Klarifikasi Erajaya Usai Dituding TikTokers Kasih Pelayanan 'Nggak Menyenangkan' di iBox

Minggu, 27 Desember 2020 | 11:47
Tangkapan Layar (HAI)

Tangkapan layar dari iBox Indonesia yang diserbu netizen karena video yang viral di TikTok.

HAI Online.com - Erajaya Group selaku pemilik gerai resmi produk-produk Apple di Indonesia a.k.a iBox, menyampaikan klarifikasi soal tuduhanperlakuan takmenyenangkan saat berbelanja di iBox oleh seorang konten kreator TikTok.

Dalam video berdurasi 45 detik yang berakhir viral pada 26 Desember kemarin, pengguna TikTok dengan akun @julio.ioio menyampaikan unek-uneknya saat mengunjungi gerai iBox di Senayan City pada 24 Desember lalu.

Meski nggak menghadirkan bukti secara visual, @julio.ioio menceritakan kalo dirinya diberikan pelayanan nggak menyenangkan oleh pramuniaga di gerai iBox tersebut.

Perlakuan nggak menyenangkan si pramuniaga, menurut @julio.ioio, dikarenakan atribut pakaian yang ia kenakan saat berkunjung ke sana.

"Bayangin loh, mereka nggak welcome banget karena gue pakai pakaian kayak gini. Jadi staff-nya di sana kurang ramah banget, gue nanya bedanya iPhone 11 dan iPhone 12 aja nggak djawab," begitu penuturan @julio.ioio.

Atas video yang beredar tersebut, seperti mengutip Kompas.com, Erajaya melakukan penelusuran dengan mewawancarai staf yang terlibat, serta me-review rekaman CCTV saat peristiwa terjadi.

Hasilnya, Erajaya mengatakan terdapat perbedaan antara kronologis kejadian yang disampaikan oleh staf iBox dan rekaman CCTV di lokasi toko, dengan isi “Video Pengalaman Berbelanja” yang telah beredar di internet.

"Oleh sebab itu untuk dapat mengetahui lebih jauh persepsi kurangnya pelayanan staf iBox, kami telah mengundang pemilik akun TikTok @julio.ioio melalui Direct Message (DM) dan Whatsapp untuk dapat bersilaturahmi," terang pihak Erajaya, kepada KompasTekno, Sabtu (26/12/2020).

Namun hingga berita ini ditayangkan, pihak Erajaya mengaku belum mendapatkan tanggapan dari akun @julio.ioio.

Adapun Erajaya mengaku pihaknya selalu menghargai dan menyambut baik masukan pelanggan.

"Feedback yang konstruktif dan faktual akan membantu memperbaiki dan meningkatkan pelayanan staf di seluruh jaringan ritel Erajaya Group," terang Erajaya.

Berikut kronologis yang disampaikan oleh Erajaya, berdasar rekaman CCTV di iBox Senayan City pada 24 Desember mulai pukul 12.49 WIB:

12.49 PM

Staf iBox Senayan City menyambut customer dengan salam “Hallo, welcome to iBox”, dan kemudian menanyakan produk Apple apa yang dicari.

Staf kami kemudian menawarkan untuk membantu memberikan informasi, namun customer diam saja. Staf kami tetap mendampingi sampai customer berada di booth iPhone

12.50 PM

Selama durasi 9 menit 4 detik staf kami terus melakukan probing di booth tersebut customer menanyakan stok barang, perbedaan iPhone 11 dengan iPhone 12.

Staf kami menjelaskan stok barang yang ada, namun customer masih kurang paham sampai teman wanitanya merekomendasikan iPhone 12 Pro warna Gold.

Staf kami mencoba menjelaskan kembali tentang kondisi stok karena barang yang kemudian diminati (iPhone 12 Pro Max warna Pacific Blue) tidak tersedia.

Staf tetap melayani dan mendampingi customer sampai akhirnya customer memutuskan memilih iPhone 12 Pro 256GB warna Gold.

12.59 PM

Customer kemudia berpindah ke bagian aksesori. Selama durasi 5 menit staf kami menawarkan berbagai macam aksesori pelengkap, dari casing sampai tempered glass.

Awalnya customer ingin mencari casing clear, namun karena stock tidak tersedia customer memutuskan untuk menggunakan tempered glass Lamina

13.11 PM

Staf kami membawa unit yang dibeli customer ke meja aktivasi untuk diperiksa oleh bagian aktivasi.

Selama 5 menit 47 detik ke depan adalah proses aktivasi produk. Staf kami kemudian meninggalkan customer dengan team Lamina karena produk yang telah dibeli akan sekalian dipasang lapisan anti gores Lamina.

Sebelumnya, cerita @julio.ioio yang viral disambut dengan opini senada oleh netizen yang mengaku pernah mengalami perlakuan serupa di di iBox Senayan City.

Namun di tengah ramainya hujatan kepada iBox, terdapat juga komentar netizen yang meragukan narasi si pengunggah yang dinilai hanya ingin bikin konten viral. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erajaya Tanggapi Video Viral Belanja iPhone 12 "Tidak Menyenangkan" di iBox"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya