Ingin Jadi Vlogger Epik Bermodal Smartphone? Berikut Rekomendasi Temanya

Sabtu, 06 Februari 2021 | 10:07
Shutterstock

Ilustrasi vlog menggunakan handphone

Hai-Online.com – Belakangan ini, tren video blog (vlog) sedang marak digandrungi kaum muda. Selain faktor kekinian, vlogging juga dianggap sebagai salah satu metode untuk mengabadikan momen atau hobi yang dimiliki.

Di Indonesia sendiri, ‘demam’ vlog pertama kali muncul sekitar tahun 2014-2015. Saat itu, para selebritis maupun orang awam berlomba-lomba untuk membuat konten yang unik dan kreatif. Sebut saja Arief Muhammad, Raditya Dika, dan Ernest Prakasa, ketiganya kerap membuat konten vlog yang berisi tentang kehidupan sehari-hari namun tetap menarik untuk ditonton.

Alasan lain di balik populernya vlog juga disebabkan oleh kehadiran Youtube yang memudahkan siapa saja untuk berbagi video. Bahkan, menurut survei Hootsuite (2020), sepanjang pandemi hampir 82 persen pengguna di seluruh dunia menggunakan Youtube untuk mempelajari hobi baru, mencari inspirasi kegiatan, hingga mencari hiburan sederhana.

Konten-konten vlog termasuk jenis video yang memberi efek menghibur tetapi ringan dan mudah dicerna. Bagi pembuatnya, video jenis ini juga mampu mendatangkan traffic yang berujung pada pemasangan iklan dan menghasilkan keuntungan.

Baca Juga: Cannibal Corpse Umumkan Segera Edarkan Album Terbaru April Nanti

Alhasil, vlog tidak hanya menjadi sarana berkreasi tapi juga menjadi peluang cuan yang menjanjikan di masa depan. Nah, bagi lo yang ingin memulai karier sebagai kreator konten dan rajin vlogging, tapi belum punya ide untuk kontennya, berikut HAI bisikin buat lo.

  • Daily Life Vlog

Jenis vlog satu ini termasuk kategori paling basic yang bisa lo bikin. Selain enggak perlu mikirin konsep yang ribet, daily life vlog juga cocok buat lo yang senang mengeksplorasi sesuatu yang baru.

Untuk membuatnya, lo hanya perlu konsisten merekam momen-momen menarik dalam keseharian. Namun ingat, momen dan konten yang direkam juga harus menginspirasi.

Misalnya saja, membuat konten yang memberi informasi rutinitas makan sehat dan olahraga lo supaya bisa ditiru oleh parafolloweratau momen-momen yang menunjukkan perubahan di lingkungan sekitar akibat pandemi menurut pengamatan lo.

Baca Juga: 5 Label Rekaman Musik Metal Indonesia Yang Wajib Lo Tau

Lo juga bisa merekam hobi unik yang dijalani.Vlog jenis ini yang banyak disukai penonton biasanya juga biasanyaisinya beda danenggakitu-itu saja.Banyak orang kepo di dunia maya sehingga konten yang bikin penasaran lebih mudah di-klik.

Game Vlog

Kalau lo tipe orang yang enggak bisaskipmaingamedismartphonedalam sehari, kontengamevlogcocok untuk dipilih. Cukup pakai screen recorder, lo bisa mengabadikan momen-momen epik dari setiap pertarungan yang lo ikuti.

Selain itu, lo juga bisa membagikan tips and trik untuk setiap game yang lo mainin atau bisa juga me-review game yang lagi ramai dan seru untuk dibahas.

Fashion Vlog

Meski identik dengan vlog cewek, bukan berarti cowok juga enggak bisa buat vlog jenis ini. Lo justru bisa memanfaatkan koleksi-koleksi outfit lo yang ada di lemari sambil memadupadankan untuk mendapat tampilan kece sebagai inspirasi.

Baca Juga: Album Kompilasi Kolektif Punk Young Offender Rilis dalam Bentuk CD

Kalau lo punya banyak koleksi tas atau sepatu, me-review jenis dan brandnya juga bisa lo lakukan untuk mengedukasi penonton tentang bagaimana memilih sepatu dan tas yang pas tanpa perlu menguras kantong dan sesuai dengan kebutuhan.

Food Vlog

Doyan makan banyak atau makan segala macam yang lagi hits di internet? Kalau ya, berarti konten food vlog cocok buat lo eksplorasi lebih dalam. Lo bisa jadi food vlogger yang memberikan rekomendasi tempat makan murah meriah namun tetap nikmat di lidah.

Kalau terasa susah, lo juga bisa mukbang atau makan dalam porsi besar di depan kamera. Bisa lewat makan mie atau makan makanan harian sesuai selera. Jangan lupa untuk menjelaskan tekstur dan rasa dari makanan tersebut agar konten lo enggak membosankan.

Dok. Samsung

Vlogger Mode di Samsung S21 Ultra 5G

Modal smartphone

Meski para vlogger kerap memakai kamera profesional untuk proses perekaman video atau editing, bukan berarti lo enggak bisa buat konten vlog yang berkualitas. Soalnya, smartphone zaman sekarang juga punya spesifikasi kamera dan hardware yang enggak kalah kece dari kamera-kamera profesional.

Samsung Galaxy 21 Ultra 5G misalnya, memiliki empat buah kamera belakang dengan spesifikasi lensa wide 108 MP, periscope telephoto 10 MP, telephoto 10 MP, dan ultrawide 12 MP. Di bagian depan lensa juga hadir kamera 40 MP untuk kebutuhan selfie dan perekaman video.

Untuk konten vlog, lo bisa memanfaatkan fitur Director’s View untuk membuat video beresolusi 8K dengan 24 frame per second untuk hasil rekaman yang jernih ketika proses editing. Kehadiran fitur Live Thumbnails plus Vlogger Mode akan membantu lo untuk merekam di angle yang tepat selama proses vlogging.

Vlogger Mode juga mampu merekam dari dua sisi yang berbeda yaitu dari kamera depan dan belakang, jadi lo enggak perlu memutar angle kamera yang bikin penonton jadi pusing melihatnya. Dimensi layar sebesar 6,8 inci dengan resolusi 1440 x 3200 piksel, juga mampu memperlihatkan warna yang tajam layaknya tatapan mata sendiri.

Baca Juga: Kolaborasi Free Fire x Attack on Titan, Pemain Bisa Pake Kostum Spesial Monster Titan

Untuk game vlog, Galaxy S21 Ultra 5G turut dibekali dengan prosesor Exynos 2100, GPU Mali-G78 MP14, dan RAM sebesar 12GB dan 16GB. Dijamin main game di mode ultra high bisa lo dapetin tanpa khawatir nge-lag ataupun lemot.

Untuk masalah kualitas perekaman suara dan suara dari speaker, lo bisa mendapatkan suara yang jernih berkat speaker stereo yang ada di bagian atas dan bawah dari ponsel ini. Samsung S21 juga bisa dikoneksikan ke Samsung Galaxy Buds sebagai pengganti microphone.

Selain untuk kegiatan vlog, lo juga bisa memanfaatkan Samsung S21 Ultra 5G untuk kegiatan menonton film, berolahraga dengan pantauan dari Samsung Watch, berselfie ria, hingga kuliah daring dari ponsel.

Untuk mencoba pengalaman vlogging yang epik, lo bisa memiliki Galaxy S21 Ultra 5G mulai Rp 18,999 juta.

Baca Juga: Belum Punya Nama, Planet Ini Ingin Diberi Nama Musisi yang Baru Meninggal

Mulai tanggal 29 Januari - 14 Februari 2021, Samsung juga menyelenggarakanonlineConsumer Launch Galaxy S21+ dan S21 Ultra 5G di Samsung E-Store, Blibli, Eraspace, Lazada, Shopee, Tokopedia dan JD ID dengan keuntungan senilai lebih dari Rp 3 juta.

Hadir juga rangkaian promosi berupacashbackdan hadiah spesial, dengan rinciancashbackBank rekanan Samsung hingga Rp 750 ribu,cashbacksebesar Rp 2 juta untuk pembelian Samsung produk lainnya (purchase with purchase), dan Samsung Wireless Charger Single.

Sedangkan, untukofflineconsumer launch, lo bisa mengunjungi Central Park Jakarta dan Pakuwon Mall Surabaya pada tanggal 5–7 Februari 2021.Peluncuran juga hadirdi Kota Kasablanka Jakarta pada tanggal 12-14 Februari 2021, dengan keuntungan hingga Rp 4,6 juta.

Lo juga bisa menikmati promo berupa Galaxy Buds Live atau cashbackRp 2 juta untuktrade in(bisa dipilih), Samsung Wireless Charger Single,Galaxy S Pen dancasing,cashbackbank rekanan hingga Rp 750 ribu.

Baca Juga: Kembali Bikin Single Berdua, Arsy Widianto dan Tiara Andini Rilis 'Diam-Diam'

Dapatkan juga hadiah langsung seperti Free Mola TV Subscription selama 3 bulan, Celebrity Fitness Voucher, dan Ismaya Dining Voucher. Untuk informasi lebih lanjut seputar Galaxy S21 Ultra 5G, lo bisa mengunjungi lamanhttps://www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-s21-5g/.

Editor : Sheila Respati

Baca Lainnya