Semua Virus Corona di Dunia Kalo Dikumpulin, Ukurannya Cuma Segede Kaleng Minuman Soda

Selasa, 16 Februari 2021 | 20:00
Mediamodifier/Pixabay

Ilustrasi kaleng minuman soda

HAI-Online.com - Seluruh partikel virus corona yang ada di seluruh dunia, mungkin hanya akan terkumpul sebesar satu kaleng minumanbersoda jika disatuin.

Hal itu diungkapkan matematikawan asal Inggris, Kit Yakesyang melakukan penelitian dengan menghitung jumlah partikel SARS Cov-2 yang ada di seluruh dunia, sebagaimana dilansir dari The New York Post.

Baca Juga: Cahaya Terang dan Dentuman di Langit Bali Hebohkan Warga, Ini Penjelasan dari LAPAN

Menurut laporan Sky News baru-baru ini, Yates mendapati ada sekitar 2 quintilionsetara dengan 2 milyar milyarpartikel Covid-19 saat ini di dunia.

Namun karena ukurannya yang sangat kecil, jika dikumpulin jadi satu, milyaran partikel tersebut hanya akan setara dengan ‘beberapa suapan’.

“Sungguh menakjubkan untuk berpikir bahwa semua masalah, gangguan, kesulitan dan hilangnya nyawa yang diakibatkan selama setahun terakhir hanya bisa terjadi oleh beberapa suap,” ujar Yates.

Dalam hitung-hitungannya, dirinya menggunakan diameter partikel viral dan menemukan volume dari virus berbentuk bulat tersebut.

Baca Juga: Nyamuk Langsung Kabur Jika Letakkan Bumbu Dapur Ini di Kolong Kasur

Bahkan menurutnya, setelah dihitung beserta protein dan fakta bahwa partikel masih akan meninggalkan celah saat disatuin, angka tersebut masih lebih kecil dari volume sebuah kaleng minuman kola 330 ml.

“Ketika saya diminta untuk menghitung total volume SARS-CoV-2 di dunia untuk acara BBC Radio 4 'More or Less,' saya akui saya tidak tahu apa jawabannya,” ujarnya via The Conversation.

“Istri saya bilang itu akan seukuran kolam renang Olimpiade. Atau entah itu seukuran satu sendok teh,' katanya. (*)

Baca Juga: Nggak Cuma Bikin Otak Panas, NASA Catat 2020 Jadi Tahun dengan Suhu Terpanas

Penulis: Hanif Pandu

Editor : Alvin Bahar

Sumber : the conversation, New York Post, sky news

Baca Lainnya