Sering Tiba-tiba Memar di Tubuh Lo? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Senin, 01 Maret 2021 | 18:32
Wikimedia

Ilustrasi memar di lengan tangan.

HAI-Online.com - Seperti yang udah kita tahu, memar di tubuh biasanya muncul akibat cedera atau benturan.

Namun, mungkin lo pernah mengalami situasi saat tiba-tiba mendapati kulit di area tertentu seperti paha dan lengan kita mengalami memar, padahal lo nggak pernah terjatuh atau membentur sesuatu sebelumnya.

Sebenernya apa, sih, yang bisa tubuh kita mengalami memar tiba-tiba? Apakah berbahaya? Yuk simak penjelasannya, seperti dilansir dari cewekbanget.grid.id.

Baca Juga: Kenapa Kalo Cowok Putus Cinta Bisa Jadi Kurus? Penyebabnya Terungkap!

1. Usia

Biasanya semakin bertambahnya usia, semakin mudah pula seseorang mengalami memar.

Kebanyakan memar terbentuk ketika kapiler atau pembuluh darah kecil di dekat permukaan kulit pecah akibat pukulan atau cedera dan cenderung terjadi di area lengan dan kaki.

Saat ini terjadi, darah bocor dari pembuluh darah dan tampak seperti tanda biru kehitaman pada kulit.

Nantinya, tubuh kita menyerap kembali darah tersebut sehingga memar menghilang.

2. Obat-Obatan

Beberapa jenis obat-obatan seperti aspirin, antibiotik, dan obat-obatan anticoagulant mengurangi kemampuan darah untuk menggumpal.

Hasilnya, pendarahan dari luka kapiler dapat memakan waktu lebih lama untuk berhenti dan membuat darah bocor sehingga menyebabkan memar lebih besar.

Jika kita mengalaminya selama mengonsumsi obat, nggak perlu dihentikan, tapi berkonsultasilah dengan dokter dan pastikan mereka tahu jenis-jenis suplemen yang kita konsumsi.

Aktivitas berat, misalnya olahraga, juga dapat mengakibatkan pembuluh darah pecah dan darah bocor hingga menimbulkan memar.

Baca Juga: Berapa Lama sih Olahraga untuk Perkuat Otot dan Kesehatan Jantung? Ini 5 Info Pentingnya!

3. Masalah Lebih Serius

Sebetulnya kemunculan memar atau lebam secara tiba-tiba pada area tubuh tertentu adalah hal yang masih wajar dan dapat dibiarkan saja karena akan hilang dengan sendirinya, selama nggak mengganggu kegiatan sehari-hari.

Tapi kita harus lebih waspada jika kita sering mendapati memar besar yang muncul di area tertentu seperti punggung dan wajah, atau betul-betul muncul tanpa penyebab apapun.

Memar juga harus lebih diperhatikan jika kita punya riwayat pendarahan yang signifikan, misalnya saat mengalami operasi.

Selain itu, riwayat keluarga juga bisa menjadi faktor penyebab kita mudah memar.

Sejumlah gejala tersebut dapat menyebabkan level komponen darah yang dapat membantu penggumpalan saat cedera berkurang, trombosit abnormal, dan masalah dengan protein yang membantu penggumpalan darah.

Jika kita mengalami sejumlah gejala tersebut, segera periksakan ke dokter.

Baca Juga: Jangan Sepelekan 12 Tanda yang Bisa Jadi Indikator Penyakit pada Tubuh Lo, Salah Satunya Bintik pada Kuku!

Cara mengatasimemar

Sebetulnya hampir nggak ada cara untuk mengatasi memar karena tubuh secara alami akan menyerap darah yang bocor sehingga memar pun akan berangsur-angsur menghilang.

Tapi kita bisa mencoba mengompres memar menggunakan es.

Lalu untuk mencegah memar, pastikan lingkungan di sekitar kita aman dan nggak mudah membuat kita cedera.

Selain itu, jika kita mengonsumsi obat-obatan, pastikan kita mengetahui berbagai efek samping yang mungkin ditimbulkan. Segera konsultasikan dengan dokter bila mendapati perubahan seperti memar pada tubuh lo. (*)

Baca Juga: Kenali Nih, Sob! 8 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Lo Menderita GERD

Artikel ini pertama kali tayang di cewekbanget.grid.id dengan judul “Muncul Memar Tiba-tiba di Lengan dan Paha, Apa Penyebabnya Ya?”

Editor : Alvin Bahar

Sumber : cewekbanget.grid.id

Baca Lainnya