Curhat Gitaris Fall Out Boy Atas Kematian Eddie Van Halen: Peran Dia Sama Besarnya dengan Ibuku

Rabu, 07 Oktober 2020 | 15:00
YouTube

Eddie Van Halen

HAI-Online.com - Gitaris Fall Out Boy, Joe Trohman, menjadi satu dari sekian banyak musisi band yang berakabung atas meninggalnya gitaris legendaris Eddie Van Halen.

Trohman pun tampak meluapkan dukanya dalam sebuah esai panjang yang ia tulis dan dipublikasikan dalam kolom situs Variety.

Dalam tulisannya, Trohman mengungkapkan, sebagai seseorang yang mencintai musik dan bercita-cita jadi anak band, Eddie Van Halen (EVH) merupakan salah seorang pahlawan masa kecilnya.

Trohman lebih jauh mengungkapkan, kesedihan yang ia rasakan dengan meninggalnya EVH sama besarnya seperti saat ia ditinggal ibundanya yang juga telah wafat.

"Bukan bermaksud lebay, tapi kehilangan Eddie Van Halen sama sedihnya ketika aku kehilangan ibuku enam tahun lalu," tulis Trohman.

"Pengaruh ibuku terhadapku, seperti halnya Eddie, nggak pernah luntur. Aku nggak tau apakah aku akan mulai bermain gitar ataupun memulai Fall Out Boy tanpa salah satu dari mereka."

"Dukungan ibu saya, dan pengaruh Eddie, sebagian mengantarkan saya ke posisi saya hari ini, dan aku selamanya bersyukur untuk itu."

ICHPL Imaginechina
Ding zhenjie

American rock band Fall Out Boy performs during a concert in Shanghai, China, 2 May 2018. (Imaginechina via AP Images)

Menceritakan betapa EVH berperan sama besarnya dengan sang ibunda Trohman dalam kariernya di musik dan band, Trohman melanjutkan, "ibuku membelikanku (gitar) Stratocaster pertamaku, aku pun belajar bermain seperti Eddie namun ternyata lebih mudah untuk mencari gayaku sendiri sebagai gitaris."

Baca Juga: Agnez Mo Berebut Voting Jadi yang Terbaik di Asia Tenggara Pada Ajang MTV Europe Musik Award 2020

"Tapi, bahkan untuk mereka yang bisa menirunya, tetap nggak bisa bermain seperti dia. Nggak ada yang bisa. Eddie memiliki cirikhasnya sendiri yang mengubah dunia gitar," pungkas Trohman.

Pada Selasa (6/12) dini hari waktu Amerika Serikat, Eddie Van Halen menghembuskan nafas terkahir di usia 65 tahun setelah bertahun-tahun menderita kanker tenggorokan.

Kematian gitaris legendaris itu diumumkan oleh putranya yang kini menjadi bassist Van Halen, Wolfgang Van Halen.

Bersama dengan vokalis David Lee Roth dan adiknya Alex di band Van Halen, EVH membesarkan skena hard rock 80an dengan lagu-lagu rock yang dikenang sepanjang mulai dari Jump, Running With The Devil, dan Panama. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya