Klarifikasi Pamungkas dan Minta Maaf Soal Comot Artwork di Cover Album Solipsism 0.2

Kamis, 04 Februari 2021 | 08:53

Klarifikasi Pamungkas dan Minta Maaf Soal Comot Artwork di Cover Album Solipsism 0.2

HAI-Online.com- Setelah heboh di media sosial, penyanyi solo Pamungkas akhirnya secara resmi meminta maaf atas dugaan mencomot artwork atau plagiarisme untuk ilustrasi sampul dan juga merchandise dari album terbarunya "Solipsism 0.2.

Melalui akun Instagramnya, Pamungkas membuat video penjelasan soal artwork yang dicomotnya.
Dia mengakui bahwa terjadi kelalaian dalam proses penggunaan karya seniman desain grafis luar negeri sehingga menimbulkan masalah dan kegaduhan di lini masa.
"Saya Pamungkas on behalf Mas Pam Records, saya akan menjelaskan sekaligus meluruskan pertanyaan yang sedang beredar di online media di Indonesia dan juga di sosial media. This pure my bad, ini adalah kelalaian saya,” kata Pamungkas dalam video klarifikasinya, Rabu (3/2/2021) kemarin.

Pamungkas mengklaim bahwa dirinya sudah menyelesaikan masalah tersebut dengan membeli hak cipta kepada seniman Baptiste Virot setelah menuangkan artwork ke dalam sampul karya musiknya.Tak lupa, Pamungkas juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada sang seniman yang sudah secara terbuka mau memahami situasi yang terjadi."Saya juga mau berterima kasih kepada teman-teman media dan teman-teman di sosial media yang selalu mengingatkan saya," ujarnya lagi.
Lebih lanjut, Pamungkas bersyukur atas kejadian ini karena membuatnya dapat pelajaran baru, terutama untuk lebih menghargai proses berkarya.

"Saya bersyukur kejadian ini terjadi, saya jadi belajar lebih untuk bisa lebih menikmati prosesnya. Sekali lagi terima kasih, mohon maaf," imbuhnya.
Ke depannya, tentu kita berharap kejadian ini tidak terulang lagi.Sebelumnya Pamungkas dianggap mencomot karya seniman Baptiste Virot untuk digunakan menjadi sampul album dan merchandise.
Gara-gara itu tak ada penjelasan kerjasama itu, pamungkas dituding telah mencomotartworkhasil karya desainer lain yang diperuntukkan untukmateri promosialbum terbarunya "Solipsism 0.2".

Adalah pemillikakun twitter dengan username @m3gumiii yang berinisiatif untuk menuliskan pesan dan "melaporkan" pencurian karya tersebut.

Baca Juga:Wajib Ditunggu! Mike Shinoda & Matt Heafy Bakal Kolab Pekan Ini

Dijawalkan rilis besok pada tanggal 3 Februari, sang pemilik desain asli yang diketahui bernama Baptiste Virot pun keheranan dengan popularitas sang solois dan bingung kenapa desainnya yang dipake.

Dugaan kuat ini kian mencuat setelah Pamungkas kemudian menghapus seluruh materi visual tersebut dariakun resmi instagramnya, setelah sebelumnya terpampang dengan jelas berikut dengan desain merchandise-nya.

(*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya