Terbuka Lebar! Ini 7 Prospek Kerja untuk Lulusan Prodi Sosiologi

Rabu, 03 Maret 2021 | 14:30
KeithJJ/Pixabay

Ilustrasi kehidupan sosial masyarakat

HAI-Online.com - Bagi sebagian besar orang, program studi Sosiologimungkin dinilai kurang populer jika dibandingkan prodi lain di kelaompok sosial dan humaniora (soshum).

Dari laman LTMPT, peminat prodi Sosiologi di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dalam SBMPTN 2020 sebanyak 746.Sedangkan daya tampungnya dalam SBMPTN 2021 hanya 27 kursi.

Padahalprospek kerja bagi lulusan Sosiologi cukup terbuka lebar lho, sob.Fokus kajian Sosiologi sendirimencakup banyak aspekmulai dari budaya, politik, ekonomi, lingkungan, pendidikan, pembangunan, sastra, hingga organisasi.

Baca Juga: Lowongan Kerja di BUMN Telkom Kembali Dibuka, Cek Posisi dan Penempatan yang Dicari!

Hal tersebutmembuat lulusannya mampu berpikir secara luas. Secara spesifik mahasiswa Sosiologi banyak menelisik dinamika sosial dan perilaku masyarakat dari berbagai fenomena. Karena cakupan kajiannya cukup luas di ilmu Sosiologi, maka peluang kerjanya pun juga merata.

Berikut peluang kerja yang bisa diraih oleh lulusan Sosiologi, sebagaimana dilansir dari Kompas.com merangkum laman Kagama.co.

Baca Juga: Nggak Cuma Jadi Apoteker Lho! Ini 5 Prospek Kerja Prodi Farmasi

Peneliti sosial

Salah satu peluang kerja bagi lulusan Sosiologi yakni menjadi peneliti sosial. Ketika menekuni profesi ini, otomatis akan mengembangkan ilmu Sosiologi juga. Biasanya profesi ini juga dirangkap oleh tenaga pengajar di universitas.

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Barangkali ini menjadi bidang kerja yang diburu oleh hampir semua lulusan dari berbagai jurusan. Kesempatan menjadi PNS bagi lulusan Sosiologi pun terbuka lebar. Karena lulusan Sosiologi mempunyai keahlian bekerja secara struktural, kemampuan analisis yang tinggi, dan kepandaian melakukan pendekatan kepada masyarakat.

Beberapa Kementerian yang membutuhkan CPNS dari lulusan Sosiologi yakni Kementerian Sosial, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Pemberdayaan Perempuan, Kementerian Hukum dan Pertahanan, Kementerian Ketenagakerjaan, Mahkamah Agung, dan masih banyak lagi.

Jurnalis

Menjadi seorang jurnalis nggak hanya membutuhkan kepiawaian merangkai kata, tetapi juga kepandaian dalam melaporkan dan melampirkan data.

Dengan pengalaman riset yang cukup, jurnalis dari lulusan Sosiologi sudah terkenal dengan kemampuan menampilkan data dan analisis.

Baca Juga: Dikenal Punya Wawasan Luas, Ini 6 Prospek Kerja Lulusan Prodi HI

Human resource

Divisi ini biasanya banyak diisi oleh lulusan Psikologi. Namun, lulusan Sosiologi juga punya kesempatan untuk berkarier di divisi human resources.

Dalam bekerja, lulusan Sosiologi mempelajari tentang manusia di tempat kerja, pengembangan kualitas karyawan, upah karyawan, menganalisa masalah dan memberikan solusi di tempat kerja.

Di suatu perusahaan, biasanya lulusan Sosiologi akan menempati posisi PSDM, HRD, atau Management Trainee.

Tenaga pengajar

Jika kalian punya keinginan mengembangkan bidang keilmuan Sosiologi, menjadi tenaga pengajar bisa jadi pilihan. Saat memilih sebagai seorang tenaga pengajar, perlu diimbangi juga dengan kemampuan menulis dan public speaking yang baik.

Bahkan menjadi seorang tenaga pengajar nggak hanya sebatas di lingkungan universitas saja. Tenaga pengajar juga bisa mengaplikasikan ilmu dengan menjadi guru di sekolah dan lembaga bimbingan belajar.

Pekerja sosial

Semasa kuliah, mahasiswa Sosiologi punya cukup pengalaman dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Pengalaman dalam kegiatan pengabdian dan kemampuan mengatasi konflik sosial sangat dibutuhkan untuk menangani persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.

Pekerja sosial umumnya bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Baca Juga: Ini 6 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Sejarah yang Kerap Sepi Peminat

Marketing

Lulusan Sosiologi mempunyai kemampuan membaca karakter setiap kelompok masyarakat. Termasuk konsumen perusahaan. Sehingga berprofesi sebagai Marketing juga bisa menjadi pilihan setelah lulus.

Terlebih,lulusan Sosiologi juga memiliki kemampuan untuk melakukan pendekatan ke masyarakat yang dibutuhkan di dunia marketing. Dengan berbagai keahlian ini, melakukan perencanaan dan desain yang cocok untuk menjangkau target pasar bisa menjadi keahlian kalian.

Jadiitulah 7 prospek kerja yang bisa kalianpertimbangkansetelah menyelesaikan pendidikan Sosiologi.

Jangan lupa, prospek kerja di masa yang akan datang juga harusmenjadi pertimbangan sebelum kalian memilih jurusan kuliah di SBMPTN 2021. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tertarik Kuliah Jurusan Sosiologi? 7 Prospek Kerja Ini Terbuka Lebar"

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya