Cegah Capek Akibat Keseringan Belajar Online dengan 4 Cara Ini

Minggu, 07 Maret 2021 | 18:30
Tumisu/Pixabay

Ilustrasi belajar via kelas online.

HAI-Online.com - Kondisi pandemi seperti sekarang ini mau nggak mau memaksa pelajar buat banyak menatap layar dalam pembelajaranjarak jauh (PJJ) atau online yang mereka ikuti.

Selama hampir setahun pembelajaran online, pasti kalian pernah ngerasain yang namanya kelelahan akibat terlalu sering mengikuti kelas daring lewat video call, baik itu lewat Zoom maupun Google Meet hingga muncul istilah ‘Zoom Fatigue’.

Sebenernya apa aja sih penyebab seseorang merasa lebih capek melakukan rapat online, meski hanya duduk saja?

Dalam artikel yang diterbitkan dalam jurnal Technology, Mind and Behavior, Jeremy Bailenson dari Virtual Human Interaction Lab Universitas Stanford mengidentifikasi empat penyebab utama yang membuat banyak orang kelelahan saat melakukan konferensi video.

Dalam riset tersebut, Bailenson juga membagikan beberapa metode atau tips yang bisa dilakukan untuk mencegah efek buruk dari Zoom Fatigue.

Baca Juga: Cowok Lebih Gampang Menua daripada Cewek, Ternyata 9 Kebiasaan Buruk Ini Jadi Penyebabnya!

Simak nihempat cara yang bisakalian cobabuat menghindari gejala Zoom Fatigue tersebut sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Tech Republic, Minggu (28/2/2021).

1. Memperkecil jendela aplikasi

Menurut Bailenson, saat melakukan panggilan video, pengguna membutuhkan lebih banyak fokus dibandingkan ketika mengobrol langsung secara tatap muka.

Melihat sekumpulan banyak orang yang muncul dalam rapat virtual dan membuat kontak mata secara bersamaan pun bisa menimbulkan situasi yang terlalu intens, mirip dengan demam panggung.

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu memperkecil jendela aplikasi agar wajah partisipan terlihat lebih kecil sehingga kalian nggak melulu fokus pada hal itu. Dengan begitu, rasa bingung maupun cemas bisa dikurangi.

2. Sembunyikan jendela wajah kalian

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang lebih kritis terhadap diri mereka sendiri ketika mereka menatap wajah mereka secara terus menerus.

Hal ini yang sering dijumpai ketika kita sedang melakukan video call. Akibatnya, banyak orang cenderung stres secara fisik karena terus berada di depan kamera dan merasa sedang diawasi.

Untuk itu, ada baiknya kalian menyembunyikan jendela wajah kalian sehingga pkalianngan kalian nggak fokus dengan diri sendiri. Tindakan ini juga bisa membuat penglihatan kalian menjadi lebih rileks.

Baca Juga: Kaesang Ghosting Felicia, Ini Dia 4 Cara Buat Menghadapi Gebetan yang Suka Ghosting!

3. Atur posisi yang nyaman untuk sedikit bergerak

Sebelum bergabung ke dalam rapat virtual, sebaiknya kita benar-benar mempersiapkan tempat dan posisi yang pas agar video call berlangsung dengan nyaman.

Sebab, saat video call, biasanya kita duduk dengan lebih kaku agar wajah tetap berada di dalam frame kamera.

Ini nggak natural dan bisa membuat nggak nyaman. Apalagi kalau durasi meeting mencapai berjam-jam.

Salah satu solusinya adalah memberi jarak antara kalian dan kamera supaya lebih leluasa bergerak dan rileks.

Jika menggunakan laptop, ada baiknya tambahkan keyboard eksternal. Sesekali, kalian juga bisa mematikan kamera dan merenggangkan badan.

4. Matikan kamera jika nggak dibutuhkan

Bercakap-cakap lewat video call membutuhkan energi kognitif dan konsentrasi yang lebih besar dalam mengartikan dan menyampaikan ekspresi non-verbal dibandingkan dengan percakapan langsung.

Bailenson mencontohkan gerakan mengangguk-angguk yang lebih kentara supaya terlihat, atau mengangkat jempol ketika ingin mengungkapkan persetujuan.

Di samping itu, partisipan juga harus mempertimbangkan delay atau jeda percakapan. Aneka cognitive load ini lambat laun melelahkan buat otak yang dipaksa bekerja lebih keras dalam percakapan.

Baca Juga: Jangan Berlebihan Minum Kopi, Kafein Bisa Bikin Cowok Gampang Menua Lho!

Solusinya, lagi-lagi, bisa dengan sejenak mematikan kamera dan hanya berkomunikasi dengan suara apabila memungkinkan. Kalian bisa memilih opsi "Turn Off Camera" ketika awal bergabung ke dalam ruang rapat supaya tampilan video nggak segera muncul.

Jadi, jika kalian udah mulai mengalami tanda-tanda kelelahan akibat terlalu sering ikut kelas online, kalian bisa mencoba beberapa cara di atas.

Jangan lupa juga untuk rutin mengistirahatkan mata dari monitorserta menggerakkan badan agar tetap bugar ya, sob. Stay healthy! (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Mencegah "Zoom Fatigue", Kelelahan Akibat Sering Video Call"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya