Jangan Salahkan Karbohidrat Melulu, Ini 5 Mitos Diet yang Dibongkar oleh Ahli Nutrisi!

Senin, 24 Agustus 2020 | 14:13

Jangan Salahkan Karbo Melulu, Ini 5 Mitos Diet yang Dibongkar oleh Ahli Nutrisi!

HAI-Online.com -Ada banyak anjuran diet dan asupan nutrisi selama menjalaninya yang didapat dari internet. Nggak sedikit orang mengikuti panduan diet asal-asalan tersebut, padahal bisa jadi beberapa saran diet itu merupakan mitos belaka.

Nah, udah saatnya nih membongkar mitos terkait nutrisi dan pengelolaan berat badan, agar informasi yang ditetapkan dalam gaya hidup sehat kita tidak lagi menyesatkan.
Tahukah kamu, menurut Senior Director, Worldwide Nutrition Education & Training, Herbalife Nutrition, Susan Bowerman, setidaknya jika merujuk pada Herbalife Nutrition’s Asia Pacific Nutrition Myths Survey 2020, media sosial menyumbang 68 persen saluran informasi yang paling sering dikonsumsi masyarakat di Asia Pasifik, terlebih untuk mendapatkan informasi terkait nutrisi.
Baca Juga: Seorang Pendaki di Gunung Lawu Dikabarkan Meninggal, Saksi Mata Bilang Hipotermia
"Namun, konsumen di Asia Pasifik juga bingung membedakan, apakah informasi yang merekadapat itu merupakan faktaatau mitos?" ujar Susan dalam siaran tertulis yang HAI terima, Senin (24/8/2020).
Nah, untuk membenarkan miskonsepsi terkait nutrisi dan pengelolaan berat badan alias diet itu, beberapa penjelasan mitos yang paling banyak beredar di masyarakat ini akan dobongkar agar dapat pencerahan.
Diantaranya:
1.Mitos: Diet ketogenik adalah cara sehat untuk menurunkan berat badan
Yang benar, diet ketogenik bukanlah cara yang palingberkelanjutan untuk menurunkan beratbadankarenakamubakalamkehilanganbeberapanutrisipentingyangdibutuhkan tubuh.
Seseorangyang menjalani diet keto biasanyamengonsumsisangat sedikitkarbohidrat, sementarajumlahproteinsedang,danjumlahlemakyangsangattinggi, sehingga memaksa tubuh untuk mengandalkanlemaktubuh sebagaibahanbakarnya.
Sementara inimembakar lemaktubuh, dengan kondisirendahnyatingkat konsumsikarbohidratakan mengakibatkanlebihsedikitvitamindan mineralyang diserap ke dalamtubuh,sertakekurangan serat.
2.Mitos:CleansingDietpakejusadalahstrategimenurunkanberatbadan
Duh, mengkonsumsi banyakjusmungkin tampak sepertialternatifyangnyaman diteruskan. Padahal nggak demikian.
Jikabuah-buahandansayuran yang terus dikonsumsi tubuh, maka diet yang dilakukan jadikurang tepat.
Pasalnya, jus nggak bisa jadibahan utamadalam penurunan beratbadan,sayuran tidak banyak mengandungnutrisiutamasepertiprotein,yang dapat membantu memuaskannafsumakan dan mempertahankanmassaotot.
Beratbadanyanghilangsaatmenjalanidiet jus ini, kemungkinanbesarakangampangnaikkembali, terutamasaat kamu mulai makan kembali secara normal.
Lebih baij jika, makanbuahdansayuranutuh tanpa digiling. Hal itu bisa jadibagiandaridietseimbang, dan akan jauhlebih bermanfaatdalam jangkapanjang.
3. Mitos: Karbohidrat bikin beratbadanbertambah
Karbohidrat nggak bokehdisalahkan melulu atas penambahan beratbadan kamu. Kelebihan kalori yang dapat menambah berat badan secara signifikan.
Nah, untukmemastikandietseimbang, Filosofi Nutrisi Global Nutrisi Herbalife merekomendasikan 40persenasupan kalorihariankamuberasal darisumberkarbohidratyangsehat,sepertisayuran,buah-buahan,kacang-kacangan danbiji-bijian yangjugamemberikan nutrisi penting seperti kalsium, zatbesi,seratdanvitaminBuntuktubuh.
4.Mitos:Puasaintermitenmerupakancarayangefektif untuk diet sehat
Puasaintermiten adalahistilahumum untuk berbagai jadwal waktu makan yang berputar antara puasa sukareladannon-puasaselamaperiodetertentu.
Pentinguntukdiperhatikanbahwapuasa untuk menurunkan berat badan bukan untuk semua orang.
Mereka yang punya kondisi medis yang sudah ada sebelumnyasepertidiabetes,ataumerekayangsedangmenjalanipengobatanuntuk tekanandarah ataupenyakit jantung harus menghindari puasa intermiten.
Karenadengan berpuasa intermiten tanpa berdiskusi denganpenyedialayanankesehatan,dapat menyebabkan kadarglukosa darah merekaturun ataumeningkat drastis, dansecaraberbahaya juga bisa kenarisikokelainanelektrolit.
5.Mitos:Dietsangatrendahlemakadalahcaraterbaikuntukmenurunkanberatbadan
Keberadaanlemaksangat penting bagitubuhkita untuktetapsehat,karenamembantu membangun membransel dan hormon, dan membantu penyerapa vitamin A, D, E,danKyanglarutdalamlemak.
Banyak dietrendahlemak cuma menggantikan kalorilemakdengankarbohidratdangulayangdiprosestinggi,dan tidak akan meningkatkan kualitas makanansecara keseluruhan.
Penelitianjugamenunjukkanhanya penurunan minimal beratbadan setelah tahunpertamadari diet sangatrendahlemak,yangmenunjukkanbagaimana hal iniadalahstrategi penurunan beratbadan jangkapanjang yangtidakefektif. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya