Dokter Ini Berhasil Ngeluarin Koin yang Nyangkut di Hidung Pasien Selama 50 Tahun

Jumat, 11 Desember 2020 | 15:08
Cnbc Indonesia

ilustrasi logam

HAI-Online.com-Seorangdokterberhasil ngeluarin koinyang terjebak atau nyangkut selama lima puluh tahun, di hidung seorang pria.

Pria Rusia berusia 59 tahun yang nggak disebutkan namanya itu baru berusia enam tahun ketika dia memasukkan uang itu ke lubang hidung kanannya.

Selama ini, dirinya ngerasa takut untuk ngasih tahu ke ibunya tentang hal itu dan kemudian 'lupa', lapor media lokal.

Baca Juga: Fenomena Netizen Pasang Pasfoto Idol Korea di Surat Suara, Ini Kata Pakar

Dilansir dari Metro UK, pria itu rupanya berhasil hidup selama lima puluh tahun ke depan tanpa terhalang oleh penyumbatan. Baru-baru ini dirinya merasa kalo nggak bisa bernapas sama sekali di lubang hidung kanannya.

Dia pergi ke rumah sakit dan menjalani pemindaian yang menunjukkan benda yang nggak terduga di saluran hidung.

Hal yang bikin ngeri, bahwa Rhinolith - batu di rongga hidung - telah terbentuk di sekitar koin, membatasi kemampuannya untuk bernafas.

Petugas medis melakukan operasi endoskopi dengan anestesi umum untuk mengeluarkan batu dan mengambil koin satu kopek Soviet dari hidungnya setelah 53 tahun.

Uang tersebut secara resmi bernilai sekitar satu sen pada saat itu, yang jelas udah nggak lagi dipake di Rusia setelah Uni Soviet runtuh pada tahun 1991 dan lambang palu dan arit nggak lagi terlihat di koin.

Baca Juga: Viral WC di SDN Bekasi Habiskan Biaya Pembangunan Setara 11 Honda BeAT, Apa Spesialnya?
Spesialis otorhinolaryngologist Elena Nepryakhina mengatakan, kalo pihaknya mengoperasi pada hari Jumat dan dia keluar pada hari Senin. Kini hidungnya sudah pulih sepenuhnya

Pria itu bukan orang pertama yang baru menyadari adabenda asing yang hilang melalui hidung beberapa dekade sebelumnya.

Pada 2015, Steve Easton, 51 tahun, dari Surrey, mengalami bersin saat ujung panah mainan keluar dari hidungnya.

Dia meletakkannya di sana pada usia tujuh tahun dan orang tuanya membawanya ke rumah sakit pada saat itu tetapidokternggak bisa mengeluarkannya.

Mr Easton sering menderita sakit kepala dan pilek yang menyebabkan demam. Dia mengatakan dia sama sekali nggak menyadari anak panah itu telah tersangkut di hidungnya selama 44 tahun.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya