Nggak Perlu Jaga Jarak, Ini 4 Hal yang Boleh Dilakukan Orang yang Sudah Divaksin Covid-19

Kamis, 11 Maret 2021 | 12:42
Freepic

Nggak Perlu Jaga Jarak, Ini 4 Hal yang Boleh Dilakukan Orang yang Sudah Divaksin Covid-19

HAI-Online.com -Banyak yang percaya, orang setelah disuntik vaksin bakal bisa kembali menjalani hidup normal. Eits, jangan mudah menerima informasi tersebut, mungkin saja itu cuma harapan yang ingin didengar masyarakat.

Hal tersebut tidak sepenuhnya salah namun bukan berarti seratus persen benar.
Pasalnya, kekuatan imun kelompok negara +62 belum mencapai angka yang diinginkan. Saat ini, proses vaksinasi Covid-19 tengah berlangsung diperjuangkan di Indonesia namun jumlahnya masih sedikit.
Baca Juga: Vaksin untuk Aktor dan Aktris Demi Menghidupkan Kembali Industri Film Nasional
Jadinya tidak serta merta, juga setelah divaksin, orang bisa bebas berkeliaran lagi di luar rumahnya. Akan tetapi, mereka yang sudah divaksin juga nggak bisa dibilang sama aja dengan yang belum mendapatkannya. Tidak.
Ada beberapa hal yang akhirnya bisa dilakukan nih sama orang yang sudah disuntik vaksin sebanyak dua kali.
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), orang-orang yang telah divaksinasi penuh (lengkap) setidaknga bisa melakukan 5 kegiatan mewah di masa pandemi.
1. Bisa lepasmasker di pertemuan skala kecil
Tetap menghindari kerumunan namun mengadakan pertemuan kecil dengan orang-orang yang sudah divaksinasi tergolong aman, dan kamu boleh melepas maskernya.
Namun, jangan pernah memaksakan diri membuatmeetinglangsung dengan orang-orang yang belum divaksinasi.Meski berisiko rendah terkena Covid-19 tetap saja usaha mencegah penyebaran corona bakal menjadi sia-sia.

Yeay bisa pelukan lagi

2. Bersosialisasi tanpa Jarak
CDC menyatakan, bahwa orang yang sudah divaksinasi lengkap dapat bersosialisasi di dalam ruangan dengan orang lain yang (juga sudah divaksinasi lengkap) tanpa jarak.
Artinya boleh bersalaman dan berpelukan, selama baju dan tangan dalam kondisi bersih dan tidak bersentuhan dengan potensi corona dari luar ruangan sebelumnya.
Untuk itu, tetap menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan pakai sabun selama 20 detik sebelum melakukan virtual dengan sesama orang yang audah divaksin ya.
3. Bisa bebas dari karantina
Setelah lama berkegiatan dari rumah lantaran ikut PSBB atau karantina mandiri demi menjaga diri dan anggota keluarga serumah, kini mereka yang sudah divaksin lengkap dapat bebas dari karantina dan pengujian atau tes swab.
Jika butuh menunjukkan surat negatif covid-19, maka kamu nggak harus melakukan tes tersebut melainkan bisa menunjukkan surat vaksin.
Baca Juga: Fesyen Santai Ala Justin Bieber Kembali In dengan Celana Cargo 90-an
4. Santai Dulu
Setelah was was, khawatir bahkanoverthingking, kamu yang sudah divaksin bisa santai dulu nih.
Santai di sini artinya merelaksai pikiran akibatvtehang "takut corona", terutama bagi mereka yang sudah divaksin lemgkap tetapi masih dalam waktu pemantauan gejala selama 14 hari usai menerima suntikan.
So, jangan langsung nge-gas wisata ke luar kota atau kunjungan ke tetangga, boleh santai dulu ya. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya