5 Rekomendasi Band Indie Pop Indonesia dengan Musik dan Melodi Manis

Minggu, 28 Februari 2021 | 20:00
Instagram / @bedchamber

Bedchamber

HAI-ONLINE.COM -Istilah indie pop atau terkadang dieja menjadi indiepop / indie-pop adalah turunan subgenre musik yang mengedepankanpemilihan chord gitar yang manis ala musik pop, namun menentang susunan nada serta penulisan lirik yang berbeda dengan lagu pop mainstream pada umumnya.

Baca Juga: 5 Film Fiksi yang Ternyata Berhasil Memprediksi Masa Depan Dunia

Dikutip melalui popmatters,indie pop sendiri diyakini merupakan turunan dan cabang langsung dari popularitas musik post-punk di Inggris yang merebak di era 1970-an.

Popularitas indie pop juga turutmenyebar luas di seluruh dunia berbarengan dengan variasi yang berkembang di dalamnya, mengikuti lokasi yang disinggahinya.

Indonesia juga menjadi salah satu jujukan wajib yang terdampak dari gelombang indie pop ini, meskipun sedikit terlambat. Berikut HAI lampirkan 5 band indie pop Indonesia terbaik yang manis dan menyegarkan, sikatfren!

C'mon Lennon

Dok. C'mon Lennon

C'mon Lennon

C'mon Lennon adalah unit indie pop lawas yang terbentuk di awal 2000-an dikomandoi oleh Harlan Boer.

Elemen musik yang mirip dengan band-band seperti Yo La Tengo ataupun Belle and Sebastian adalah unsur utama yang terdapat di dalam band ini, tentu diikuti dengan lirik kuat yang mayoritas berbahasa Indonesia.

Salah satu lagunya yang paling ikonik adalah "Aku Cinta J.A.K.A.R.T.A" yang membuat nama mereka mencuat. Saatini, C'mon Lennon ditengarai tidaklah aktif dan belum mengeluarkan rilisan terbaru lagi.

Cleve

Dok. Cleve / Wasted Rockers

Cleve

Cleve adalah sebuahfenomena di skena indie pop Jakarta yang dihuni oleh pentolan-pentolan lawas seperti Andi Hans (gitar & keyboard) yang juga merupakan poros dari C’mon Lennon danpernah mengisigitar di berbagai band seperti Goodnight Electric, The Upstairs, Efek Rumah Kaca, dsb.

Andi Hans mengajak Peter (bass) selaku pemilik label indie Anoa Recordsm ,Ade Kris (drums) Amy (gitar) yang juga bermain di The Porno dan Oming Putri (vokal) yang adalah eks dari Intenna.

Dilansir dari wastedrockers, band dengan gaya tweegaze / indiepop ini merilis satu rilisan saja yakni maxi-single berjudul "Jeda / Lagu Pagi"pada 2017 di bawah label rekamanDismantled. Sejak itu belum diketahui lagi apa aktivitas Cleve saat ini.

Bedchamber

Instagram / @bedchamber

Bedchamber

Bedchamber adalah gelombang muda yang menggebrak skena indie pop / indie rock di Indonesia sejak terbentuk pada 2014 lalu.

Dihuni oleh Ratta Bill, Smita, Ariel, dan Abi, Bedchamber mengeksplorasi berbagai elemen musik yang sangat kaya sejak debut single mereka "Youth".

Sejak merilis split mini album "Portside" bersama Cotswolds pada 2015, Bedchamber semakin mencuatkan namanya melalui album pertamanya "Geography" pada 2018 lalu.

Shadow Play

Instagram / @shadowplaypop

Shadow Play

Berbekal nama yang berjudul sama dengan lagu legendaris milik Joy Division, Shadowplay nyatanya adalah band yangmemainkan musik paling manis dalam daftar band di artikel ini.

Aji (Gitar, Vokal), Agung (Bass), Michelle (Keyboard), Anggi (Drum) memenuhi formasi lengkap di bandini dengan sajian manis indie rock berbalut nuansa pop yang atraktif.

Merilis album penuh mereka "Hyaline" pada 2019 lalu. Shadowplay juga pernah berkolaborasi dengan Ade Paloh (Sore) dalam lagu "Elusif". Di tahun 2020, Shadowplay kembali merilis sebuah single dengan judul "Silver Lining".

Humi Dumi

Dok. Humi Dumi

Humi Dumi

Berangkat dari skena musik independen kota Surabaya sejak tahun 2014, Humi Dumi adalah salah satu terobosan segar yang wajib untuk diantisipasi setiap gerakannya.

Bandindie popasalSurabaya initelah melepas album penuh bertajuk “Pathless” pada penghujung 2020 lalu.

Unit yang yang beranggotakan Qanita Hasinah, Irna Kurnia, Brillyan Prathama, Bimo Soerjoputro, Rizki Raja, dan Bobby Nur Cahya ini menelurkan total 9 lagu dalam album “Pathless” ini.

Album “Pathless” seakan digunakan oleh Humi Dumi sebagai sebuah penanda bahwa kotaSurabaya bukanlah hanya tentang mas-mas sangar gondrong berlogat Jawa Timur kental yang menyimpan playlist metal lawas diponsel Androidnya.

Itulahfren, 5 rekomendasi band indie pop Indonesia yang manis untuk menyegarkan harimu.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya