Kardiomegali Jadi Penyebab Melisha Sidabutar Meninggal Dunia di Usia Muda

Rabu, 09 Desember 2020 | 11:23

Melisha Sidabutar

HAI-Online.com-Kontestan top 35 Indonesian Idol Special Season, Melisha Sidabutar meningggaldunia pada Selasa (8/12/2020) di Bekasi karena disebabkan kardiomegali atau pembengkakan jantung.
"Melisha dipanggil Tuhan, jujur sedih banget. Ini keluarga belum bisa terima. Kita doakan ketabahan dan penyertaan Tuhan menyertai keluarga Sidabutar. Amin," tulis Ellysia Belinda, sahabat dekat Melisha tadi malam di instastory-nya.
Baca Juga: Masuk Top 35 Kontestan Indonesian Idol Melisha Sidabutar Meninggal Muda
Menurut sang sahabat, Melisha sempat mengalami pembengkakan jantung sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.
Pembengkakan jantung atau kardiomegali-seperti diberitakan media kesehatan_bukanlah suatu penyakit, tapi merupakan tanda dari kondisi klinis atau penyakit tertentu yang dialami penderitanya.
Kardiomegali yang sempat dialami oleh Melisha Sidabutar adalah keadaan ketika jantung membesar. Hal tersebut bukanlah penyakit, namun suatu kondisi di mana otot bekerja sangat keras sehingga menebal atau melebar di bilik jantungnya.
Jantung yang membesar pun jadi tidak dapat memompa darah seefisien jantung yang ukuran normal. Kejadian ini bakal dapat menyebabkan komplikasi seperti stroke dan gagal jantung.
Mayoclinic menyebut, kondisi pembengkakan jantung seperti yang dialami cewek berusia 19 tahun ini juga bisa disebabkan karena kondisi jantung bawaan lahir, kondisi di mana kerusakan akibat serangan jantung, atau detak jantung tidak normal (aritmia) dapat menyebabkan jantung membesar.
Sementara beberapa gejala yang dialami penderita kardiomegali antaralian seperti dikutip dari alodokter, biasanya tungkai dan kaki membengkak, nyeri dada, kelelahan, sesak napas, terutama saat beraktivitas atau ketika berbaring datar,Aritmia atau gangguan irama jantung dan palpitasi atau jantung berdebar-debar.
Sebelumnya akun Instagram resmi Indonesian Idol memasang foto Melisha Sidabutar dengan nuansa hitam putih. "Beautiful soul is never forgotten, Keluarga besar Indonesian Idol turut berduka cita atas berpulangnya "Melisha Sidabutar" Kontestan Top 35 #IdolSpecialSeason. Rest In Peace @melishapricilla,”tulis Instagram resmi Indonesian Idol dikutipKompas.com, Rabu (9/12/2020).

Tak hanya Instagram resmi Indonesian Idol, salah satu juri yakni Ari Lasso turut mengucapkan belasungkawa.

Selain itu, ada pulahostIndonesian Idol Spesial Season, Boy William, turut memberikan ucapan duka.

“Selamat jalan @melishapriscilla @indonesianidolid, istirahat tenang. Dukacita mendalam untuk seluruh keluarga, Tuhan menguatkan,”tulis Ari Lasso.

“Dear Melisha, you were so great. You did amazing. We were so lucky to meet you in Indonesian Idol, Rest in peace sister, gone too soon. God be with you,”tulis Boy William.

Baca Juga:Depok Disebut Kota Percobaan: Pasien Covid Pertama dan Vaksin Sinovac

Saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab dari meninggalnya Melisha Sidabutar.

Melisha Sidabutar menjadi salah satu kontestan Indonesian Idol yang masuk dalam Top 35. Penampilannya belum lama ditayangkan on air di tv, ia sempat menyayikan lagu adele, All I Ask. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya