5 Rekomendasi Band Punk & Metal Jepang yang Musiknya Unik dan Menarik

Minggu, 27 Desember 2020 | 16:18
Boris

Boris

HAI Online.com - Kalo lo pikir scene musik punk atau metal Jepang cuma sebatas band seperti Babymetal, Hi-Standard, atau Totalfat, lo salah.

Coba deh ngulik lebih jauh, ada banyak band-band punk dan metal dari Jepang yang mendorong batas kreativitas bermusik hingga lebih jauh.

Akhirnya, menghasilkan sebuah karya yang sulit dicari pembandingnya di belahan negara lain.

Baca Juga: 5 Lagu Yang Menginspirasi Lahirnya Thrash Metal, Salah Satunya Milik Queen

Mau tau siapa aja? Nih beberapa rekomendasi dari HAI.

1. G.I.S.M

Walau sering dianggap lebih sebagai band hardcore punk, G.I.S.M. nyatanya selalu menyajikan elemen metal di banyak lagunya.

Faktanya lagi, sejak dibentuk di Tokyo pada tahun 1981, mereka mampu memberi pengaruh besar pada skena underground di Jepang.

Semua berkat rekaman yang ganas dan ganjil dari album debut klasik 1983 'Detestation' dan perilaku vokalis Sakevi Yokoyama yang aksi bangornya di panggung begitu legendaris.

2. Boris

Nama band ini diambil dari lagu pembuka di album The Melvins tahun 1991, Bullhead.

Sepanjang kiprahnya dari dekade 90an hingga sekarang, Boris telah melakukan hal-hal aneh dan menawan dan juga eksperimental pada musik cadas.

Dari drone metal, doom metal, hingga j-pop pun pernah mereka bawain.

Kalo lo masih no clue sama band ini, coba kulik album mereka di tahun 2005 berjudul 'Pink'.

3. Bathtub Shitter

Jepang telah menghasilkan banyak band di ranah musik metal hingga turunan yang lebih ekstrem. Salah satunya adalah band grindcore Bathtub Shitter.

Kuartet asal Osaka ini digadang-gadang ahli meramu suara yang serba berisik, kotor, dan brutal.

Tema lagunya pun nggak kalah agresif sama skena ekstreme metal di Norwegia, dengan lirik yang berbicara tentang politik atau hanya sekadar tentang hal-hal sepele.

4. Zeni Geva

Band ini bisa dibilang lebih dari cukup untuk memenuhi syarat sebagai band metal.

Meski punya akar kuat di suara-suara absurd noise rock eksperimental, Zeni Geva telah menghasilkan lagu-lagu yang 'menghancurkan' gendang telinga selama hampir 30 tahun.

5. Sigh

Awalnya muncul sebagai band black metal, Sigh telah menghabiskan 27 tahun terakhir membuat rekaman yang sangat aneh dan memukau tanpa henti yang sama gila dan psikedeliknya dengan apa pun yang dunia underground pernah saksikan.

Namun, terlepas dari reputasi band 'kvlt' yang ada pada mereka, Sigh membuat rekaman yang mudah diakses para fansnya. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya