semakin ramah tamu, semakin banyak keuntungan yang bakal mereka dapatkan." Cuma kita yang cuek apalagi jutek nggak tahu aja!
3.Tahu Barang yang Boleh Dibawa Pulang
Ketahui barang-barang di hotel yang boleh dibawa pulang seperti sandal, sampo, sabun, dan sikat gigi.
HAI pernah membahasnya di artikel : 8 Barang Gratis Di Hotel yang Sebenarnya Bisa Kamu Bawa Pulang
Dengan tahu mana saja barang yang boleh dibawa pulang dan mana yany tidak, kamu bakal dianggap tamu kehormatan dan tergindar dari ganti rugi atau denda jika ketahuan "mengutil" yang bukan miliknya.
4. Tak Menyebut Nomor Kamar
Saat selesai check in suka perhatikan nggak resepsionis menyebut nomor kamar dengan suara lembut.
Nah, saat sudah tahu nomor kamar, sebaiknya informasi ini disimpan sendiri atau hanya bersama teman sekamar. Jangan pernah menyebut nomor kamar di restoran atau di lobby tamu.
Hal ini agar tidak mengundang orang yang ingin berbuat di luar pengetahuan kita.
5. Tidak Membawa Makanan Berbau
Hotel punya peraturan melarang tamu untuk membawa makanan berbau, contohnya durian.
Taati peraturan ini karena selain Kamu bisa dapat terkena denda, bau makanan tersebut juga sangar bisa menggangu kenyamanan tamu lain.
6. Menjaga Fasilitas Hotel dari Masuk sampai Check Out
Sejatinya karena telah membayar jasa hotel, berarti Kamu boleh menggunakan fasilitas hotel sepuasnya.
Namun alangkah baiknya jika fasilitas tersebut tetap dijaga dalam kondisi yang rapih dan tidak rusak.
Membuang sampah pada tempatnya, tidak menaruh barang sembarangan, dan tidak merusak barang mempermudah kerja stafhousekeepingyang harus mengejar waktu membersihkan puluhan kamar lainnya.
Barang siapa memudahkan yang lain, maka kemudahan akan juga datang kepada dirinya.
7. Jika Harus Mengeluh...
Kalo memang ada pengalaman tidak mengenakan saat menginap di hotel, komplainlah langsung ke staf hotel dengan profesional dan tidak emosi.
Menulis masalah tersebut ke media sosial atau situs pengulas akomodasi, tanpa memberi kesempatan hotel untuk memperbaiki keluhanmu justru dapat merusak reputasi hotel tersebut.
Kecuali jika Kamu sudah komplain dan kondisi tetap tidak diperbaiki oleh pihak hotel, maka berbuatlah untuk kebagian pelanggan/tamu lainnya.
Baca Juga: Heboh Gaji Karyawan 20 Juta Minta Bansos ke Pemerintah, Berujung Dikritik Oleh Netizen
8. SiapkanUangTips
Di luar negeri lazimnya tamu meninggalkan uang tips kepada staf hotel, khususnya bagianhousekeeping.
Bukan saja memberikan tip langsung ke orang yang membawakan koper sampai kamarmu. Kalo ingin mencontoh memberi uang tip yang baik, kamu dapat menaruh uang di bawah telepon atau ditambah catatan terima kasih untuk petugas house keeping. (*)
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul,“Jangan Pakai Sandal Hotel ke Luar Kamar, dan 6 Etika Menginap di Hotel”