4 Cara Ampuh Atasi Hape yang Terendam Air, Biar Nggak Tambah Rusak

Selasa, 19 Januari 2021 | 18:35
tekno.kompas.com

Ilustrasi Handphone Kena Air

HAI-Online.com - Jaman sekarang sudah banyak handphone yang waterproof alias tahan air. Namun, banyak juga yang masih menggunakan hape yang jika terkena air atau terendam, sistem jadi error.

Nah, terkadang bingung kan kita harus gimana nih caranya supaya hape non-waterproof dalam keadaa baik-baik aja sehabis kejadian.

Berikut ini HAI bakal membagikan tips untuk kalian, cara apa saja yang boleh dilakukan dan nggak boleh dilakukan jika hape terendam air.

Baca Juga: Jadi Pesaing WhatsApp, Ini 5 Fitur Canggih Telegram yang Wajib Lo Tahu

1. Masukkan ke dalam Beras

Setelah mengangkat hape kalian yang masih basah jangan sekali-kali mencoba mengeringkannya dengan hair dryer yang panas karena ditakutkan dapat merusak komponen.

Hal sederhana yang perlu kalian lakukan yaitu menaruh hape kalian ke dalam beras.

Daya serap beras ternyata baik dan berguna untuk membantu mengeringkan hape kalian. Kamu cukup meunggu beberapa saat hingga hape benar-benar mengering.

Memang nggak 100 persen kering, tapi bagi sebagian orang cara ini terbilang ampuh, nggak ada salahnya nyoba.

2. Jangan Mengguncangkan Hape Saat Basah

Nah, ketika dalam kondisi basah jangan lakukan hal ini yaitu mengguncangkan handphone kalian alih-alih membuang cairan yang menempel.

Pasalnya, perbuatan ini ditakutkan air yang ada di hape kalian makin masuk ke dalam komponen atau mesin handphone. Lebih baik langsung matiin handphone kalian. Kemudian, jangan mencoba untuk meniup hape kalian untuk juga menghilangkan air, bisa saja hal ini membuat mesin handphone kalian menjadi lembab.

Baca Juga: TikTok Punya Aturan Baru, Sejumlah Fitur Dibatasi untuk Pengguna di Bawah 18 Tahun

3. Jangan Mengisi Daya Handphone Ketika Basah

Memaksa mengisi daya hape ketika handphone kalian mati karena basah terkena air sangat nggak dianjurkan. Pasalnya, kalian bisa saja terkena setrum atau lebih parahnya kondisi handphone kalian bisa makin tambah rusak.

4. Datangi Tempat Service dan Jelaskan Rinci Kerusakan

Jika kalian mencoba mendatangi tempat service, pastikan kalian menjelaskan secara rinci masalah handphone kalian. Seperti kapan handphone tercebur ke air atau terkena air, kena airnya karena kesiram atau kerendam. Hal ini akan memudahkan saat hape kalian di service, jadi penanganannya pun juga sesuai dengan kondisi hape tersebut.

Demikian, cara atau yang boleh dan nggak boleh kalian lakukan jika hape terkena air. Semoga bermanfaat dan membantu kalian dalam menangani kondisi tersebut. (*)

Baca Juga: Jago Bela Diri di 2021, Dave Mustaine Raih Sabuk Ungu di Brazilian Jiu-Jitsu

Penulis: Ferry Budi Saputra

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya