Ternyata Ini 10 Manfaat Tidur di Siang Bolong, Ngerasa Bahagia dan Bisa Sembuhin Gangguan Mental

Kamis, 27 Agustus 2020 | 14:30
psu.edu

Ilustrasi tidur

HAI-Online.com-Sadar kalo diri adalah manusia yang selalu bekerja dan beraktifitas setiap harinya, tentunya kita semua butuh istirahat yang cukup untuk punya tenaga di esok hari.

Namun terkadang, kita nggak ngedapetin jam tidur yang baik atau bahkan kualitas tidur yang buruk.

Lebih dari 85 persen spesies adalah penidur polifasik yang artinya mereka tidur untuk waktu singkat sepanjang hari, namun berbeda dengan manusia yang tidur lebih dari 7 jam.Dikutip dari Men's Journal menurut Gallup Poll tahun 2013, 40 persen dari keta mendapatkan kurang dari tujuh jam yang disarankan untuk tidur setiap malamnya.

Bahkan, tidur siang ternyata nggak bisa nebus kekurangan tidur kita di malam hari.

Namun, tidur siangbisa tingkatkan efisiensi kita di tempat kerja, menikmati kegiatan, dan kenikmatan secara keseluruhan sepanjang hari.

National Sleep Foundation atau NSF merekomendasikan tidur siang selama 20-30 menit untuk meningkatkan kewaspadaan jangka pendek dan peningkatan kinerja.

Tidur siang juga nggak diperuntukan bagi anak-anak, orang tua, atau orang malas, bahkan kekuatan tidur siang bisa jadi penangkal malas.

Berikut ini 10 manfaat kenapa harus tidur siang yang Tribunnews kutip dari Men's Journal:

1. Merasa Bahagia

Kamu mungkin sudah sadar kalo tidur siang bisa tingkatkan suasana hati, tapi sekarang ada bukti ilmiah baru dari University of Hertfordshire untuk mendukungnya.

Dalam penelitian terhadap lebih dari 1.000 peserta, 66% dari mereka yang tidur siang singkat (30 menit atau kurang) melaporkan merasakan kebahagiaan yang lebih besar daripada mereka yang tidur sianglebih lama (lebih dari 30 menit) atau bahkan nggak tidur sama sekali.

2. Meningkat kewaspadaan

Tidur siang selama 20-30 menit dapat meningkatkan kewapadaan jangka pendek menurut NSF.

Hal itu nggak bakal bikin kamu jadi pemarah ataupun mengganggu tidur malam.

3. Mencegah kelelahan mental

Tidur siang bisa balikin kelebihan informasi dan melindungi otak dari kejenuhan mental menurut rilis berida dari National Institute of Health.

Subjek yang diizinkan untuk tidur siang selama 30 menit setelah melakukan dua dari empat sesi tugas visual di komputer dapat mencegah kemunduran kinerja mereka yang lebih lama.

Jadi, tidur siang cocok untuk kamu yang bekerja di depan komputer.

4. Menurunkan tekanan darah

Menurut siaran pers dari Perhimpunan Kardiologi Eropa, tidur siangtengah hari dapat menurunkan tingkat tenakan darah dan mengurangi jumlah obat antihipertensi yang diperlukan pada pria dan wanita dengan tekanan darah tinggi.

Pasien yang tidur selama 60 menit di tengah hari punya tekanan darah yang lebih rendah secara signifikan dibandingkan dengan pasien yang nggak tidur di siang hari.

Peneliti menambahkan, mereka menemukan kalo tidur siangdikaitkan sama tekanan darah yang menurun, penurunan TD yang meningkan di malah hari dan lebih sedikit kerusakan pada arteri dan jantung.

5. Meningkatkan memori

Para peneliti di Universitas Saarland di Jerman menguji teori daya tidur siangpada 41 siswa.

Mereka membagi kelompok menjadi dua, mengajar masing-masing 90 kata dan 120 pasangan kata yang nggak berhubungan (seperti "taksi susu"), kemudian membiarkan satu setengah tidur selama 45-60 menit, sementara yang lain menonton DVD.

Ingatan siswa yang tidur lebih kuat lima kali lipat daripada yang menonton DVD, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurobiology of Learning and Memory.

6. Memperkuat kreativitas

Penelitian dari Pusat Pencitraan Fungsional dan Molekuler Universitas Georgetown di Washington menunjukkan kalo saat tidur siang, otak kiri (yang dikenal karena logika dan analisisnya) beristirahat dan relatif tenang dengan damai.

Sementara sisi kanan otak (yang bertanggung jawab atas kreativitas) berkomunikasi dengan jaringan otak kanan lainnya.

Baca Juga: Ini Dia 4 Alasan Mengapa Orang Jepang Lebih Suka Tidur di Lantai dan Pakai Kasur Lipat

7. Membantu jantung

Mereka yang tidur siang30 menit atau setidaknya tiga kali seminggu punya risiko 37 persen lebih rendah meninggal akibat penyakit jantung daripada mereka yang tidak.

Penelitian tersebut dari Harvard School of Public Health (HSPH) dan dari Sekolah Kedokteran Athena di Yunani.

Studi yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine ini mencakup 23.681 pria dan wanita sehat berusia 20 hingga 86 tahun dan berlangsung selama lebih dari enam tahun, laporan Scientific American.

8. Membuang racun dari otak

Ketika kita tidur, otak kita sibuk membersihkan limbah beracun yang telah menumpuk sepanjang hari.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus dan diterbitkan di majalah Science, para peneliti menemukan ketika tikus tidur, ruang antara sel-sel otak mereka meningkat sebesar 60 persen.

Hal tersebut memungkinkan aliran cairan serebrospinal (serta protein yang terkain dengan Alzheimer) mengalir cepat ke otak.

Baca Juga: Siswa Ini Berani Speak Up dan Viral Setelah Kritik Belajar Online, Ngaku Kalo Abis Absen Tidur Lagi

9. Menangkal penyakit kronis

Jika kamu nggak cukup tidur pada tingkat kronis, kamu cenderung menderita penyakit seperti hipertensi, diabetes, depresi, obesitas, dan kanker.

Selain itu, kamu juga berisiko meningkatkan risiko kematian dan mengurangi kualitas hidup.

Hal tersebut merupakan laporan yang didanai oleh National Institutes of Health yang diterbitkan dalam Sleep Disorders dan Sleep Deprivation.

Tidur siang nggak akan sepenuhnya menebus kekurangan tidur, namun tidur siang bisamembantunya.

10. Menghilangkan kecemasan dan gangguan mental

Menurut studi University of California Berkley, kurang tidur nggak cuman bikin grogi dan tegang, hal tersebut juga bisa jadi peluang untuk berkembangnya gangguan kecemasanfull-blown.

Ketika nggak ngedapetin cukup tidur, bagian-bagian otak yang berkontribusi terhadap kecemasan akan aktif berlebihan.

Tidur siang dapat menenangkan otak untuk sementara, namun pastikan untuk mendapatkan tidur nyenyak sepanjang malam untuk menjaga otak anda tetap tajam.Artikel ini telah tayang diTribunnews.comdengan judul 10 Manfaat Tidur Siang, Merasa Bahagia hingga Menghilangkan Gangguan Mental

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya