Perhatiin Deh, 5 Hal Ini Bikin Baterai Handphone Kamu Cepat Habis

Senin, 18 Januari 2021 | 20:50
iStockphoto

Ilustrasi main handphone

HAI-Online.com - Biasanya kalo baterai handphone masih penuh, kita terus menggunakannya tanpa mementingkan tinggal berapa persen lagi nih baterai handphone yang tersisa, sampai pada akhirnya baru sadar ketika baterai kita itu lowbat dan mesti buru-buru ngecas.

Tapi tau nggak sih, disamping penggunaannya yang memang sering, sebenernya ada beberapa hal yang membuat baterai kita cepat habis, dan hal itunsering luput dari perhatian banyak pengguna.

Biar nggak skip lagi, coba deh perhatiin 5 hal ini:

Baca Juga: Viral Kisah Cowok Punk, Wajahnya Penuh Tatto Tapi Hafal 24 Juz

1. Membiarkan Banyak Fitur Menyala Bersamaan

Terkadang hal ini nggak sempat kita sadari seperti mobile data, Wifi, dan Bluetooth yang menyala bersamaan.

Kalo dibiarkan menyala bersama tentu akan menguras baterai, untuk itu apabila nggak digunakan lebih baik dimatikan. Hal ini akan membantu menghemat baterai handphone kalian.

2. Sinyal Lemah

Terkadang sulit menemukan sinyal di suatu area, tentu sinyal yang lemah ini menjadi penyebab baterai handphone kalian akan terkuras karena handphone akan bekerja lebih keras untuk menemukan sinyal.

Kalo dirasa di suatu area sinyal kalian masih saja lemah, disarankan untuk mematikannya terlebih dahulu hingga menemukan area yang sinyalnya bagus.

3. Notif Handphone Menyala Terus

Nggak sedikit orang-orang yang menyalakan notifikasi handphone mereka, ini disebabkan karena mereka nggak mau melewatkan kabar penting dari media sosial.

Memang menyalakan notifikasi itu perlu, namun alangkah baiknya notifikasi yang benar penting saja yang kalian nyalakan.

Kalo notifikasi semua aplikasi di handphone kalian diaktifkan, hal inilah yang akan cepat menguras baterai handphone kalian.

Baca Juga: Nggak Asal Disuntik, Ini 13 Kondisi Orang Tidak Boleh Diberikan Vaksin Covid-19

4. Pencahayaan Layar yang Tinggi

Pencahayaan atau brightness yang tinggi ini merupakan salah satu penyebab baterai kalian terkuras habis.

Memang terkadang kita butuh pencahayaan ekstra jika berada di ruang terbuka atau di tempat tempat yang terang supaya layar handphone bisa tetap kelihatan.

Alangkah baiknya, kalo mencari tempat yang lebih gelap atau menggunakan pencahayaan ekstra yang nggak terlalu sering supaya dapat menghemat baterai.

5. Menjalankan Aplikasi yang Habiskan Baterai

Sering bagi kita menggunakan handphone untuk bermain game. Nggak bisa dipungkiri, kalo hal ini juga dapat menguras baterai.

Banyak aplikasi seperti media sosial atau pun game yang terbilang berat dan ketika kita menjalankannya otomatis ini akan mempengaruhi baterai juga.

Untuk itu, kalian perlu cermat dalam hal ini, jika ingin menjalankan game pada handphone alangkah baik tutup dulu beberapa aplikasi yang nggak digunakan di handphone sehingga dapat menghemat baterai.

Demikian beberapa hal yang dapat membuat baterai kalian cepat habis. Ingat baterai handphone juga penting loh untuk aktivitas dimanapun kita berada, jangan sampai kita kehabisan baterai dan nantinya akan mengganggu aktivitas kita.

Semoga kalian dapat cermat dalam menghemat penggunaan baterai handphone kalian ya. (*)

Baca Juga: Produser Musik Phil Spector, Pembunuh Aktris Lana Clarkson Dinyatakan Meninggal di Usia 81 Tahun

Penulis: Ferry Budi Saputra

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya