Benda Jatuh di Kalimantan Barat Diduga Bagian Roket Milik Tiongkok

Kamis, 07 Januari 2021 | 17:20
Polda Kalteng via LAPAN

Potongan kulit tabung yang diduga sebagai bagian roket CZ-3B milik Tiongkok

HAI-Online.com- Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) telah mengidentifikasi benda asing yang jatuh di Teluk Kramat, Kalimantan Tengah pada 5 Januari 2021 lalu.

Identifikasi sementara, benda jatuh berukuran sekitar 3 x 4 meter tersebut merupakan potongan roket milik Tiongkok yang diluncurkan pada tahun 2019.

“Ada kemungkinan bahwa benda tersebut merupakan sampah antariksa yang berasosiasi denganRoket Chang Zheng(Long March) milik Tiongkok yang digunakan untuk meluncurkan satelit Beidou 3-IGSO 3 pada tanggal4 November 2019,”tulis LAPAN sebagaimana dilansirdari laman resmi pada Kamis (7/1/2021).

Baca Juga: Google Maps Lebih Greget! Kini Punya Fitur Baru Mirip Media Sosial

Dijelakskan, pada tanggal4 Januari 2021 pukul 14.01 WIB, sistem pemantauan orbit.sains.lapan.go.id mendeteksi empat objek yang melintas di atas wilayah Indonesia dengan ketinggian rendah.

“Objek CZ-3B R/B yang memiliki nomor katalog NORAD 44710 merupakan objek dengan orbit lonjong yang mencapai ketinggian minimum (perigee) sekitar 121 kilometer di atas permukaan Bumi sementara ketinggian maksimumnya hampir 11.500 kilometer,” terangnya.

Model peluruhan orbit yang diadopsi memperkirakan bahwa bekas roket tersebut akan mengalamireentrydalam waktu dekat, yakni pada bulan Maret 2021.

Dengan input yang sedikit berbeda, model peluruhan tadi sempat memberikan prediksireentrypada tanggal 4 Januari 2021.

“Simpangan waktu prediksireentrytersebut wajar terjadi, terlebih untuk objek yang memiliki orbit lonjong.

"Berdasarkan pemantauan virtual orbit benda jatuh antariksa yang telah dilakukan, objek nomor 44710 dianggap sebagai benda antariksa yang paling mungkin jatuh di pesisir Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah pada tanggal 4 Januari 2021,” jelas LAPAN.

Baca Juga: Menristek: Teknologi Drone Kargo Bakal Jadi Tren, dan Nggak Hanya di Bidang Militer

Berdasarkan foto yang diterima, terdapat beberapa indikasi yang membantu identifikasi objek.

Pertama, struktur yang ditemukan berbentuk segmen tabung kulit dengan diameter 3-5 meter yang di salah satu sisinya tergambar bendera Tiongkok serta logo China National Space Agency (CNSA) yang tampak sedikit terbakar.

Polres Kotawaringin Barat via LAPAN

Logo CNSA yang tampak terbakar di salau satu sisi segmen kulit tabung yang ditemukan

Segmen kulit tabung tersebut masih tampak berwarna putih dengan sedikit bekas terbakar di beberapa bagian.

Gambar foto diperoleh dari aparat (POLRI dan TNI) setempat. Indikasi tersebut disertai analisis orbit yang disebutkan sebelumnya mengarah pada dugaan bahwa benda yang ditemukan merupakan bagian luar roket Chang Zheng 3B yang diluncurkan tanggal 4 November 2019 yang lalu.

Meski demikian, dugaan tersebut bisa saja keliru. Sebab, benda yang mengalami reentry akan mengalami gesekan dengan atmosfer hingga memanas dan terbakar.

Diketahui, sebagian besar benda akan terbakar atau setidaknya akan tampak hangus ketika mencapai permukaan Bumi. Hanya benda dengan material ekstra kuat yang dapat bertahan dan menyisakan bagian yang mencapai permukaan Bumi.

Baca Juga: Hiii! Jamur Ini Bisa Ubah Lalat Jadi Zombie dan Punya Perut yang Lubang

Proses reentry juga dapat disertai ledakan yang akan mencerai-beraikan roket. Selubung luar roket dapat terkoyak tak beraturan.

Pemikiran ini membuat kesimpulan bahwa benda yang jatuh di Kotawaringan Barat merupakan bekas roket CZ-3B menjadinggak sepenuhnya meyakinkan.

“Bila memang temuan tersebut merupakan bagian luar dari roket CZ-3B, maka potensi bahaya radiasi dari zat radioaktif terbilang kecil. Zat radioaktif biasa digunakan dalam sistem pembangkitan daya di satelit, salah satunya berupaRadioactive Thermoelectric Generator(RTG),” tegasLAPAN.

Hingga saat ini, belum ada indikasi bahwa benda yang ditemukan merupakan bagian dari RTG dengan potensi bahaya radiasi. Meski demikian, prinsip pencegahan perlu diterapkan yakni dengan menangani benda temuan dengan hati-hati dengan menghindari kontak langsung dalam waktu yang lama. (*)

Penulis: Hanif Pandu

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya