Malam Tahun Baru Bikin Pesta Barbeque-an Seru di Rumah Aja, Begini Tipsnya

Kamis, 31 Desember 2020 | 14:08
Shutterstock

Ilustrasi Bbq-an di rumah aja bareng keluarga pas lagi malam tahun baru.

HAI-Online.com -Menyambutmalam tahun baruidentik sama bakar-bakaran, tapi lo perlu tahutipsbikinpestabarbequeyang seru di rumah sebelum melakukannya.

Salah-salah kalo pestamenyambut tahun baru 2020 yang lo adakan bisa berantakan dan nggak menyenangkan hanya karena belum memahamitipsbikinpestabarbequedi rumah.

Acara barbeque-an (BBQ-an) dalam menyambut tahun baru sangat digemari masyarakat dari berbagai belahan dunia. Bahkan terdapat berbagai tradisi barbeque-an yang unik di tiap negara.

Di Negara Indonesia, Malaysia, dan Singapura sangat identik dengan aneka menu seperti ikan bakar, ayam bakar, dan sate.

Baca Juga: Aktor Star Wars dan X-Men Ini Dulunya Ngeband Ska Punk, Tengok Aksinya!

Selain itu, di tiga negara tersebut juga khas dengan sambal dan aneka bumbu rempah-rempah. Oleh karena itu, nggak heran kalo dalam menyambut pergantian tahun banyak orang yang barbeque-an di rumah.

Berikut ini tips bikin pesta barbeque yang seru di rumah:

Pilih Menu yang Tepat

AcaraBarbeque-an akan semakin menyenangkan kalo lo milih menu yang tepat. Nggak cuman menu yang enak dan nikmat, lo juga harus mempertimbangkan kesehatan.

Lo bisa memilih menu daging yang rendah lemak, atau mengganti dengan ikan dan sayuran.

Seperti yang dilansir dari hellosehat.com,pestaBBQ-an yang identik dengan makan banyak dan berlemak dapat berujung pada keluhan kolesterol tinggi.

Oleh karena itu, sebaiknya kita lebih bijak dalam memilih menuBBQ-an yang tetap sehat, seperti nggak banyak minum soda dan sediakan dessert.

Persiapkan Keamanan Makanan

Kalo telanjur belanja beberapa hari sebelumnya dan terpaksa memasukkan bahan-bahan tadi ke dalam freezer setidaknya 24 jam sebelum diolah pindahkan daging dari freezer ke rak biasa dalam kulkas.

Selain itu, hindari kontaminasi silang! Jangan pernah gunakan talenan yang sama untuk daging mentah dan matang, atau talenan untuk memotong daging mentah untuk mengiris sayur mayur.

Baca Juga: Kerasnya Ekonomi Memaksa Aris Idol Jual Murah Lagu-lagu Barunya

Perhatikan Saat Mengolah

Pastikan lo berhati-hati pas mengolah menuBBQ-an supaya tangan nggak terbakar. Selain itu, pastikan juga perhatikan peralatan yang lo pake.

Jangan menggunakan garpu untuk membolak-balik daging panggang, tapi gunakan penjepit khusus. Selain itu, nyalakan api sesuai dengan jenis menu yang diolah.

Perhatikan Faktor Keamanan

Karena asyik ngobrol bareng teman, nggak jarang kita meninggalkan panggangan lama. Karena hal tersebut dapat menyebabkan kobaran api yang muncul tiba-tiba dan merambat dengan cepat.

Selain itu, peralatan memanggang harus tetap higienis supaya nggak gampang terkontaminasi bakteri.

Baca Juga: Remaja Tua Muda Bisa Rayakan Tahun Baru 2021 dengan Sepuluh Cara Seru di Rumah Aja Ini!

Dekorasi Rumah dan Pasang Hiburan

Dekorasi rumah akan mendukung acara BBQ-anmu jadi lebih seru. Selain bikin suasana menjadi meriah, acara BBQ-anmu nggak jadi membosankan.

Lo juga bisa menambahkan lampu-lampu, kembang api, maupun terompet supaya makin meriah.

So? Gimana malam tahun barumu? Udah nyiapin apa aja nih? Tetap jaga kesehatan ya...makan yang bergizi.. karena untuk menyambut tahun baru 2021 yang terpenting adalah sehat jasmani dan rohani. hehe

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya